sharpnel_content
Verifikasi Wajah KTP Digital di Singapura

News 03 Des 2020


Verifikasi Wajah KTP Digital di Singapura

Share

Kemajuan teknologi Singapura tentu tidak pernah gagal membuat kita geleng-geleng kepala. Betapa tidak, Singapura sudah mulai menggunakan fitur verifikasi wajah untuk menjamin keamanan warga negaranya, lho. Fitur verifikasi wajah ini diintegrasikan di KTP digital Singapura yang disebut SingPass. Nantinya, otoritas dapat mengecek keaslian pemilik KTP dengan adanya verifikasi wajah ini. 

Dengan adanya teknologi berbasis cloud ini, pemilik KTP dapat mengakses berbagai layanan swasta dan pemerintah dengan lebih nyaman dan aman. Beberapa contoh layanan yang bisa diakses yaitu aplikasi bank, akses telepon, kantor cabang perpajakan, dan lainnya. Salah satu bank yang turut mengintegrasikan fitur ini adalah Bank DBS. Bank kenamaan Singapura ini mengizinkan penggunaan fitur verifikasi wajah untuk membuka rekening digital. 

Awalnya, fitur ini memang baru diuji coba di sebuah bank saja. Namun, fitur ini pun kemudian dirilis di seluruh negara. Meskipun fitur ini memiliki berbagai keunggulan, pengaktifan fitur ini tetap membutuhkan persetujuan dan kesukarelaan dari warga negaranya. Dengan begitu, fitur ini tidak akan digunakan secara sembarangan dan kerahasiaan data tetap terjamin. 

 

Keunggulan Fitur Verifikasi Wajah pada KTP Digital Singapura

Dikutip dari BBC.com, verifikasi wajah ini juga memudahkan otoritas untuk melakukan autentifikasi pada beberapa kondisi. Pertama, teknologi ini dapat memverifikasi pelajar mengikuti suatu ujian tanpa diwakili. 

Kedua, teknologi ini jadi media tepat untuk mengawasi area sensitif seperti pelabuhan dan moda transportasi massal. Selain itu, fitur ini juga akan menguntungkan bagi bidang usaha karena mereka tidak perlu membangun infrastruktur. Nantinya, perusahaan dapat mengecek data tanpa harus mengumpulkan data biometrik. 

Pemerintah pun memberikan keleluasaan bagi swasta untuk menggunakan fitur verifikasi wajah ini. Meskipun demikian, swasta tetap harus melibatkan persetujuan dari si pengguna dalam setiap penggunaan data. 

 

Sumber: bbc.com

Business photo created by tirachardz – www.freepik.com

 

Browse blog by tag

Back To Top