sharpnel_content
Siapakah Programmer Pertama di Dunia?

News 03 Mar 2021


Siapakah Programmer Pertama di Dunia?

Share

Apakah Anda pernah mendengar Ada Lovelace Day? Ada Lovelace Day adalah perayaan yang digelar sebagai wujud terima kasih kepada Ada Lovelace atas jasanya untuk dunia teknologi. Selain itu, perayaan ini juga untuk menghormati pencapaian perempuan yang sukses berkarier pada bidang STEM (science, technology, engineering, and mathematics). Lantas, apa saja jasa Ada Lovelace? Usut punya usut, Ada Lovelace adalah programmer pertama di dunia sekaligus perempuan yang berhasil menguasai bidang STEM! 

Menurut catatan, perayaan ini diinisiasi oleh ahli teknologi Suw Charman-Anderson. Acara ini digelar sejak tahun 2009 dan dirayakan pada setiap hari Selasa pada minggu kedua bulan Oktober. Dengan adanya Ada Lovelace Day, dunia pun akhirnya mengakui bahwa perempuan tidak hanya lihai bekerja di dapur, tetapi juga sanggup melakukan pekerjaan yang dimonopoli para laki-laki. 

 

Sejarah Karier Programmer Pertama di Dunia

Lalu, bagaimana perjalanan karier Ada Lovelace sehingga berhasil menjadi programmer komputer pertama di dunia? Ada Lovelace yang bernama asli Ada King menjadi salah satu perempuan yang beruntung pada eranya. Pasalnya, putri dari penyair Lord Byron ini menerima pelajaran matematika dan ilmu pengetahuan alam, subjek yang tidak lazim untuk perempuan kala itu. 

Ia menggunakan kesempatan langka ini dengan sebaik-baiknya. Seorang ahli matematika sekaligus penemu kalkulator mekanik bernama Charles Babbage pun ditunjuk sebagai mentor-nya. 

Pada tahun 1843, Ada diminta untuk menerjemahkan artikel berbahasa Perancis dengan tema mesin terbaru. Menariknya, Ada membubuhkan opini pribadinya dalam terjemahan tersebut. Apakah Anda dapat menebak detail opini Ada yang akhirnya disinyalir sebagai algoritma pertama di dunia? 

Dikutip dari Independent.co.uk, Ada menambahkan catatan bahwa mesin tersebut memiliki potensi untuk menterjemahkan gambar, musik hingga teks menjadi bentuk digital. Konon, teori inilah yang disebut-sebut sebagai algoritma komputer pertama di dunia! Berkat temuannya ini, Ada Lovelace mendapatkan credit sebagai programmer komputer pertama di dunia. 

Ada Lovelace tidak semata-mata menjadi programmer pertama di dunia. Ia juga seorang role model bagi para perempuan yang ingin atau tengah berkarier di bidang STEM. Jika ada niat dan passion, tidak ada yang mustahil di dunia ini, bukan? 

 

Sumber: independent.co.uk

Photo by Mika Baumeister on Unsplash

Browse blog by tag

Back To Top