sharpnel_content
Python Kalahkan Java sebagai Bahasa Pemrograman Terpopuler Kedua di Dunia

News 03 Des 2020


Python Kalahkan Java sebagai Bahasa Pemrograman Terpopuler Kedua di Dunia

Share

Bahasa pemrograman Python baru saja mencetak sejarah dalam index TIOBE November 2020. Untuk pertama kalinya dalam 20 tahun, Python berhasil mengalahkan Java sebagai bahasa pemrograman terpopuler kedua di dunia. Sebelumnya, Index TIOBE Oktober 2020 menunjukan bahwa Java menempati posisi kedua dan C pada posisi pertama. 

Akan tetapi, kondisi ini berubah satu bulan sesudahnya. Python yang memiliki branding sebagai bahasa pemrograman yang mudah untuk digunakan ini akhirnya meraih popularitas.  Apakah Anda bisa menebak alasan di balik meningkatnya ranking popularitas bahasa pemrograman Python?

 

Apakah Alasan di Balik Kepopuleran Python?

CEO TIOBE, Paul Jansen pun membeberkan pendapatnya terkait fenomena langka ini. Menurut Jansen, peningkatan popularitas ini berkaitan dengan meningkatnya kebutuhan akan software programmer

Dengan adanya pademi COVID-19, banyak perusahaan yang mendigitalisasi bisnisnya. Dengan demikian, kebutuhan akan software programmer pun makin meningkat pesat. Sayangnya, kondisi ini tidak diikuti dengan banyaknya software programmer dengan kemampuan yang mumpuni. 

Dengan keterbatasan SDM, non-software programmer pun menjadi pilihan alternatif. Untuk membantu pekerjaan non-software programmer, Python adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, bahasa pemrograman ini menawarkan segala sesuatu yang non-software programmer butuhkan. 

Python lebih sederhana dari Java sehingga dapat dioperasikan oleh non-software programmer. Selain itu, bahasa pemrograman ini juga memiliki kapabilitas selevel Java dan deployment yang mulus. 

Selain teori dari Jasen, ada juga pendapat lain yang laik untuk disimak. Menurut pihak ini, popularitas Python berkaitan erat dengan meningkatnya popularitas teknologi yang memakai Python, seperti AI, data mining, numerical computing, dan lainnya.   

Inilah beberapa teori mengapa Python makin populer dan digunakan para programmer. Kalau Anda, lebih nyaman menggunakan Python atau Java? 

 

Sumber: techrepublic.com

Photo by Riku Lu on Unsplash

 

Browse blog by tag

Back To Top