sharpnel_content
Tiga Operator Seluler Indonesia yang Resmi Dapatkan 5G

News 22 Feb 2021


Tiga Operator Seluler Indonesia yang Resmi Dapatkan 5G

5G
Share

Persaingan operator seluler di Indonesia untuk mendapatkan izin menggunakan pita frekuensi 5G memang ketat. Akan tetapi, nyatanya ada 3 operator seluler Indonesia yang dinyatakan telah memenuhi syarat untuk menyelenggarakan jaringan 5G di Indonesia.

Tiga operator seluler Indonesia ini diijinkan untuk menggunakan pita frekuensi radio 2,3GHz pada rentang 2360 – 2390 MHz. Evaluasi administratif dilakukan oleh Tim seleksi dan dilakukan pemeringkatan menggunakan aplikasi pencatat waktu.

Hasil pemeringkatan dari Tim Seleksi menempatkan Smartfren (PT Smart Telecom Tbk) di urutan pertama, Telkomsel (PT Telekomunikasi Selular) di urutan kedua, dan Tri (3) Indonesia (PT PT Hutchison 3 Indonesia) di urutan ketiga.

Masing-masing operator seluler tersebut akan membayar harga penawaran sebesar Rp 144,86 miliar. Jika ditotal, ketiga operator seluler tersebut membayar Rp 434,6 miliar untuk keperluan pengembangan jaringan 5G di Indonesia.

5 Operator Seluler Mendaftar Lelang 5G

Kominfo mencatat ada 5 operator seluler Indonesia yang mendaftar di lelang 5G tersebut, yaitu Smartfren (PT Smart Telecom Tbk), Telkomsel (PT Telekomunikasi Selular), Tri (PT PT Hutchison 3 Indonesia), Indosat (PT Indosat Tbk), dan XL (PT XL Axiata Tbk).

Pada perjalanannya, hanya empat operator seluler yang menyerahkan dokumen permohonan seleksi pada hari Kamis 10 Desember 2020, yaitu Smartfren (PT Smart Telecom Tbk), Telkomsel (PT Telekomunikasi Selular), Tri (PT PT Hutchison 3 Indonesia), dan XL (PT XL Axiata Tbk).

Dokumen kemudian diseleksi dan sayangnya PT XL Axiata Tbk harus terdepak dari daftar. Akhirnya, hanya tiga operator yang maju ke proses lelang hingga putaran terakhir. Dokumen yang dikumpulkan diseleksi oleh Tim Seleksi  dengan dihadiri oleh saksi yaitu perwakilan dari peserta Seleksi.

Oleh karena hanya tiga peserta yang lolos dokumen dengan waktu pengiriman sama, maka pemeringkatan dilakukan menggunakan aplikasi pencatatan waktu. Hasil peringkat seperti sudah disebutkan di atas.

Kemudian peserta seleksi yang lulus evaluasi administrasi diminta mengambil username dan password pada tanggal 14 Desember 2020 Pukul 13.00-15.00 WIB di Sekretariat Tim Seleksi. Sedangkan, penentuan peringkat melalui aplikasi pencatatan waktu dimulai pada Selasa, 15 Desember 2020.

Sumber: 

Cncbindonesia.com
Card photo created by freepik – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top