sharpnel_content
Twitter Blue, Layanan Berlangganan Twitter yang Diandalkan Elon Musk

News 13 Mei 2022


Twitter Blue, Layanan Berlangganan Twitter yang Diandalkan Elon Musk

Share

Twitter Blue sudah ada sebelum Elon Musk membeli Twitter. Twitter Blue saat ini merupakan satu-satunya layanan berlanggan konten premium yang ditawarkan kepada pengguna.

Twitter Blue resmi meluncur sejak bulan Juni 2021. Tapi sayangnya Twitter Blue belum tersedia untuk keseluruhan pengguna Twitter secara global. Pada kali pertama peluncurannya, Twitter Blue hanya tersedia untuk pengguna di wilayah Australia dan Canada, dan kemudian Amerika Serikat dan Selandia Baru.

Dengan merogoh kocek sekitar USD 2,99 per bulan, apa yang bisa didapatkan pelanggan Twitter Blue?

(1) Bookmark Folder

Seringkali ketika berselancar di Twitter, kita menemukan konten-konten yang menarik atau bermanfaat. Seketika kita ingin menyimpan konten tersebut untuk dilihat di kemudian hari atau ingin dibagikan ke teman ketika ada waktu.

Nah, para pelanggan Twitter Blue diberikan sebuah fitur khusus yaitu bookmark folder, yaitu sebuah folder untuk menampung konten-konten yang ingin disimpan. Bookmark folder yang tersedia juga bisa disusun agar lebih mudah ditemukan ketika dibutuhkan.

(2) Undo Tweet

Para pengguna Twitter biasa yang gratis, tidak bisa mengedit twit yang sudah dikirimkan. Tapi sekarang kemampuan untuk meng-undo Tweet bisa dinikmati hanya oleh pelanggan Twitter Blue. Jika ada Typo atau lupa menge-tag seseorang, Anda bisa mem-preview tweet sebelum dikirimkan dan bisa meng-undo untuk melakukan perubahan.

Cara kerja undo tweet ini adalah dengan mengatur timer hingga maksimal 30 detik untuk meng-klik tombol undo sebelum tweet, reply, atau thread di publish di timeline Anda. Fitur preview juga memudahkan Anda untuk melihat bagaimana wujud tweet Anda nantinya sebelum seluruh follower Anda melihatnya.

(3) Mode Baca (Reader Mode)

Para pelanggan Twitter Blue bisa membaca konten artikel dengan pilih mode baca (reader mode). Mode baca ini mengeliminasi elemen-elemen yang tidak penting yang justru akan menciptakan distraksi ketika membaca.

Thread-thread yang panjang juga seketika bisa dikonversi ke mode baca sehingga Anda bisa membaca keseluruhan konten thread tanpa terlewati.

(4) Artikel Bebas Iklan

Pendapatan utama Twitter adalah dari pengiklan, bahkan porsinya mencapai 90% dari keseluruhan pendapatan Twitter. Fakta ini tidak menyenangkan bagi Elon Musk, yang saat ini menjadi pemilik baru Twitter.

Twitter Blue, yang merupakan layanan berlangganan konten premium di Twitter, menawarkan artikel-artikel populer dari publisher di US secara gratis dan tentunya bebas iklan. Produk Twitter Blue nampaknya menjadi produk yang tidak akan di-kick out oleh Elon Musk.

Pelanggan Twitter Blue juga akan mendapatkan akses ke artikel-artikel Top yang dibagikan oleh orang-orang yang di-follow. Apakah tawaran ini menarik?

(5) Member Only Perks

Para pelanggan Twitter Blue juga diberikan beberapa perks (keuntungan) lain seperti app icon yang bisa dikustomisasi warna dan temanya. Kemudian pelanggan juga diberikan akses ke dukungan pelanggan yang didedikasikan khusus untuk pelanggan Twitter Blue.

(6) Upload Video Durasi Lebih Panjang dan NFT Profile Photo

Bagi pelanggan Twitter Blue, mereka akan mendapatkan akses dini ke beberapa fitur terbaru Twitter Blue yaitu kemampuan untuk mengunggah video dengan durasi yang lebih panjang hingga 10 menit lamanya.

Kemudian, Anda yang berkecimpung di dunia NFT, nikmati layanan baru Twitter Blue yaitu memasang NFT Anda sendiri sebagai profile photo. Untuk melakukan ini, tentu Anda harus menjadi pelanggan Twitter Blue terlebih dahulu kemudian koneksikan wallet crypto Anda dengan Twitter.

Nah, layanan-layanan berbayar di atas yang ditawarkan Twitter Blue apakah cukup menarik? Atau Apakah Anda merasa cukup dengan Twitter gratis? Ke depan Elon Musk berencana menambah porsi pemasukan dari layanan berbayar/berlangganan Twitter melalui produk yang masih diberi kode X.

Tidak jelas apa produk X tapi mungkin Elon sudah menyiapkan sesuatu yang menarik di dalamnya. Mari kita tunggu gebrakan Elon Musk di Twitter dan sementara itu belum terjadi, perluas informasi Anda di dunia IT dengan tetap mengikuti blog AsiaQuest Indonesia, serta follow kami di Instagram, Facebook, dan YouTube.

Referensi: Introducing Twitter Blue – Twitter’s first-ever subscription offering

Photo by Jeremy Bezanger on Unsplash

Browse blog by tag

Back To Top