sharpnel_content
Tips Mendidik Anak agar Bijak Memakai Teknologi

News 10 Agu 2020


Tips Mendidik Anak agar Bijak Memakai Teknologi

Share

“Main game terusss!!!”. Sudah tak terhitung lagi berapa banyak orang tua yang mengeluh karena anaknya kecanduan bermain gawai selama pandemi COVID-19. Bahkan, ada beberapa orang tua yang mendesak sekolah tatap muka segera dilakukan agar anak mereka tak main game terus! Tak bisa disangkal lagi, teknologi memang memberi dampak positif dan negatif bagi anak. Oleh karena itu, sebagai orang tua kita harus tahu tips mendidik anak agar bijak memakai teknologi. 

Tak hanya efek negatifnya saja, Anda harus memahami efek positif dari penggunaan teknologi. Sebagai contoh, Indonesia membutuhkan 9 juta tenaga ahli IT pada 15 tahun mendatang. Jika si kecil sudah suka gawai sejak kecil, Anda bisa mengarahkannya ke hal yang positif. Bukannya tidak mungkin, hal yang dia sukai ini bisa menjadi profesi yang menjanjikan pada masa mendatang, bukan? 

Apa saja tips mendidik anak agar bisa memakai teknologi dengan bijak? Yuk, sontek tipsnya dari kami berikut ini. 

Latih untuk Memilih Konten yang Bagus

Saat anak kecanduan bermain game atau sosial media, hal ini tak berarti bahwa anak 100% salah. Namun, bisa saja Anda tidak melakukan pendampingan sehingga mereka terjebak pada konten yang kurang positif. Anda tidak bisa mengharapkan bahwa anak bisa memahami sendiri mana konten yang bagus dan mana yang tidak. 

Jangan sampai alasan tidak paham teknologi membuat Anda membiarkan anak leluasa dalam menggunakan teknologi digital. Terlebih lagi, Anda malah melarang dengan tegas penggunaan teknologi. Saat menggunakan teknologi, Anda harus mendampingi si kecil secara aktif dan ajarkan memilih konten yang positif. 

Buat Kesepakatan Berdua untuk Melatih Kedisiplinan

Anda juga perlu melatih kedisiplinan anak dalam menggunakan waktunya untuk ‘bermain’ dengan teknologi. Tak perlu otoriter dengan melarang ini dan itu, Anda bisa mengajak anak untuk diskusi. Diskusikan berapa lama anak bisa menggunakan teknologi dan tanyakan kebutuhannya untuk apa.

Jika harus dibatasi, beri tahu anak apa alasannya. Dengan melibatkan anak dalam pengambilan keputusan, anak akan merasa pendapat mereka didengar dan tak sekadar diatur-atur saja. Kalian juga harus menentukan konsekuensi kalau sampai melanggar kesepakatan ini. 

Ini dia beberapa tips mendidik anak agar bijak memakai teknologi. Anak dapat diibaratkan sebagai sebuah senjata. Dia akan menjadi baik dan buruk sesuai dari bagaimana orang tua mendidiknya. Makanya, Anda harus meluangkan waktu untuk mendampingi dan mengobrol dengan anak. Dengan begitu, anak bisa menggunakan teknologi dengan lebih bijak. 

 

Sumber:

  1. lifestyle.kompas.com
  2. lifestyle.bisnis.com

 

Browse blog by tag

Back To Top