sharpnel_content
7 Tips Membangun Startup Digital

News 24 Nov 2020


7 Tips Membangun Startup Digital

Share

Apakah Anda sedang berambisi membangun startup digital? Bingung ingin mulai darimana dan bagaimana? Membangun startup digital tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Ada step by step yang harus dilalui agar startup Anda bisa segera launching!

Berikut adalah 7 tips dalam membangun startup digital yang kami sarikan dari blog Neil Patel.

1. Membuat Rencana Bisnis

Apalah artinya membangun bisnis tanpa rencana? Ide-ide Anda di startup mungkin brilian, tapi tanpa sebuah rencana bisnis yang bagus, akan sulit untuk berkembang. Neil Patel mengungkapkan bahwa sebanyak 64% startup yang memiliki rencana bisnis, kemudian mampu mengembangkan bisnisnya lebih baik daripada yang tidak punya rencana bisnis.

Bagaimana caranya membuat rencana bisnis? Rencana binsnis pada dasarnya adalah deskripsi tertulis mengenai masa depan perusahaan. Anda menuliskan garis besar apa yang INGIN dilakukan, dan BAGAIMANA Anda melakukannya.

Secara umum, rencana bisnis tersebut berisi garis besar strategi bisnis Anda dalam 3 hingga 5 tahun ke depan. Rencana bisnis adalah hal pertama yang harus Anda buat karena inilah yang akan membantu Anda dalam melakukan hal-hal selanjutnya.

2. Mencari Pendanaan

Dalam menjalankan sebuah bisnis tentunya Anda perlu modal. Modal bisa didapat dari manapun, tapi dalam startup ada yang namanya skema pendanaan. Setiap startup membutuhkan besaran dana yang berbeda-beda, tergantung jenis industrinya.

Darimana pendanaan startup diperoleh? Neil Patel merangkum sumber pendanaan startup seperti di grafik berikut ini:

Dari grafik di atas, kita jadi tahu kalau pendanaan startup paling banyak adalah dari tabungan pribadi dan kredit. Perbankan ternyata bukanlah menjadi sumber pendanaan terbesar bagi bisnis startup. Mengapa demikian?

Neil Patel dalam blognya menyatakan bahwa bank akan cenderung memilih menginvestasikan uangnya kepada bisnis-bisnis besar yang sudah settle atau established. Tentu akan berisiko bila harus mendanai sebuah bisnis kecil yang masih baru berdiri dengan aset dan pendapatan yang belum jelas.

Maka dari itu, kebanyakan sumber dana startup adalah dari investor seperti: teman, keluarga, angel investor, dan venture capitalists. Ketika Anda menemukan calon investor yang potensial, Anda harus sudah siap mempresentasikan rencana bisnis dan rencana finansial Anda.

Rencana finansial ini berisikan neraca keuangan (balance sheet), prediksi penjualan (sales forecast), laporan laba rugi (profit and loss statement), dan laporan arus kas (cash-flow statement).

Neil Patel melaporkan bahwa sebanyak 82% bisnis gagal di masalah arus kas (cash-flow). Rencana finansial yang Anda buat digunakan untuk mencari tahu seberapa banyak pendanaan yang harus didapatkan agar bisnis bisa berjalan.

3. Dikelilingi Orang-orang yang Tepat

Menjalankan sebuah bisnis tak bisa dilakukan sendirian, setuju? Bisnis startup memang kecil, dan di awal Anda mungkin tidak butuh banyak staff. Akan tetapi, tetap saja Anda membutuhkan orang-orang yang tepat untuk ditempatkan di berbagai bidang. 

Anda butuh manager, butuh HR/GA, akuntan, ahli hukum, dsb. Anda tidak akan mampu berjalan sendiri, dan sebaiknya memiliki ‘pasukan’ yang tepat untuk mengantar Anda ke tujuan.

4. Mencari Lokasi Startup dan Membangun Website

Bisnis startup Anda, meski kecil dan hanya punya beberapa staf yang bisa dihitung jari, tetap membutuhkan sebuah kantor fisik. Anda bisa menyewa sebuah kantor yang tidak terlalu besar untuk menampung kegiatan bisnis Anda.

Selain memiliki kantor secara fisik, jangan lupa untuk membangun sebuah website. Pelanggan harus bisa menjangkau bisnis Anda secara online. Selain itu, memasarkan bisnis Anda di dunia maya jauh lebih powerful dengan biaya yang tidak terlalu mencekik leher.

Ketika website sudah dibangun, jangan lupa manfaatkan sosial media seperti facebook, twitter, dan instagram sebagai media promosi. Sosial media bisa memperluas jangkauan promosi Anda.

Bila Anda membutuhkan konsultasi masalah website, Anda bisa menghubungi tim kami yang berpengalaman selama bertahun-tahun dalam usaha pendigitalan bisnis. 

5. Menjadi Ahli Marketing

Ketika membangun startup, Anda harus mau belajar untuk menjadi ahli marketing. Kalau sekarang, Anda harus mengerti digital marketing agar bisnis Anda bisa mencapai sukses.

Anda harus mengerti apa itu konten marketing, affiliate marketing, email marketing, SEO, dan sederet istilah lain dalam digital marketing yang perlu Anda kuasai. 

Selain digital marketing, Anda bisa memanfaatkan metode pengiklanan tradisional seperti radio, media cetak, televisi, baliho, dsb. Hanya saja media-media tersebut biayanya mahal.

Kalau Anda tidak ahli juga dalam hal marketing, tidak ada salahnya membayar tenaga seorang ahli marketing. Tanpa marketing, bisnis startup Anda bisa bisa hanya jalan di tempat alias stagnan.

6. Membangun Basis Pelanggan

Membuat website dan mengembangkan keberadaan startup Anda secara digital, yang selanjutnya tentu membangun basis pelanggan. Mengubah pengunjung website Anda menjadi pelanggan bukan perkara mudah, apalagi kalau harus membuat mereka kembali untuk membeli produk Anda, ini luar biasa.

Tapi, Neil Patel mengungkapkan bahwa sebanyak 43% pendapatan dari toko online didapat dari pembelian yang diulang. Jadi, bagaimana caranya membuat pelanggan Anda kembali untuk berbelanja?

Tentu saja kuncinya ada di layanan pelanggan (customer services). Penting untuk memikirkan bagaimana pelanggan Anda mendapatkan sebuah pengalaman berbelanja yang baik dan memuaskan (customer experience). Dengan customer experience yang baik, pelanggan akan puas dan mau kembali berbelanja.

7. Bersiap akan segala sesuatu

Bisnis seperti kehidupan, ada naik ada turun. Kadang jalan mulus, kadang jalan bergelombang dan berbatu-batu. Untuk menghadapi itu semua, Anda harus selalu siap dan sigap. 

Staf mungkin datang dan pergi, Anda mungkin akan membuat keputusan yang salah, dan itu tidak masalah. Yang penting Anda belajar dari kesalahan, dan tidak mengulanginya di masa depan.

Itu dia 7 tips dari Neil Patel untuk Anda yang ingin sukses membangun startup digital. Bila Anda masih merasa sulit, tim kami siap membantu Anda untuk urusan bisnis digital. Hubungi [email protected] untuk berkonsultasi masalah bisnis Anda!

Sumber: Neil Patel Blog
Background photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top