sharpnel_content
Tools untuk Melacak Performa Keyword

News 03 Sep 2021


Tools untuk Melacak Performa Keyword

Share

Setelah menulis konten blog yang sesuai dengan kaidah-kaidah SEO, maka selanjutnya Anda harus bisa melacak performa keyword. Ini penting untuk dilakukan agar Anda bisa melakukan perbaikan ke depannya. 

Setidaknya, tim di AsiaQuest Indonesia menggunakan paling sedikit 3 tools dalam melacak kinerja keyword yaitu: Google Analytics, Google Search Console, dan SEMrush. Tools SEO tambahan lainnya juga digunakan antara lain Ubersuggest, Alexa, Ahrefs.

(1) Google Analytics

Google Analytics menjadi semacam tools wajib untuk digunakan oleh setiap pemilik website. Google Analytics bisa memberikan informasi penting seputar website seperti berapa jumlah visitor, jumlah impression, jumlah view, bounce rate, durasi session, dan masih banyak lagi lainnya.

Data-data yang disajikan oleh Google Analytics sangat berharga untuk dijadikan bahan analisis guna membuat strategi konten yang lebih baik lagi ke depannya. Google Analytics bahkan bisa memberikan informasi secara real-time yang berhubungan dengan berapa jumlah pengguna yang sedang aktif di website dan halaman apa saja yang sedang banyak diakses.

Para ahli SEO tak pernah ketinggalan untuk membuka Google Analytics karena sampai saat ini memang data-data yang dikumpulkan olehnya sangat powerful. Ketika membuat website jangan lupakan untuk membuat akun Google Analytics dan hubungkan dengan website yang Anda buat agar bisa segera melacak performanya setiap bulan.

Google Analytics tersedia gratis.

(2) Google Search Console

Google Search Console juga salah satu layanan gratis yang diberikan oleh Google untuk para webmaster yang ingin memantau performa website, memeriksa eror, memeriksa crawl situs oleh Google, dan masih banyak lagi lainnya.

Dengan Google Search Console, Anda bisa:

  1. Submit sitemap
  2. Validasi robot.txt
  3. Menguji struktur data dengan Structured Data Testing Tool
  4. Memeriksa tingkat mobile-friendly situs

Dan masih banyak lagi lainnya.

Anda juga bisa melacak performa keyword melalui queries yang disediakan oleh Google Search Console. Queries yang disediakan Google Search Console bisa menjadi ide untuk memperbaiki kualitas keyword yang sedang disasar.

(3) SEMrush

SEMrush adalah tools SEO yang bukan milik Google tapi tak kalah powerful. Di SEMrush Anda bisa melakukan banyak hal seperti melakukan audit website Anda secara keseluruhan, melacak performa keyword, rank website di Google, melacak performa website kompetitor, mencari ide keyword, dan masih banyak lagi lainnya. 

SEMrush adalah salah satu tools SEO yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Meskipun begitu, jika ingin menggunakan semua layanan di SEMrush ada biaya berlangganan yang harus dibayarkan tiap bulannya atau tiap tahunnya. 

Itulah tiga tools yang khusus digunakan untuk melacak performa website serta performa keyword. Sebagai pemilik website, minimal Anda harus bisa menggunakan ketiga tools tersebut.

Ada beberapa tools SEO lain sebagai tambahan yang juga sering digunakan para ahli SEO, misalnya Ahrefs, Alexa, Ubersuggest, Keyword Planner Google. Anda bisa menggunakan semuanya sekaligus atau memilih beberapa di antaranya.

Jika ingin website maupun konten-konten blog Anda menduduki peringkat di puncak pencarian Google, maka tidak bisa tidak, Anda harus mau dan harus bisa memanfaatkan tools-tools tersebut. Mustahil memperoleh rank dan traffic yang bagus tanpa bantuan tools-tools SEO yang ada.

Di AsiaQuest Indonesia, kami terbiasa menggunakan tools-tools SEO untuk melacak performa website. Tak heran bila sebagian besar keyword yang kami sasar bisa menduduki puncak mesin pencari Google. Jika Anda ingin membuat website sekaligus mengoptimasi SEO website jangan ragu untuk menghubungi tim di AsiaQuest Indonesia, yang berpengalaman selama bertahun-tahun dalam urusan pendigitalan bisnis.

Gambar oleh janjf93 dari Pixabay

Browse blog by tag

Back To Top