sharpnel_content
Selain Facebook, 5 Perusahaan Teknologi Ini Juga Sempat Ganti Nama

News 03 Des 2021


Selain Facebook, 5 Perusahaan Teknologi Ini Juga Sempat Ganti Nama

Share

Facebook masih jadi perbincangan hangat karena tindakannya mengganti nama perusahaan induk Facebook, Inc menjadi Meta Platform, Inc demi mewujudkan dunia Metaverse. Metaverse menjadi ambisi baru Mark Zuckerberg sang founder Facebook demi mewujudkan dunia realitas virtual yang selama ini mengandalkan VR dan AR.

Beragam tudingan menghiasi penggantian nama perusahaan raksasa tersebut. Tapi, penggantian nama perusahaan sejatinya bukan hal yang baru dan aneh. Nyatanya, 5 perusahaan teknologi di bawah ini juga diketahui pernah mengganti nama perusahaan mereka. Apa saja perusahaan tersebut? Mari kita simak di bawah ini:

(1) Google

Selama ini kita mungkin mengenal Google sebagai sebuah perusahaan besar. Akan tetapi, Google bukanlah nama perusahaan. Perusahaan induk Google adalah Alphabet, Inc.

Google memang menjadi cikal bakal Alphabet, Inc.,. Bahkan dulu memang nama perusahaan Google adalah Google, Inc. Akan tetapi semua itu berubah di tahun 2015 ketika perusahaan melakukan reorganisasi sepenuhnya di bawah perusahaan induk bernama Alphabet, Inc.

Penggantian ini seolah ingin memberi tahu kepada dunia bahwa Google bukan hanya sebuah mesin pencari, tapi sebuah konglomerasi yang lebih luas lagi cakupannya. Ini termasuk aktivitas mereka yang membuat mobil tanpa pengemudi dan beberapa teknologi di bidang kesehatan.

Konon, perubahan nama perusahaan dari Google ke Alphabet bukan yang pertama kali, lho. Di tahun 1998 sang co founder Google, Larry Page dan Sergey Brin mengubah nama perusahaan menjadi Google dari yang sebelumnya BackRub.

(2) Apple

Apple adalah perusahaan teknologi pembuat ponsel terfavorit, iPhone. Popularitas iPhone memang sudah tak diragukan lagi dan kualitasnya pun sangat mumpuni.

Produk lain Apple adalah komputer jinjing atau laptop dengan nama Macbook, yang tersedia dalam varian Macbook Pro dan Macbook Air. Baik Macbook Pro dan Macbook Air selalu jadi andalan para pebisnis maupun pekerja profesional untuk membantu menyelesaikan pekerjaan.

Bagi penggemar komputer desktop, Apple menyediakan produk iMac. Komputer desktop tipis berukuran layar 27 inch ini desain dan performanya sangat handal. Seringkali iMac dipakai untuk editing video maupun keperluan grafis lainnya.

Di tahun 2007, Apple mengumumkan adanya perubahan nama perusahaan dari yang sebelumnya Apple Computer menjadi Apple. Sang co-founder, Steve Jobs, menginginkan agar Apple bisa berkembang lebih dari sekedar perusahaan yang membuat laptop/komputer. Di tahun yang sama pula, iPhone pertama diluncurkan.

Nampaknya keinginan Steve Jobs tersebut terwujud, buktinya peluncuran produk-produk Apple, Inc lain seperti iPhone, smartwatch, Airpads, iPad, selalu meledak di pasaran. Ponsel iPhone yang harganya di atas rata-rata ponsel pada umumnya selalu saja ludes terjual. Kini Apple, Inc dikenal sebagai brand yang tak hanya membuat komputer, tapi juga gawai-gawai lain yang berkualitas tinggi.

(3) Amazon

Amazon, Inc sekarang adalah perusahaan teknologi terbesar di dunia. Pendirinya Jeff Bezos menjadi orang terkaya di dunia dengan kekayaan ribuan triliun. Berangkat dari toko online yang hanya berjualan buku, Bezos kala itu sangat menyukai nama situs relentless.com.

Meskipun dianggap kurang bersahabat, Bezos tetap membeli domain relentless.com di tahun 1994. Tapi pada akhirnya nama Amazon-lah yang dipakai menjadi nama perusahaan. Fun fact: Coba ketik alamat relentless.com dan situs akan mengarahkan Anda ke laman amazon.com.

Amazon, Inc kini berkembang menjadi perusahaan teknologi yang bergerak di beragam bidang dan layanan, tak hanya menjadi toko online. Kini Amazon, Inc menjadi perusahaan teknologi yang berfokus di bidang e-commerce, cloud computing (AWS), digital streaming, dan Artificial Intelligence.

(4) Snapchat

Snapchat dikenal sebagai aplikasi media sosial untuk berbagi video. Snapchat cukup digemari orang-orang dan bahkan artis-artis terkenal dunia juga aktif berbagi video melalui Snapchat.

Di tahun 2016, Snapchat berganti nama perusahaan menjadi Snap, Inc. dan mulai menyebut diri sebagai perusahaan kamera. Snap, Inc memulai debut sebagai perusahaan kamera dengan produknya kamera Spectacles.

(5) Sony

Sony adalah sebuah perusahaan teknologi asal Jepang. Di tahun 2020, laman jejaring sosial resmi Weibo milik Sony China mengumumkan penggantian nama perusahaan dari Sony Corporation menjadi Sony Group.

Sony China juga menambahkan dalam pengumuman tersebut, bahwasanya penggantian nama perusahaan bertujuan untuk diversifikasi bisnis untuk menarik investor dan memperkuat strategi internal perusahaan.

Para pemegang saham Sony menyetujui proposal penggantian nama perusahaan menjadi Sony Group. Perubahan nama akan berlaku mulai April 2021.

Referensi:

www.cnbcindonesia.com

Image by Gerd Altmann from Pixabay

Browse blog by tag

Back To Top