sharpnel_content
Tips Menaikkan Peringkat Toko di Tokopedia

News 14 Mar 2022


Tips Menaikkan Peringkat Toko di Tokopedia

Share

Sebagai e-commerce terbesar di tanah air, Tokopedia terbukti menjadi tempat yang tepat bagi para pebisnis besar  maupun penjual kelas menengah dan kecil (UMKM) untuk bisa bersaing secara fair dalam memenangkan pasar.

Tokopedia sebagai marketplace menjadi tempat bertemunya penjual dan pembeli secara online. Dengan jumlah kunjungan yang mencapai ratusan juta per bulannya, membuka toko online di Tokopedia adalah sebuah kesempatan emas yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

Potensi kunjungan yang luar biasa besar adalah sebuah peluang besar bagi bisnis Anda untuk dilihat dan menghasilkan penjualan yang besar. Sekarang, tinggal Anda mau mengambil kesempatan ini atau tidak.

Jika pun Anda sudah memutuskan untuk mengambil kesempatan emas tersebut, dan mulai membuka toko online di  Tokopedia, pekerjaan tak berhenti di situ. Kenyataannya, ada strategi yang harus dilakukan untuk bisa memanfaatkan potensi jumlah pengunjung yang besar dari Tokopedia.

Pada intinya, membuka toko online di Tokopedia dan memajang produk saja tidak cukup. Untuk meraih penjualan yang besar Anda harus bisa menarik pengunjung yang banyak pula. Untuk menarik pengunjung yang banyak, toko Anda setidaknya harus berada di peringkat atas supaya dilirik oleh pengunjung.

Bagaimana Menaikkan Peringkat Toko di Tokopedia?

Mengutip dari Tokopedia, calon pembeli hanya membutuhkan waktu 50 detik dalam urusan memilih produk secara online. Artinya, Anda yang berjualan harus bisa memanfaatkan rentang waktu ini untuk semaksimal mungkin membuat calon pembeli tertarik.

Di sini, Anda harus bisa membuat produk Anda tampil di peringkat atas pencarian. Untuk meraih itu, ada tips dan triknya, lho. Apa saja tips dan triknya? Mari kita simak ulasannya berikut ini.

(1) Gunakan Foto Produk yang Bagus

Dalam berjualan secara online, calon pembeli tidak bisa melihat barang secara langsung, menyentuh pun tidak bisa. Barang yang dijual secara online hanya bisa dilihat fotonya saja. Maka dari itu, foto produk berperan penting untuk menarik minat calon pembeli.

Pastikan foto produk Anda jelas, jernih, terang, kalau bisa menggunakan background foto putih polos untuk menonjolkan produk yang dijual. Kalau foto produk pun terpercaya, calon pembeli pun akan tertarik untuk melihat deskripsi produk.

(2) Gunakan Nama Produk yang Tepat

Nama produk yang tepat bisa membuat produk Anda lebih mudah untuk dikenali mesin. Tokopedia memberikan rumus untuk memberikan nama produk yang mudah dikenali mesin pencari, yaitu jenis produk/kategori produk + Merek produk + keterangan tambahan.

Selain menggunakan rumus penamaan produk di atas, jangan lupa untuk menggunakan kata-kata yang mengandung kata kunci, terutama kata kunci yang banyak dicari (keyword). Menggunakan kata kunci yang dicari banyak orang bisa meningkatkan peringkat produk Anda.

(3) Pasang Harga yang Kompetitif

Harga merupakan faktor yang menentukan apakah calon pembeli akan memilih produk Anda atau tidak. Misal Anda berjualan sabun cuci pakaian, tapi di marketplace Tokopedia ada banyak toko online yang juga berjualan sabun cuci pakaian.

Lalu, apa yang bisa membedakan sabun cuci yang Anda jual dengan yang dijual di toko lain? Sabun cuci yang Anda jual mereknya sama dengan toko lain, maka Anda bisa bermain di harga. Mainkan harga dengan memasang harga jual yang kompetitif agar calon pembeli tertarik membeli sabun cuci di toko Anda.

(4) Pakai TopAds

TopAds adalah fitur pengiklanan yang disediakan oleh Tokopedia. Jika Anda ingin meningkatkan peringkat toko Anda, bisa juga memanfaatkan TopAds. Hanya saja TopAds ini sifatnya berbayar.

(5) Beri Promo Bebas Ongkir

Berjualan secara online tidak lepas dari masalah pengiriman paket sampai ke rumah. Terkadang, calon pembeli keberatan dengan biaya ongkir yang dibebankan. Maka dari itu, memberikan promo bebas ongkir bisa menjadi solusi.

Toko yang menerapkan promo bebas ongkir terbukti mampu menarik lebih banyak pembeli daripada yang tidak, lho. Marketplace Tokopedia memberikan subsidi bebas ongkir hingga Rp 20.000 yang akan sayang sekali kalau tidak dimanfaatkan.

Calon pembeli bahkan tidak ragu menambahkan jumlah item dalam keranjang belanja mereka agar nominal belanja mereka memenuhi syarat untuk mendapatkan promo bebas ongkir.

Nah, itu dia sedikit tips untuk menaikkan peringkat toko di Tokopedia. Semakin banyak pembeli yang checkout dari toko online-mu, tentu akan semakin banyak review pembeli dan rating. Rating dan review pembeli akan meningkatkan peringkat toko Anda di Tokopedia.

Referensi: seller.tokopedia.com

Sumber gambar: Tokopedia

Browse blog by tag

Back To Top