sharpnel_content
RoBeetle, Robot Kumbang dengan Otot Artifisial Berbasis Metanol

News 15 Okt 2020


RoBeetle, Robot Kumbang dengan Otot Artifisial Berbasis Metanol

Share

Peneliti dari University of Southern California yang dipimpin Xiufeng Yang berhasil membuat gebrakan dengan menciptakan robot kumbang dengan otot artifisial berbasis metanol bernama RoBeetle. Tak sekadar robot, RoBeetle didesain dengan berat dan ukuran yang mendekati kondisi serangga aslinya. 

Dikutip dari Bluewaterhealthyliving.com, peneliti Xiufeng Yang mengungkapkan bahwa robot kumbang ini menjadi salah satu robot dengan berat dan ukuran terkecil di antara robot otonom lainnya. Pasalnya, RoBeetle hanya memiliki panjang 15 milimeter dengan berat 88 miligram. Sebagai perbandingan, robot terkecil berbahan baterai memiliki berat 1 gram.  

 

Memakai Otot Artifisial Berbasis Metanol, Bobotnya pun Makin Ringan!


Turning point dari pengembangan robot ini adalah pada penggunaan otot artifisial yang membuat bobot robot ini lebih ringan. Sebagai gambaran, sebagian besar robot membutuhkan motor dan aliran listrik agar dapat bergerak. Peneliti pun harus menggunakan baterai sebagai pasokan daya robot agar dapat bekerja secara sempurna. 

Efeknya, bobot robot akan meningkat karena harus ditanami baterai. Melihat kondisi ini, peneliti RoBeetle mencari cara agar robot kumbang ini dapat memiliki bobot yang ringan. Mereka pun menciptakan sistem otot artifisial berbasis bahan cair metanol sehingga robot dapat bergerak tanpa harus menggunakan baterai. 

Kerennya lagi, otot artifisial berbasis metanol ini memiliki daya 10 kali lebih banyak dibandingkan baterai dengan masa yang sama. Selain memiliki bobot yang ringan, robot ini tetap sanggup merangkak dan memanjat dalam berbagai jenis medan seperti halus dan kasar. RoBeetle juga dapat membawa beban di punggung selama 2 jam dengan beban 2,6 kali lipat dari beratnya. 

Jika robot ini berhasil disempurnakan, RoBeetle dapat digunakan untuk berbagai hal. Peneliti dapat memakainya untuk misi penyelamatan setelah bencana, pendeteksi kondisi lingkungan, penyerbukan buatan, dan masih banyak lagi. 

 

 

 

Sumber: Bluewaterhealthyliving.com

Photo by Pierre Bamin on Unsplash

 

Browse blog by tag

Back To Top