sharpnel_content
Telkom Digitalisasi SPBU di Seluruh Indonesia

News 19 Feb 2021


Telkom Digitalisasi SPBU di Seluruh Indonesia

Share

Telkom (PT Telkom Indonesia) bersama dengan Pertamina (PT Pertamina Persero) akan menuntaskan program digitalisasi SPBU di seluruh Indonesia. Program digitalisasi SPBU ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat serta memastikan penyaluran BBM berjalan efektif dan efisien.

Digitalisasi SPBU

Digitalisasi SPBU meliputi pembuatan sistem untuk monitoring distribusi dan transaksi penjualan BBM di setiap SPBU secara real-time. Tujuannya adalah untuk meningkatkan standar layanan dan operasional. 

Program digitalisasi SPBU oleh Pertamina dan Telkom akan memudahkan Pertamina untuk memantau kondisi stok dan penjualan BBM, transaksi pembayaran di SPBU, dan pengelolaan penyaluran BBM bersubsidi.

Data digital yang dikumpulkan bisa dilihat dan diakses langsung oleh pihak-pihak yang berkepentingan, seperti Kementrian ESDM, Kementerian BUMN, Kementrian Keuangan, dan BPH Migas. Harapannya, masing-masing pihak yang berkepentingan tersebut bisa saling mendukung untuk mengawasi penyaluran BBM termasuk BBM bersubsidi seperti Bio Solar (B30) dan Premium.

Fitur-Fitur dalam Digitalisasi SPBU

Ada beberapa fitur yang disasar dalam usaha digitalisasi SPBU tersebut, diantaranya seperti fitur pre purchase (bayar dulu baru isi BBM), fitur cashless payment (pembayaran nontunai), fitur pencatatan nomor polisi kendaraan yang melakukan pengisian BBM subsidi, fitur profiling customer berbasis program loyalty melalui aplikasi mobile MyPertamina.

Manfaat Digitalisasi SPBU 

Digitalisasi SPBU akan bermanfaat bagi BPH Migas/Pertamina seperti tertera berikut ini:

  • Monitoring penyaluran/distribusi dan stok BBM
  • Monitoring transaksi seluruh produk BBM
  • Agar penyaluran BBM bersubsidi tepat sasaran

Sementara itu, bagi masyarakat, digitalisasi SPBU akan bermanfaat seperti tertera berikut ini:

  • Memudahkan masyarakat mengetahui informasi mengenai BBM dan program-program loyalty melalui aplikasi MyPertamina.
  • Transaksi non-tunai.
  • Optimalisasi anggaran negara bagi masyarakat yang tepat volume dan tepat sasaran.

Digitalisasi SPBU Sudah dimulai Sejak 2018

Saat ini, program digitalisasi SPBU sudah tuntas atau sudah berhasil diselesaikan oleh Telkom dan Pertamina. Sejatinya, program digitalisasi SPBU seluruh Indonesia ini bukanlah kerja singkat karena ia sudah dimulai sejak penandatanganan kerjasama digitalisasi SPBU dua tahun lalu (2018).

Kini, program digitalisasi SPBU telah lengkap 100% harapannya semakin banyak manfaat yang didapat dari program tersebut.

Dukungan Telkom pada Program Digitalisasi SPBU

Kolaborasi Telkom dan Pertamina merupakan sebuah sinergi antar BUMN. Adapun dukungan Telkom pada program Digitalisasi SPBU ini berupa:

  • Penyediaan infrastruktur telekomunikasi melalui jaringan fixed, mobile, dan satelit.
  • Penyediaan perangkat EDC (electronic data capture)
  • Penyiapan 290 agen contact center dan 600 petugas lapangan untuk melayani pengaduan gangguan SPBU.
  • Pembuatan command center untuk memantau perangkat di SPBU secara proaktif

Harapannya, digitalisasi tidak hanya dilakukan di SPBU tapi juga di industri lain sehingga dapat meningkatkan nilai BUMN, mendukung transaksi nontunai untuk memperkuat ekonomi digital.

Dukungan Perusahaan Swasta kepada Digitalisasi di Indonesia

Pemerintah terus gencar mencanangkan program digitalisasi di berbagai sektor industri. Untuk ini, perusahaan swasta pun juga turut andil dalam mendukung program digitalisasi di berbagai sektor industri.

AsiaQuest Indonesia, sebagai perusahaan swasta dan konsultan IT yang berpengalaman, turut mendukung penuh proses digitalisasi di Indonesia. Oleh karenanya, AsiaQuest Indonesia berkomitmen untuk membantu perusahaan-perusahaan yang mengalami kendala dalam proses digitalisasi bisnis. 

Layanan dan jasa yang diberikan AsiaQuest Indonesia berstandar Jepang sehingga tak perlu diragukan kualitasnya. Hubungi kontak kami untuk informasi lebih lanjut mengenai produk jasa dan layanan yang kami berikan.

Referensi:

Photo by Diego Carneiro on Unsplash

Browse blog by tag

Back To Top