sharpnel_content
Transdermal Optical Imaging Bisa Ukur Tensi dalam 30 Detik!

News 12 Agu 2020


Transdermal Optical Imaging Bisa Ukur Tensi dalam 30 Detik!

Share

Habis Idul Adha, datanglah hipertensi! Inilah salah satu tagline penderita hipertensi yang gagal diet daging selama Hari Raya Idul Adha. Setelah makan banyak daging, Anda pun merasa tidak enak badan. Kira-kira karena kolesterol atau hipertensi, ya? Wah, harus segera cek ke apotek atau klinik, nih! Kondisi seperti ini tak perlu Anda alami pada masa mendatang karena alat ukur tekanan darah (tensi) dengan teknologi Transdermal Optical Imaging supercanggih tengah dikembangkan!

Seorang peneliti dari Kanada bernama Kang Lee sedang mengembangkan alat ukur tensi yang memakai teknologi Transdermal Optical Imaging. Dengan teknologi ini, Anda bisa mengukur tensi semudah selfie dalam waktu 30  detik saja! Tak asal cepat, teknologi ini juga memiliki hasil yang akurat. 

Sebenarnya, teknologi ini ditemukan secara tidak sengaja. Awalnya, ia membuat teknologi ini untuk mengecek apakah anaknya berbohong atau tidak dilihat dari aliran darahnya. Ternyata, ia malah sanggup mengembangkannya untuk mengukur tensi. 

Lalu, Bagaimana Cara Kerja Transdermal Optical Imaging? 

Alat ini akan bekerja dengan menggunakan kamera smartphone. Anda hanya perlu selfie dan alat ini akan memotret pola aliran darah di kepala. Teknologi ini menggunakan sensor optikal dan cahaya yang sanggup menembus kulit kepala. Alat ini akan mengukur tensi seseorang dari pola aliran darah di wajah. Tak hanya tensi, teknologi ini dikembangkan untuk mengetahui tingkat stres dan denyut jantung. 

Dengan adanya alat ukur tensi canggih ini, kita dapat menyelamatkan lebih banyak nyawa. Seperti yang kita tahu, hipertensi dapat menyebabkan stroke, jantung, dan kematian. Hal ini diperburuk dengan beberapa penderita hipertensi yang tidak menunjukkan gejala atau banyak yang malas untuk mengeceknya. Oleh sebab itu, sangat sulit untuk melakukan langkah preventif jika untuk mengeceknya saja harus ke fasilitas kesehatan. 

Namun, dengan adanya Transdermal Optical Imaging, semua orang bisa mengecek tensi dengan sangat mudah dan praktis. Anda hanya membutuhkan smartphone dan bisa mengetahui tekanan darah saat itu juga. Tak ada lagi acara pergi ke apotek atau rumah sakit yang sering kali dihindari oleh masyarakat.

Meskipun demikian, pengembangan alat ini masih menghadapi banyak tantangan. Salah satu tantangan terbesar yaitu masalah hasil perekaman. Untuk hasil perekaman yang dilakukan di studio atau pun ruangan belum bisa dipastikan apakah hasilnya akan sama. Oleh karena itu, alat ini akan terus dikembangkan sampai sempurna hingga dapat diproduksi secara massal. 

 

Sumber: lifestyle.kompas.com

Browse blog by tag

Back To Top