AsiaQuest Indonesia
AsiaQuest Indonesia AsiaQuest Indonesia

Mendukung Terciptanya Laporan Manajemen Produksi yang Tepat Waktu

Overview

Pabrik Pembuatan Suku Cadang Mobil Jepang

Technology
  • kintone

Latar Belakang dan Tujuan

Sebuah perusahaan yang memproduksi barang-barang berukuran besar harus melewati proses panjang dalam melakukan manajemen produksi. Pertama-tama, seorang operator yang berada di barisan akhir memiliki tugas untuk menulis angka produksi setiap jamnya dan melaporkannya kepada staf terkait. Pada penghujung hari, sistem manajemen produksi akan melakukan pengecekan jumlah produk yang diproduksi. Proses ini berlanjut dengan pengumpulan data dan informasi oleh general affairs (GA ) sehingga hanya sedikit waktu yang tersisa sebelum data ini dilaporkan ke manajer. Kondisi ini tentu menimbulkan kekhawatiran jika Anda tidak dapat mengetahui progress dari suatu produksi secara on time karena adanya keterlambatan produksi dan masalah di lokasi kerja. Belum lagi saat terjadi masalah, staf sering kali memakai mobile chatting sebagai media komunikasi. Jika proses chatting berjalan secara aktif, Anda akan kesulitan untuk mencari data yang dibutuhkan dan prosesnya bisa memakan waktu karena tertumpuk oleh chat yang lain. Melihat betapa panjangnya proses manajemen produksi di atas, kami pun mengenalkan Kintone sebagai sebuah alat yang dapat digunakan untuk melaporkan masalah secara on time sekaligus media komunikasi antar staf.

Tugas Kami 

  • Aplikasi manajemen produksi di Kintone 
  • Mengajarkan bagaimana menggunakan Kintone pada staf
  • Dukungan operasi bulanan/dukungan perubahan sistem 
Pertama-tama, kami akan mengundang Anda untuk hadir di suatu seminar dan menanyakan latar belakang dan masalah. Mulai dari sini, kami akan mengecek kondisi jaringan WIFI di pabrik, pengetahuan SDM yang menguasai bidang IT, dan item apa saja yang diperlukan perusahaan agar suatu informasi dapat tersedia dengan usaha yang minimal.   Anda dapat melakukan pengecekan pada aplikasi di Kintone dan proses trial pun dimulai. Berhubung sistem bisnis dapat dibuat dengan mudah di Kintone, proses ini hanya memakan waktu satu setengah bulan terhitung dari proses konsultasi sampai pada fase ini. Selain itu, Anda juga dapat mengubah spesifikasi aplikasi di Kintone secara gratis, memasukkan feedback dari para staf melalui trial and error, serta membangun suatu sistem yang dapat diakses dengan mudah oleh semua staf.    

Hasil 

Dengan konstruksi pelaporan berbasis sistem cloud, alih-alih laporan per jam, Anda dapat melihat laporan setiap kali produk selesai dikerjakan. Dengan demikian, ketika masalah muncul, manajer akan langsung mendapatkan notifikasi dan staf yang bertugas dapat tetap melakukan proses produksi sambil melakukan pengecekan status dari target setiap jam. Dengan kata lain, Kintone dapat meningkatkan efisiensi kerja pada setiap bagian bisnis.  Tak hanya itu, saat pengetahuan akan Kintone makin dalam, perusahaan Anda dapat memanfaatkan fitur Kintone secara maksimal tanpa adanya perubahan biaya. Misalnya, untuk membuat urusan general affairs lebih paperless. Saat ini pun kami tengah melakukan digitalisasi fasilitas perbaikan dan aplikasi pembelian peralatan.   

Visual Design

Client Testimonial

Back To Top