sharpnel_content
XL Business Solutions, Solusi IoT untuk Tingkatkan Efisiensi Sektor Peternakan

News 03 Feb 2021


XL Business Solutions, Solusi IoT untuk Tingkatkan Efisiensi Sektor Peternakan

IoT
Share

Apa jadinya bila sektor peternakan memanfaatkan IoT? Wah, Anda mungkin penasaran manfaat apa yang bisa dihasilkan teknologi IoT bagi sektor peternakan di dalam negeri. 

XL Business Solutions telah memberikan contoh tersebut. Mereka membuktikan bahwa teknologi IoT pun bisa bermanfaat bagi sektor peternakan. XL Business Solutions menggandeng Sierad (PT Sierad Produce Tbk) untuk mengembangkan smart poultry dengan solusi IoT (Internet of Things).

IoT menjadi teknologi yang terpilih karena kemampuannya dalam memberikan visibilitas secara real-time, otomatisasi proses manual, dan analisa big data. XL Business Solutions menjadi pihak yang menyediakan teknologi IoT diharapkan mampu menyediakan solusi berdasarkan situasi nyata yang dihadapi oleh pelanggan XL.

XL Business Solutions Hadirkan Platform FlexIOT untuk Smart Poultry

XL Business Solutions memberikan solusi end to end sensor dengan menggunakan platform FlexIOT andalan. Platform FlexIOT akan bertugas mendigitalisasi berbagai rangkaian proses dalam beternak ayam. Harapannya, bisnis akan semakin bertumbuh tidak hanya cepat, tapi juga lebih produktif dan efisien.

Direktur Utama PT Sierad Produce Tbk, Tommy Wattimena mengungkapkan, konsep smart poultry yang dikembangkan kedua perusahaan merupakan sebuah wujud nyata dari evolusi industry 4.0. Ia menambahkan, IoT merupakan teknologi yang tepat untuk diterapkan di sektor peternakan.

Digitalisasi Sektor Peternakan dengan IoT

Digitalisasi di sektor peternakan bisa dimanfaatkan untuk meminimalisir jumlah kematian unggas, meningkatkan kualitas unggas, dan meningkatkan produktivitas unggas. Sektor peternakan yang sebelumnya masih menggunakan metode manual, kini dengan digitalisasi akan meningkatkan efisiensi dan efektifitas.

Beragam proses dalam peternakan seperti pemantauan lingkungan, otomatisasi pemberian makan, hingga memastikan kondisi ternak bisa dilakukan dengan bantuan IoT. 

Sementara itu, XL Axiata melalui XL Business Solutions, akan menyediakan platform digital berbasis cloud, layanan integrasi IoT, termasuk integrasi sensor-sensor serta peralatan otomasi yang digunakan di kendang ayam.

Smart poultry telah selesai diimplementasikan dan dalam masa uji coba. 

Lima Fitur Utama Smart Poultry

Smart Poultry memiliki 5 fitur utama, yaitu:

  1. Real-time monitoring untuk mengetahui ketersediaan makanan dan minuman, berat ayam, kondisi lingkungan yang menyangkut suhu, kelembaban, NH3, velocity, dan intensitas cahaya.
  2. Controlling, yaitu untuk mengendalikan beragam peralatan dari jarak jauh secara terintegrasi.
  3. Alerting, yaitu mengirimkan notifikasi/pemberitahuan secara otomatis kepada pengelola untuk situasi-situasi tertentu.
  4. Fitur otomatis untuk menjaga stabilitas suhu dalam ruang.
  5. Fitur analytics untuk mengetahui hasil analisa atas produktifitas ternak.

Pilih Konsultan IoT Terpercaya untuk Kelancaran Bisnis Anda

Memilih perusahaan IT untuk menjadi partner dalam digitalisasi bisnis bukan perkara sepele. Anda perlu mempertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan pilihan konsultan IT. AsiaQuest Indonesia adalah perusahaan konsultan IT yang telah lama berpengalaman di dunia web/web system development, mobile application development, digital marketing, dan kini layanan kami merambah lebih luas ke layanan IoT. 

Pengalaman kami dalam melayani klien selama bertahun-tahun membuat kami percaya diri akan mampu menjadi partner ideal Anda untuk urusan pendigitalan bisnis. Temui kami atau hubungi kami untuk berbincang-bincang mengenai digitalisasi bisnis dan IoT!

Referensi:

tribunnews

Photo by xL.co.id

Browse blog by tag

Back To Top