sharpnel_content
Robot Pramusaji Ramen di Jepang

News 30 Sep 2020


Robot Pramusaji Ramen di Jepang

Share

Saat mengunjungi Jepang, apakah Anda pernah mendengar kedai ramen Korakuen? Korakuen tak hanya populer karena varian menu unik seperti ramen rasa cokelat saja. Baru-baru ini, ramen chain di Motomiya, Fukushima meningkatkan kualitas pelayanan dengan mempekerjakan robot pramusaji ramen. Robot pramusaji ramen di Jepang ini dinamai dengan Unit K-1. 

Unik K-1 didesain sebagai contactless robot yang sangat ideal digunakan selama pandemi COVID-19. Usut punya usut, penggunaan robot ini memang bertujuan untuk menekan risiko penularan COVID-19 di restoran. Pasalnya, restoran di Jepang masih beroperasi hingga sekarang dan masih membuka layanan dine-in. Jika pramusaji ramen adalah robot, risiko penularan virus dari staff ke pelanggan tentu akan menurun drastis. 

Cara Kerja Robot Pramusaji Ramen di Jepang

Lalu, bagaimana  cara kerja robot pramusaji ramen di Jepang ini? Prosesnya akan diawali oleh konsumen yang memesan makanan melalui tablet. Staff pun akan memasak pesanan dan meletakkannya di Unit-K1 setelah siap disajikan. Unit K-1 bertugas mengantarkan makanan ke konsumen. 

Kerennya, robot ini dapat berbicara dan meminta konsumen untuk mengambil makanan dari tray. Robot juga akan meminta konsumen untuk menyentuh sensor di bagian kepala. Jika sensor ini disentuh, Unik K-1 akan kembali ke dapur dan melanjutkan pesanan selanjutnya. 

Pertanyaan selanjutnya, jika bertugas sebagai pramusaji, apakah robot ini tidak menabrak interior ruangan atau pelanggan yang berlalu lalang? Anda tak perlu khawatir akan tersiram kuah ramen panas jika robot tanpa sengaja menabrak benda atau orang. 

Pasalnya, robot ramen ini ditanami sensor dan AI sehingga bisa bergerak ke destinasi tanpa menabrak apapun. Karena alasan ini, robot ini aman digunakan dan dikomersialkan di seluruh penjuru Jepang pada masa mendatang. Selain contactless, Unik K-1 juga bisa menjadi solusi untuk masalah workload kerja paruh waktu di Jepang. 

 

Sumber: SoraNews24.com

Gambar oleh Vardan Sevan dari Pixabay

Browse blog by tag

Back To Top