sharpnel_content
Tips Terhindar dari Kejahatan Siber

News 06 Nov 2020


Tips Terhindar dari Kejahatan Siber

Share

Pada era yang semuanya serba digital, potensi kejahatan siber pun tidak dapat dibendung lagi. Kejahatan siber merajalela dan menjadi momok yang begitu menakutkan. Terlebih lagi saat pandemi seperti sekarang ini di mana teknologi digunakan dalam segala aspek kehidupan. Tingginya penggunaan teknologi dan internet ini pun diiringi dengan meningkatnya kejahatan siber. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mempelajari tips terhindar dari kejahatan siber agar hal buruk tidak terjadi pada Anda. 

Berikut ini 5 tips terhindar dari kejahatan siber yang perlu Anda tahu!  

 

1. Ganti Sandi secara Berkala

Untuk Anda yang suka malas mengganti sandi, yuk ubah kebiasaaan ini. Meskipun terkesan ribet, luangkan waktu untuk mengganti sandi secara berkala. Dengan begini, Anda akan terhindar dari kasus pencurian sandi. Namun, Anda harus memilih sandi yang unik dan tak biasa agar tidak mudah dibobol. Pastikan sandi Anda merupakan kombinasi dari angka, simbol, dan huruf. 

 

2. Tidak Asal Mengklik Tautan URL

Nah, kini banyak sekali kasus penipuan dan pencurian data dengan menggunakan tautan URL. Biasanya, korban akan menerima email, SMS atau pesan yang memuat tautan URL. Jika Anda mendapatkan pesan dengan pengirim yang tidak jelas, jangan sembarangan mengklik tautan tersebut. Bisa jadi, tautan tersebut adalah sebuah malware yang berupaya mencuri sandi atau data pribadi.

 

3. Tidak Memakai Perangkat Bajakan 

Meskipun harganya selangit, perangkat lunak asli jauh lebih aman digunakan daripada perangkat bajakan. Saat mencari perangkat lunak bajakan di internet, kita tidak bisa mengecek kredibilitas perangkat tersebut. Alih-alih bermanfaat, perangkat lunak tersebut bisa saja mengandung virus ataupun malware yang dapat mencuri data-data penting di komputer kita. 

 

4. Mengecek Laporan Transaksi 

Selama pandemi, Anda pasti lebih sering melakukan transaksi secara nontunai, bukan? Jika iya, risiko pencurian data pasti sangatlah tinggi. Oleh sebab itu, pastikan Anda rutin mengecek laporan transaksi dari kartu debet, kartu kredit, ataupun dari dompet digital. Jika terdapat transaksi mencurigakan, Anda dapat mengatasinya dengan lebih cepat. 

 

5. Hati-hati saat Membagikan Informasi Pribadi di Sosmed

Sosmed memang menjadi media untuk mengekspresikan diri. Meskipun begitu, Anda tidak bisa terlalu bebas untuk membagikan informasi pribadi di sosmed. Semua ini demi kepentingan Anda sendiri, lho. Pasalnya, banyak oknum yang memanfaatkan informasi pribadi seseorang untuk melakukan pencurian atau penipuan. Sebisa mungkin, hindari membagikan informasi kartu kredit, tanda pengenal, dan informasi credential lainnya di sosmed. 

Dengan mengikuti lima panduan di atas, Anda pasti akan terhindar dari kejahatan siber. Mulai saat ini, yuk kita lebih berhati-hati dalam menggunakan internet agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. 

 

Sumber: Idntimes.com

Icon photo created by 8photo – www.freepik.com

 

Browse blog by tag

Back To Top