sharpnel_content
Tiga Cara Membuat Landing Page

News 06 Sep 2021


Tiga Cara Membuat Landing Page

Share

Landing page menjadi salah satu keyword yang lumayan populer. Landing page sendiri merujuk pada sebuah halaman website yang berdiri sendiri, yang dibuat secara spesifik untuk sebuah kampanye periklanan atau pemasaran. 

Landing page merupakan langkah follow up dimana pengunjung mungkin tertarik dengan konten Anda dan sudah selangkah lagi untuk menjadi pelanggan. Ada sebuah hasil nyata yang diharapkan dari sebuah landing page, entah itu untuk mendapatkan alamat email pengunjung, nomor telepon, mengarahkan mereka ke halaman ecommerce untuk melakukan pembelian, mengisi formulir, dan masih banyak lagi lainnya.

Lalu bagaimana cara membuat landing page?

(1) Membuat Landing Page dengan Website Builder

Ada banyak website builder yang menyediakan layanan untuk membuat landing page secara mandiri. Wix.com, Squarespace, Mailchimp adalah contoh website builder yang menyediakan layanan pembuatan landing page. Anda bisa membuat landing page Anda sendiri hanya dengan drag and drop, tanpa perlu coding sama sekali.

Website builder juga menyediakan template design landing page secara gratis maupun berbayar. Anda yang tidak punya budget cukup bisa memilih template design landing page gratis yang mereka sediakan, hanya saja pilihannya terbatas.

Untuk membuat landing page menggunakan website builder  juga sangat mudah, Anda hanya perlu membuat akun di situs website builder yang Anda pilih dan mengikuti panduan membuat landing page yang sudah mereka sediakan.

Anda mungkin ingin memeriksa berapa harga membuat landing page di website builder untuk mengira-ngira berapa budget yang harus disiapkan. Selain menyiapkan budget, pastikan Anda juga menyiapkan komponen lain dalam landing page yang juga tak kalah penting yaitu copy text, image/gambar, dan CTA (call to action).

(2) Membuat Landing Page dengan WordPress

WordPress sebetulnya termasuk ke dalam website builder, hanya saja WordPress lebih kompleks karena menyediakan opsi-opsi kustomisasi secara penuh. WordPress juga sudah memiliki nama besar di dunia web development dengan rekam jejak selama hampir 20 tahun, jauh lebih lama daripada website builder yang ada sekarang ini.

Bisa dibilang, WordPress adalah pionir di dunia website builder. WordPress digunakan oleh para blogger personal, blogger perusahaan, maupun website resmi sebuah perusahaan. Opsi kustomisasi penuh yang ditawarkan WordPress merupakan opsi menarik bagi siapapun yang tidak punya kemampuan pemrograman yang mumpuni.

Anda bisa membuat landing page dengan menggunakan WordPress. WordPress menyediakan plugin bernama SeedProd yang khusus digunakan untuk membuat landing page. SeedProd memungkinkan Anda membuat landing page dengan mudah tanpa perlu coding sama sekali.

Untuk membuat landing page di WordPress menggunakan SeedProd, pertama Anda harus menginstall dan mengaktivasi plugin tersebut. SeedProd tersedia secara gratis dan berbayar. Untuk yang berbayar atau versi Pro, Anda akan diminta memasukkan license key ketika melakukan aktivasi.

Setelah SeedProd terinstall dan aktif, Anda bisa melihatnya di tab kiri di admin WordPress. Anda bisa memilih template landing page yang sudah mereka sediakan kemudian klik Create New Landing Page dan selanjutnya ikuti langkah-langkah yang diinstruksikan oleh SeedProd.

(3) Membuat Landing Page dengan Full Coding HTML, CSS dan JavaScript

Cara selanjutnya adalah membuat landing page dengan coding HTML, CSS, dan JavaScript. Anda mungkin butuh waktu lebih lama untuk membuat landing page dari mentah seperti ini, tapi ini cocok untuk Anda yang memang punya keinginan khusus dalam landing page yang tidak bisa terwakilkan oleh template landing page gratisan.

HTML atau Hypertext Markup Language merupakan bahasa markup yang digunakan untuk mendefinisikan konten dan struktur halaman web. Ingat, HTML adalah bahasa markup, bukan bahasa pemrograman.

Selanjutnya CSS, atau Cascading Style Sheet merupakan komponen yang mendefinisikan bagaimana rupa halaman web. CSS disebut Cascading karena ketika Anda melakukan perubahan di Style Sheet paling atas, maka perubahan tersebut akan berlaku secara berjenjang (cascade) di seluruh situs.

Selain HTML dan CSS, selanjutnya adalah JavaScript. JavaScript memberikan sentuhan interaktif ke dalam landing page yang Anda buat. Tentunya ini penting karena Anda ingin pengunjung bisa ‘melakukan’ sesuatu di landing page Anda, entah itu mengunduh template, mendaftar newsletter, checkout produk, dan masih banyak lagi lainnya. Aktivitas-aktivitas tersebut, yang membuat landing page Anda lebih interaktif dan lebih fungsional, bisa terwujud berkat JavaScript.

Membuat landing page dari mentah cukup menantang terutama dari segi keahlian teknikal Anda dalam menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript. Tapi keuntungannya, Anda bisa mendapatkan landing page yang unik dari segi desain dan fungsional.

Anda bisa menentukan sendiri kebutuhan Anda, apakah akan menggunakan website builder, WordPress, atau ingin full coding dengan HTML, CSS, dan JavaScript. Semua tergantung kebutuhan Anda. Kabar baiknya, Anda yang tidak punya waktu untuk membuat landing page sendiri bisa meminta bantuan jasa konsultan IT.

AsiaQuest Indonesia misalnya, kami bertahun-tahun menangani urusan pendigitalan bisnis, membuat landing page, membuat website, web system, maintenance system, optimasi SEO, internet marketing, dan masih banyak lagi lainnya. 

Lihat halaman Service untuk melihat layanan-layanan yang kami sediakan. 

Referensi: 

  1. www.wordstream.com 
  2. www.wix.com

Photo by picjumbo.com from Pexels

Browse blog by tag

Back To Top