Semenjak diluncurkan di Indonesia pada bulan Juni 2021, Instagram Reels segera mendapatkan respon positif dari para pengguna Instagram tanah air. Fitur yang menjadi pesaing TikTok ini memang sudah lama ditunggu-tunggu karena menawarkan kelebihan-kelebihan yang sebelumnya tidak ada di Instagram.
Menariknya lagi, Instagram Reels ini sangat bisa dipakai untuk mendukung kesuksesan bisnis, lho. Kalau tahu cara memanfaatkan platform Instagram beserta fitur-fiturnya, Anda bisa meraih jutaan rupiah hingga miliaran rupiah melalui promosi produk.
Tidak percaya?
Simak penjelasan kami berikut ini.
Tengoklah artis-artis televisi dan selebgram yang kini lebih suka membangun feed Instagram mereka ketimbang nongol di TV. Para artis dan selebgram ini diketahui mempunyai basis follower hingga jutaan di akun Instagram.
Banyaknya follower bisa dimanfaatkan sebagai ajang promosi produk dan layanan. Untuk jasa promosi produk, para artis dan selebgram ini bisa terus mengisi pundi-pundi rupiah yang jika ditotal bisa mencapai miliaran.
Promosi produk di Instagram bisa dilakukan di postingan feed dan stories. Nah, berita baiknya sekarang Instagram kedatangan fitur reels yang menyerupai TikTok yaitu posting video kreatif dengan durasi lebih panjang dari stories yakni 15 detik hingga 30 detik.
Fitur pengeditan video di reels juga lebih lengkap seperti penambahan stiker, animasi, filter, audio, serta video transisi. Fitur-fitur ini menghasilkan video reels yang jauh lebih menarik dan kreatif. Akun-akun Instagram brand kenamaan dunia seperti Louis Vuitton, Balmain, dan Sephora melaporkan adanya kenaikan views dan likes dari postingan reels.
Menariknya, video reels bisa dilihat oleh semua pengguna Instagram karena ada kemungkinan akan dipromosikan di Explore Page. Lain dengan video di Instagram Stories yang hanya bisa dilihat oleh follower.
Jadi, video reels yang Anda post bisa lho masuk Explore Page meskipun Anda bukan public figure yang punya jutaan followers. Tampil di Explore Page akan meningkatkan engagement ke akun Instagram Anda. Semakin besar engagement, semakin besar trafiknya sehingga makin banyak orang bisa melihat produk yang Anda promosikan.
Jadi, selagi reels sedang sangat digandrungi sekarang ini, maka Anda harus sesegera mungkin memanfaatkan momen ini. Kalau Tik Tok punya #foryoupage atau biasa disingkat #fyp, maka Instagram punya #explorepage. Kalau video reels yang Anda buat menarik, ada kesempatan untuk video tersebut mejeng di #explorepage Instagram dan mendapatkan engagement yang lebih besar lagi.
Singkatnya, video reels yang Anda buat bisa Anda taruh di Instagram Stories, post di feed, post sebagai reels, atau Anda bisa bagikan langsung ke teman melalui Instagram Direct Message (DM).
Menggunakan hashtags untuk reels memperbesar kesempatan agar video Anda bisa dilihat banyak orang. Jika ingin video reels cepat viral, maka gunakan hashtags #viral atau #trend. Tambahkan hashtags yang sesuai dengan tema postingan Anda. Hindari penggunaan hashtags secara sembrono alias yang tidak nyambung dengan tema karena bisa menyesatkan pengguna.
Itu dia sedikit tips dalam menggunakan Instagram Reels untuk bisnis. Apakah Anda sudah punya strategi jitu untuk meningkatkan visibilitas brand Anda di Instagram? Jangan lupa manfaatkan reels supaya semakin banyak views dan likes yang diterima!
Referensi: socialpubli.com
Photo by Georgia de Lotz on Unsplash
Back To Top