Pandemi COVID-19 membuat Amazon berpikir keras dalam menyediakan layanan yang sesuai dengan kebutuhan konsumennya. Melihat adanya pembatasan sosial besar-besaran di dunia, Amazon mencoba peruntungan dengan menawarkan acara virtual melalui Platform Amazon.
Jika di luar sana banyak sekali kelas dan tour virtual gratis, mengapa kita tetap harus memilih penawaran dari Amazon ini? Usut punya usut, Amazon menggunakan platform Explore yang membuat tour, belanja, dan kelas online terasa lebih nyata!
Platform Explore ini berbasis video stream satu arah yang akan dipandu oleh pengajar, tour guide, dan lainnya sesuai dengan layanan yang dipilih. Para pengajar dan pemandu ini akan berasal dari perusahaan travel kenamaan, seperti Bamba, Essence of Berlin, dan Intrepid Urban Adventures.
Nantinya, konsumen tidak akan hanya pasif melihat dan mendengarkan saja, lho. Meskipun untuk video berkonsep one-way, tetapi untuk audionya bisa two-way sehingga pengguna bisa melakukan tanya-jawab dan menyampaikan permintaan khusus pada host.
Dengan adanya platform Explore, pengguna benar-benar diajak untuk mengeksplorasi tempat-tempat yang mereka inginkan. Selain itu, pilihan pelayanannya pun cukup banyak. Selain belajar dan tour, pengguna bisa mengikuti virtual shopping dan benar-benar berbelanja.
Pengguna dapat mengikuti virtual shopping di Ridgeland dengan biaya 10 dollar untuk tour selama 40 menit. Jika tidak, pengguna dapat mengikuti kelas memasak bagel dengan biaya 129 dolar. Keputusan Amazon untuk merilis acara virtual dinilai sebagai sebuah langkah cerdas.
Sejak awal tahun 2020, sudah banyak bisnis pariwisata yang mengeluhkan penurunan kunjungan dan pemasukan. Acara virtual seperti ini dinilai sebagai sebuah langkah cerdas untuk meningkatkan gairah berlibur masyarakat.
Meskipun tidak bisa keluar rumah atau bepergian ke luar negeri, pelanggan dapat jalan-jalan, belanja, bahkan belajar memasak dengan bergabung dalam platform Explore. Saat ini ada sekitar 86-an acara virtual yang digelar di 16 negara yang dapat dipilih, lho.
Konsumen dapat mengunjungi situs Amazon.com untuk melihat detail acara virtual dan mencari yang sesuai dengan selera konsumen. Untuk cara pemesanan, konsumen hanya perlu mengakses Amazon.com dan memilih acara virtual yang diinginkan. Setelah itu, pengguna dapat memilih tanggal dan session yang dikehendaki.
Sayangnya, acara virtual ini hanya bisa diakses dengan menggunakan desktop. Pengguna tidak dapat mengaksesnya dari smartphone dan tablet. Namun, pengguna masih bisa memakai mobile untuk melakukan pemesan acara tour saja.
Sumber: Theverge.com
Photo by Christian Wiediger on Unsplash
Back To Top