sharpnel_content
Tes Kesehatan Mental Online dengan Aplikasi Ini!

News 22 Apr 2021


Tes Kesehatan Mental Online dengan Aplikasi Ini!

Share

Tidak hanya kesehatan kantong, pandemi COVID-19 juga memberikan dampak buruk pada kesehatan mental masyarakat Indonesia. Menurut data Kementerian Kesehatan, penderita gangguan jiwa (ODG) meningkat dari 197 ribu kasus menjadi 277 ribu kasus dari awal pandemi sampai Juni 2020. 

Meskipun penyintas gangguan kesehatan mental meroket, banyak dari mereka yang tidak ditangani ataupun diobati. Pasalnya, datang ke psikolog atau psikiater masih begitu tabu. Banyak orang tidak berobat karena takut dicap buruk oleh orang lain. Apabila Anda masih ragu untuk datang ke psikolog atau psikiater, silakan memanfaatkan aplikasi gratis untuk tes kesehatan mental online terlebih dahulu. 

Apa saja aplikasi kesehatan mental online yang bisa dipilih? 

 

(1) Psikitech-Diagnosis

“Kamu hanya stress, kamu tidak gila, kamu bisa sembuh dari gangguan jiwa.” 

Seperti halnya tagline di atas, aplikasi Psikitech-Diagnosis akan membantu men-screening kesehatan jiwa seseorang. Apabila Anda merasakan adanya perubahan mood dan perilaku, tetapi tidak tahu penyebabnya, tidak ada salahnya memanfaatkan aplikasi ini. 

Aplikasi ini sudah dilengkapi data klasifikasi gangguan kesehatan jiwa sekaligus fitur konsultasi dengan dokter terdekat. Berkat aplikasi ini, Anda dapat mendeteksi masalah gangguan kesehatan jiwa sedari awal dan bisa segera mengobatinya. Satu lagi, aplikasi ini juga dapat digunakan semua usia. 

Download Psikitech-Diagnosis di Play Store

 

(2) Mental Health Tests

Dengan menggunakan aplikasi Mental Health Tests dari Mind Diagnostics, Anda dapat mendeteksi adanya gangguan kesehatan jiwa sesuai dengan klasifikasi WHO dengan lebih mudah. Aplikasi ini dapat mendeteksi 25 jenis gangguan jiwa sesuai klasifikasi standar WHO, yaitu depresi, PTSD, gangguan kecemasan, maniak, kecanduan video game, gangguan panik, kecanduan internet, bipolar, skizofrenia, dan lainnya. 

Untuk mengetahui adanya gangguan kesehatan jiwa, Anda harus menjawab pertanyaan yang sudah tersedia. Nantinya, Anda dapat melihat hasil tes dan mengirimkannya kepada keluarga ataupun therapist. Cara ini dapat membantu Anda mendeteksi adanya gangguan kesehatan jiwa dan segera mengobatinya. 

Download Mental Health Tests di Play Store

Download Mental Health Tests di App Store

 

(3) Depression Test 

Menurut Perhimpunan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa dikutip dari Health.detik.com, kasus depresi di Indonesia  meningkat dari 11,6 mencapai 57,6 persen selama pandemi COVID-19. Hal ini dikarenakan masyarakat kesulitan untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru dan kehilangan banyak hal yang disukai. Jadi, tidak mengherankan apabila banyak orang yang mengalami depresi, khususnya adalah depresi nonpsikotik. 

Jika Anda merasa kehilangan semangat untuk melakukan rutinitas sehari-hari atau hobi yang disukai, tidak ada salahnya mengikuti tes di aplikasi Depression Test.Tes kuesioner PHQ-9 ini akan mengecek apakah seseorang menderita depresi atau tidak.

Selain identifikasi, Anda juga dapat mengecek level depresi. Namun, penting dicatat bahwa aplikasi ini tidak berfungsi untuk mendiagnosis dan tidak dapat menggantikan peran psikiater atau tenaga profesional dalam kesehatan jiwa. 

Download Depression Test di Play Store

Selain aplikasi gratis, Anda juga dapat mengikuti tes secara online pada beberapa website. Kami sudah mencoba beberapa website berbahasa Inggris di bawah ini. 

  1. Helpyourselfhelpothers.org
  2. Screening.mhanational.org

Semoga dengan mengikuti di atas, Anda dapat segera mengatasi dan mengobati gangguan kesehatan jiwa yang diatasi. Apabila Anda merasakan adanya keinginan untuk bunuh diri, silakan meminta bantuan kepada teman, keluarga atau fasilitas kesehatan terdekat. 

“Healing takes time, and asking for help is a courageous step.” (Mariska H.)

 

Sumber: 

  1. Health.detik.com
  2. Kumparan.com

Photo by Usman Yousaf on Unsplash

 

Browse blog by tag

Back To Top