sharpnel_content
Trik Copywriting yang Efektif untuk Meningkatkan Penjualan Online

News 04 Jun 2021


Trik Copywriting yang Efektif untuk Meningkatkan Penjualan Online

Share

Copywriting menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam usaha meningkatkan penjualan online. Copywriting termasuk ke dalam digital marketingDigital marketing sendiri telah terbukti menjadi rahasia sukses bisnis online.

Copywriting kurang lebih menggambarkan sebuah tulisan yang mampu mempengaruhi dan menarik minat pengunjung untuk melakukan transaksi pembelian.

Untuk membuat copywriting yang mampu menarik pengunjung untuk melakukan pembelian, ada trik yang bisa Anda terapkan:

(1) Buat Judul yang Menarik

Judul tertulis dalam font yang jauh lebih besar daripada lainnya, membuatnya menjadi tulisan yang pertama dilihat oleh pembaca. Maka dari itu, judul haruslah dibuat semenarik mungkin, tidak bertele-tele, dan sejelas mungkin. Buatlah judul yang sekiranya akan membuat orang seketika akan tertarik.

Tentunya dalam pemilihan judul untuk copywriting ini tidaklah sembarangan, Anda harus melakukan riset dan menentukan kalimat seperti apa yang menarik di mata pembaca.

(2) Buat Isi yang Detil, Jelas, Padat, dan Lugas

Setelah membuat judul yang menarik, sekarang saatnya anda membuat isi dari copywriting. Kurang lebih isinya adalah penjabaran lebih detil dari judul copywriting. Penting untuk membuat konten yang bermanfaat dan berbobot isinya agar pembaca merasa puas.

Anda bisa bercerita banyak hal di bagian isi, misalnya deskripsi tentang produk dan jasa yang dijual. Tentunya Anda harus fokus pada produk dan jasa yang dijual, tuliskan kelebihan dan keunggulan produk, manfaatnya, bila perlu sertakan testimoni dari pembeli. Hindari menjelek-jelekkan produk dari produsen lain.

Jangan sampai Anda membuat judul yang luar biasa menarik tapi ketika pembaca melangkah ke bagian isi, ternyata isi konten mengecewakan dan jauh dari harapan. Konten seperti ini yang membuat pembaca kecewa, akan berdampak buruk pada kredibilitas website. Pembaca bisa saja kemudian tidak mempercayai website Anda dan enggan untuk mengklik konten dari website Anda. 

(3) Tutup dengan Call to Action

Kalimat tanpa penutup akan terasa menggantung dan belum selesai. Sehingga, biasakan untuk selalu membuat kalimat penutup yang tidak terlalu panjang tapi berkesan di mata pembaca. Kalimat penutup bisa satu paragraf saja dengan penegasan kembali akan produk atau jasa yang dijual, perusahaan Anda, dan ajakan untuk membeli.

Anda juga bisa menyematkan elemen call to action di bagian penutup, misalnya sebuah banner atau button untuk memudahkan pengunjung melakukan pembelian produk.

Itu dia sekilas mengenai trik copywriting yang efektif untuk meningkatkan penjualan online. Semoga informasi ini bermanfaat! 

Referensi: yoursay.suara.com

Photo by Anna Auza on Unsplash

Browse blog by tag

Back To Top