sharpnel_content
Rebranding Facebook Inc ke Meta Platform Inc, Apa Alasannya?

News 11 Nov 2021


Rebranding Facebook Inc ke Meta Platform Inc, Apa Alasannya?

Share

Dunia dibuat geger dengan perubahan nama Facebook Inc ke Meta Platform Inc! Dengan brand yang sudah mengakar dan mendarah daging ini, mengapa Mark Zuckerberg nekat mengubahnya? Anda pun pasti dibuat mati penasaran dengan alasan di balik rebranding Facebook Inc ke Meta Platform Inc, bukan? 

Untuk itu, kami akan membeberkan alasan kuat yang melatarbelakangi keputusan berat orang terkaya kelima di dunia versi Bloomberg Billionaire index ini. 

 

(1) Rebranding Sesuai dengan Visi Teranyar

Salah satu ciri khas perusahaan sukses adalah mereka tidak takut dengan perubahan dan inilah yang tengah dilakukan oleh Meta Platform Inc. Setelah memiliki visi baru berupa pembangunan metaverse, mereka tidak sungkan untuk rebranding ke nama yang baru. Nama perusahaan yang awalnya Facebook Inc diubah menjadi Meta Platform Inc sejak 28 Oktober 2021. 

Perubahan brand ini bukanlah sebuah keputusan yang mudah. Pasalnya, brand Facebook Inc yang dirilis pada tahun 2004 silam sudah begitu dikenal luas. Namun, Facebook Inc tidak ragu untuk mengganti brand yang sudah dibangunnya bertahun-tahun agar dapat merealisasikan visi terbarunya.  

Lantas, apa itu metaverse dan mengapa Facebook Inc begitu fokus pada platform ini? Metaverse adalah sebuah platform di mana orang dapat berkomunikasi, bermain game, sampai bekerja secara virtual dengan memanfaatkan headset Virtual Reality (VR). 

Usut punya usut, metaverse diprediksi akan menjadi platform dunia virtual masa depan yang jauh lebih interaktif dari platform media sosial saat ini. Dengan demikian, Meta Platform Inc pun sudah selangkah lebih maju dari platform lainnya. 

 

(2) Ingin Melunturkan Image Jejaring Sosial “Facebook” yang Terlalu Kental

Tak bisa dimungkiri, image jejaring sosial memang begitu melekat pada Facebook Inc. Setiap kali kita mendengar Facebook Inc, pikiran kita akan digiring pada platform media sosial dengan ciri khas berwarna biru. Faktanya, Facebook Inc adalah nama perusahaan yang menaungi Facebook. Jadi, Facebook adalah brand produk dari perusahaan Facebook Inc.  

Namun, kenyataannya masih banyak orang yang menganggap Facebook Inc sebagai platform media sosial. Nah, image inilah yang ingin dihapus oleh Meta Platform Inc. Pasalnya, Meta Platform Inc bukanlah semata-mata perusahaan jejaring sosial saja, lho. Meta Platform Inc adalah sebuah perusahaan metaverse

Dikutip dari Kompas.com, Mark Zuckerberg mengakui bahwa mengubah nama adalah satu-satunya cara untuk melunturkan image perusahaan jejaring sosial. Terlebih lagi, Facebook Inc juga cukup identik dengan nama salah satu produknya yaitu Facebook. Mark Zuckerberg pun ingin menghapus keterkaitan antara Meta Platform Inc dengan spesifikasi produk media sosialnya. 

 

(3) Agar User Tidak Kebingungan Lagi

Kesamaan antara nama perusahaan dan produk sering kali membuat pengguna setia Meta Platform Inc kebingungan. Contohnya adalah proses login pada produk Meta Platform Inc yaitu Oculus Quest VR (produk Quest). User Oculus Quest VR harus login dengan menggunakan akun Facebook agar dapat menggunakan device headset Quest.

Awalnya, Meta Platform Inc ingin menyeragamkan teknis login dengan menggunakan akun Facebook agar adanya kesamaan identitas perusahaan pada produk Meta. Akan tetapi, keseragaman ini memiliki kekurangan yang harus dibayar. 

Masalah akan muncul apabila akun Facebook dihapus. Apakah user masih dapat login ke Quest? Jika akun Facebook terhubung ke akun produk Meta lainnya, apakah datanya juga akan turut dibagikan? 

Untuk menghapus kebingungan dan kekhawatiran ini, Mark Zuckerberg pun mengganti nama perusahaan. Ke depannya semua produk Meta Platform Inc akan memiliki proses login yang terpisah.  Anda akan memiliki satu akun pada setiap produk Meta. 

Inilah tiga alasan utama rebranding Facebook Inc ke Meta Platform Inc. Meskipun nama perusahaan diubah, struktur perusahaan tetaplah sama. Untuk merealisasikan visinya, Meta Platform Inc pun membuka lapangan kerja di Uni Eropa, lho. Mari kita lihat sejauh mana rebranding ini berkontribusi pada kemajuan Meta Platform Inc. 

 

Sumber: 

  1. Tekno.kompas.com
  2. Cnbcindonesia.com

Background photo created by freepik – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top