sharpnel_content
Resmi Meluncur, Ketahui Fakta-Fakta Windows 11 Berikut Ini

News 28 Mar 2022


Resmi Meluncur, Ketahui Fakta-Fakta Windows 11 Berikut Ini

Share

Windows 11 sudah resmi meluncur sejak beberapa bulan lalu. Para pengguna laptop Windows pun ada yang kebagian upgrade gratis dari Windows 10 ke Windows 11. Kabarnya, OS Windows 11 ini laris manis di pasaran.

Apakah benar demikian?

Sejak pertama kali diluncurkan ke publik, adopsi Windows 11 dikabarkan dua kali lebih cepat dibanding pendahulunya yaitu Windows 10. Chief Product Officer Panos Panay menyatakan antusiasme pengguna Windows untuk upgrade ke Windows 11 adalah dua kali lipat dibanding dulu ketika Windows 10 meluncur.

Meski begitu, Panay tak menjelaskan angka spesifik peminat upgrade ke Windows 11 tersebut. Panay menambahkan bahwa Windows 11 memperoleh skor kualitas dan tingkat kepuasan pengguna tertinggi bila dibandingkan dengan Windows pendahulunya.

Akan tetapi, sebelum upgrade OS, ketahui fakta-fakta Windows 11 Berikut Ini:

(1) Sudah Diinstall di 16% PC di Dunia

Meski baru meluncur, ternyata data Januari 2022 menunjukkan ada 16% PC di seluruh dunia yang sudah menginstall Windows 11, lho. Data ini berdasarkan laporan dari AdDuplex, sebuah perusahaan yang menyediakan framework iklan untuk aplikasi di Microsoft Store.

Padahal November 2021 menunjukkan baru ada 8,6% PC di seluruh dunia yang menginstall Windows 11. Dalam kurun waktu dua bulan saja sudah ada kenaikan dua kali lipat. Adapun Windows 11 secara resmi dirilis mulai Oktober 2021.

Data tersebut didapat dari 60.000 PC Windows 10 dan Windows 11 yang menjalankan aplikasi yang berisikan AdDuplex SDK versi 2.

(2) Punya Tampilan Lebih Segar

Mengusung nuansa warna biru, tampilan Windows 11 kini lebih segar dan terasa lebih elegan. Font dengan efek shadow yang tidak berlebihan membuatnya seperti huruf timbul, tapi tidak norak.

Ikon-ikon bawaan pun kini tak lagi ditaruh rata kiri, tapi ditaruh di tengah (centered). Penataan ikon di space bar yang centered ini mengingatkan kita pada IOS, tapi Windows 11 masih tetap punya kekhasan sendiri yaitu dengan mengijinkan pengguna untuk mengatur Start Menu ke pinggir jika pengguna tidak mau di tengah.

(3) Slogan Create, Connect, Play

Windows 11 punya slogan Create, Connect, Play yang kurang lebih untuk mengakomodasi semua kebutuhan pengguna, entah itu bisnis, entertainment, maupun games. Artinya, Anda yang sering menggunakan laptop untuk kebutuhan bisnis, untuk bermain game, maupun untuk hiburan semata, Windows 11 punya fitur-fitur dan fungsi yang bisa memberikan pengalaman lebih baik untuk semua kebutuhan tersebut.

(4) Multitasking

Layar Windows 11 bisa multitasking, alias menampilkan beberapa aplikasi dalam satu layar sekaligus. Mengetik sembari melakukan panggilan video? Sekarang amat mungkin. Tak hanya dua aplikasi multitask, tapi Windows 11 menyediakan beberapa opsi untuk multitasking.

(5) Personalized Feed dengan Widget

Kemudian, Anda bisa mempersonalisasikan feed Anda dengan widget yang disediakan Windows 11. Taruh aplikasi yang penting untuk Anda di feed, seperti email, informasi cuaca, kalender, portal berita, dan lain sebagainya. Cukup lihat satu feed untuk mendapatkan semua informasi yang Anda perlukan secara bersamaan.

(6) Input yang Lengkap

Windows 11 menyediakan beberapa input yang bisa Anda pilih sesuka hati. Baik itu dengan pengetikan keyboard, keyboard touch, voice typing, mouse click, atau menulis dengan tangan, semua bisa Anda dapatkan. Untuk opsi penulisan tangan, tentunya perangkat Anda harus mendukung layar sentuh.

(7) Pengalaman Gaming yang Luar Biasa

Untuk Anda yang suka gaming, Windows11 menawarkan pengalaman yang jauh lebih baik melalui DirectX 12 Ultimate, Auto HDR, dan Xbox Game Pass.

(8) Microsoft Store Terbaru

Windows 11 juga turut memperbarui tampilan dan fungsi Microsoft Store-nya. Kini, Microsoft Store mendukung Android Apps. Anda yang ingin menginstall TikTok apps (Android) di PC Windows, sekarang sangat bisa!

Untuk melihat seperti apa tampilan Windows 11, lihat video YouTube Windows 11 berikut ini:

Nah, apakah laptop Anda kebagian upgrade gratis dari Windows 10 ke Windows 11? Tak semua perangkat mendapatkan kesempatan ini, lho. Setidaknya perangkat laptop Anda harus memenuhi syarat minimal spesifikasi. Untuk tahu itu, install PC Health Check untuk tahu apakah laptop Anda memenuhi syarat minimal sistem untuk upgrade ke Windows 11.

Referensi: tekno.kompas.com
Photo by Windows on Unsplash

Browse blog by tag

Back To Top