sharpnel_content
Perusahaan Gas Negara Manfaatkan IoT untuk Tingkatkan Efisiensi

News 22 Feb 2021


Perusahaan Gas Negara Manfaatkan IoT untuk Tingkatkan Efisiensi

IoT
Share

Pemerintah semakin menggiatkan penerapan teknologi 4.0 dalam badan-badan yang dikelolanya. Kini, ada PGN (PT Perusahaan Gas Negara Tbk) yang memanfaatkan teknologi IoT untuk meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan bisnisnya.

PT PGN merupakan subholding gas dan bagian dari holding migas Pertamina. PT PGN mengelola 96% infrastruktur gas bumi. Terbayang bukan betapa besarnya tugas yang diemban oleh PT PGN dalam mengelola pasokan dan distribusi gas ke seluruh masyarakat di Indonesia.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan kualitas layanan dari perusahaan, PT PGN mengadopsi teknologi smart utility yang berkelanjutan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan layanan gas bumi. Smart utility yang digunakan berbasis teknologi 4.0 serta dinilai cukup canggih dan handal untuk memastikan gas yang disalurkan terjaga kontinuitas, kuantitas, dan kualitasnya.

Dukungan Teknologi untuk Tingkatkan Kehandalan dan Usia Kerja Infrastruktur

Direktur Infrastruktur dan Teknologi PT PGN Tbk, Redy Ferryanto mengungkapkan bahwa ada banyak aset PGN yang usianya sudah cukup tua. Kemudian, jaringan fiber optic PGN di sepanjang pulau Jawa sampai Singapura merupakan nadi teknologi smart utility PGN untuk keperluan maintenance dan pengelolaan aset transmisi, yang harapannya dapat dikembangkan ke seluruh nusantara.

Teknologi smart utility juga cukup canggih dan handal ketika dimanfaatkan untuk keperluan maintenance infrastruktur pipa yang letaknya di tengah hutan atau di bawah laut dan sulit dijangkau dengan cara biasa.

Penggunaan teknologi 4.0 juga semakin ditingkatkan untuk keperluan konversi gas bumi, penyaluran gas bumi tanpa pipa, eksplorasi sumber gas alternatif, dan menciptakan layanan dan produk yang relevan dengan kebutuhan pelanggan.

Manfaatkan IoT dan Big Data Agar Semakin Bersaing

Melalui program barunya, yaitu Sapta PGN, perseroan berusaha memanfaatkan IoT dan Big Data agar semakin mampu bersaing di bisnis gas bumi. 

Bertambahnya pelanggan baru PGN di berbagai wilayah di Indonesia mendorong perseroan untuk terus mengembangkan teknologi dalam berbagai sisi. 

Salah satunya adalah Automatic Meter Reader (AMR) yang digunakan untuk menggantikan input data pemakaian gas secara manual bagi pelanggan industri, komersial, dan pembangkit listrik. Teknologi AMR ini mengatasi masalah-masalah seperti pemborosan listrik, pencatatan menggunakan model GPRS, serta ketidakhandalan sistem.

AMR memiliki fitur power saver untuk menghemat daya, remote monitoring untuk pengawasan jarak jauh, dan modem efisien. 

Selain teknologi-teknologi di atas, masih banyak lagi teknologi yang digunakan PT PGN untuk mengelola dan mendistribusikan gas negara kepada masyarakat. Penggunaan teknologi 4.0 seperti smart utility merupakan pondasi utama PGN untuk mencapai keberhasilan pemanfaatan gas bumi di seluruh sektor.

AsiaQuest Indonesia merupakan perusahaan konsultan IT terkemuka dan terpercaya di Indonesia yang telah berpengalaman dalam pembuatan website, websystem, mobile app development, dsb. Kini kami merambah layanan IoT untuk mendukung transformasi digital di Indonesia. Kunjungi Service untuk melihat layanan yang kami berikan.

Sumber: 

Photo by Pixabay from Pexels

Browse blog by tag

Back To Top