sharpnel_content
Tips Mengenalkan AI kepada Anak dengan Pokemon

News 20 Okt 2020


Tips Mengenalkan AI kepada Anak dengan Pokemon

Share

Jika ada cara menyenangkan untuk belajar Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek), mengapa memakai cara yang membosankan? Khususnya, jika Anda akan mengenalkan AI kepada anak-anak yang aktif dan cepat bosan. Kini, Anda dapat mengenalkan AI kepada anak dengan Pokemon. Ajak si kecil menonton animasi Pokemon dan mereka dapat belajar AI dengan lebih mudah. 

Pokemon Sun and Moon bisa digunakan sebagai media awal untuk mengenalkan Iptek, terutama konsep Artificial Intelligence (AI). Konsep AI tidaklah sederhana dan seringkali sulit dipahami oleh orang dewasa sekalipun. Namun, Pokemon Sun and Moon dapat mengajarkan konsep AI dengan cara yang sederhana dan menarik. 

 

Bagaimana Cara Kerja Rotom Dex?

Dalam Pokemon Sun and Moon terdapat karakter bernama Rotom Dex. Rotom Dex merupakan robot dengan otak manusia. Sederhananya, Rotom Dex adalah robot berbasis AI yang dapat berpikir laiknya manusia. 

Meskipun sama-sama mesin, apakah yang membedakan mesin biasa dengan mesin berbasis AI? Dari Rotom Dex ini, anak-anak dapat belajar tentang AI secara lebih mendalam. Rotom Dex sendiri dibuat untuk menyimpan data laiknya mesin pada umumnya. 

Pembeda Rotom Dex dengan mesin biasa adalah robot ini dapat berpikir, bergerak, meniru ucapan, dan berpikir seperti manusia. Saat bertemu dengan pokemon baru, Rotom Dex sanggup melakukan identifikasi dan memperbarui datanya. Hanya dengan mengambil gambarnya saja, Rotom Dex dapat mengetahui jenis Pokemon tersebut. Dalam dunia AI, kemampuan ini disebut dengan image recognition

Selain itu, Rotom Dex juga dapat belajar hal-hal baru atau memiliki kemampuan self-learning. Self-learning sendiri menjadi ciri khas utama dari mesin berbasis AI. Tidak seperti mesin pada umumnya, Rotom Dex memiliki kecerdasan untuk belajar. 

Meskipun berpikir dan bergerak seperti manusia, anak dapat mengetahui bahwa Rotom Dex bukanlah makhluk hidup 100%. Hal ini terlihat dari pola gerakan yang terbatas dan gaya bicara khas robot yang kurang luwes. 

Inilah alasan mengapa Pokemon Sun and Moon disebut-sebut sebagai media tepat untuk mengenalkan konsep AI pada anak. Secara tidak langsung, anak dapat belajar tentang image recognition, self-learning, dan lainnya. Namun, jangan lupa untuk selalu mendampingi anak agar cara belajarnya lebih terarah. 

 

Sumber: Gimbot.com

Image by Gerd Altmann from Pixabay

 

Browse blog by tag

Back To Top