Jika ingin sukses berbisnis di era sekarang ini maka Anda harus mengikuti tren. Di sisi lain, SEO adalah salah satu pendukung kesuksesan bisnis yang memanfaatkan strategi digital marketing. SEO adalah praktik untuk mengoptimasi website agar bisa mendapatkan ranking yang bagus di mesin pencari, utamanya Google.
Tak sembarang keyword, Anda haruslah menyasar keyword dengan volume yang tinggi sehingga halaman yang dipromosikan bisa mendapatkan trafik dan pada akhirnya mampu memberikan leads dan konversi.
SEO merupakan sesuatu yang penting maka dari itu siapakah yang sebaiknya melakukan pekerjaan penting ini?
Sebagai bagian dari tim marketing, maka setidaknya ada dua opsi yang bisa dipilih yaitu dengan membayar jasa agensi SEO atau membangun In-House SEO team sendiri.
Membangun In-House SEO team artinya perusahaan Anda yang akan membayar orang-orang profesional untuk menduduki posisi-posisi tertentu dalam sebuah struktur tim SEO.
In-House SEO Team akan bertanggung jawab untuk melakukan audit internal SEO, optimasi On Page SEO, Troubleshoot isu-isu teknikal SEO, pembuatan konten, link building, analisis kompetitor, dan riset kata kunci (keyword research).
Berapa banyak orang yang Anda butuhkan dalam tim internal SEO akan bervariasi, tergantung seberapa besar perusahaan Anda dan seberapa besar industri yang Anda masuki.
Agensi SEO adalah sebuah tim yang terdiri dari individu-individu yang ahli dalam urusan SEO dan mereka memberikan layanan SEO kepada perusahaan/organisasi yang bergerak pada beragam industri.
Agensi SEO bekerja bersama kliennya untuk melaksanakan audit SEO internal, mengembangkan strategi SEO yang komprehensif, dan mengatasi beragam isu SEO teknikal dan SEO On Page.
Agensi SEO biasanya mempekerjakan seseorang yang sudah sangat ahli dan berpengalaman di bidangnya. Masing-masing dari mereka terkadang juga sudah punya pengalaman training yang banyak. Dalam sebuah agensi SEO, job desc juga sudah terbagi-bagi sesuai keahlian misalnya ahli dalam link building, ahli dalam technical SEO, maupun ahli dalam SEO content creation.
Pada akhirnya, ingin menyewa jasa agensi ataukah membangun sendiri tim SEO internal akan berdasarkan pada banyak faktor. Faktor ini misalnya seberapa besar perusahaan, seberapa besar industrinya, dan bagaimana keseluruhan tujuan bisnis.
Untuk itu, penting bagi Anda untuk merancang tujuan-tujuan (goals) yang ingin dicapai melalui SEO. Jika Anda sudah punya itu, maka akan lebih mudah untuk menentukan tim seperti apa yang Anda butuhkan, entah itu tim dari agensi SEO atau tim internal SEO.
Jangan lupa untuk mempertimbangkan seberapa banyak pekerjaan yang harus dilakukan, bagaimana tingkat kesulitannya, dan seberapa besar budget yang Anda punya. Jika Anda merasa tidak yakin bisa melakukannya sendirian, maka pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan AsiaQuest Indonesia.
Referensi: SEO Agency vs. In-House: Which is Better? | Pepperland Marketing
Image by wayhomestudio on Freepik
Back To Top