sharpnel_content
Perbedaan Web Developer dan Web Designer

News 25 Nov 2021


Perbedaan Web Developer dan Web Designer

Share

Meskipun sama-sama memiliki role dalam proyek web development, web developer dan web designer memiliki peran yang sangat berbeda, lho. Jika diibaratkan sebuah proyek pembangunan gedung, web designer adalah arsiteknya. Sementara itu, web developer adalah tim kontraktornya. Nah, Anda pasti sudah memiliki sedikit gambaran tentang perbedaan web developer dan web designer dari perumpamaan sederhana ini, bukan? 

Untuk mengetahui perbedaannya dengan lebih jelas lagi, kita harus memahami pengertian web developer dan web designer. Mengutip dari elementor.com, web designer adalah seseorang yang bertugas untuk mendesain tampilan, layout, dan usability suatu website. Jadi, web designer harus memikirkan cara untuk mempercantik visual website

Web designer ini dibagi lagi menjadi dua tipe yaitu UX designer dan UI designer.

  1. UX designer: desainer yang lebih fokus pada sisi user ketika membuat sebuah tampilan website. Apakah website tersebut nyaman digunakan? Apakah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan user? Apakah website sudah memberikan pengalaman pengguna yang berbeda?
  2. UI designer: desainer yang fokus pada user interface atau style dari website, seperti navigasi, typography, warna, logo, dan lainnya. UI ini masih bagian dari UX. 

Sampai di sini, apakah Anda sudah memahami tugas web designer? Setelah dibuat oleh web designer, desain tersebut akan dikembangkan oleh web developer

 

Tugas Web Developer

Web developer adalah seseorang yang bertugas untuk mengembangkan suatu website yang telah dirancang web designer. Lalu, bagaimana cara mengembangkannya? 

Developer akan menggunakan bahasa pemrograman (coding) untuk merealisasikan desain dari desainer, seperti Python, HTML,C+, JavaScript, dan lainnya. Untuk detail bahasa pemrograman, silakan baca selengkapnya di “5 Bahasa Pemrograman yang Harus Dikuasai Web Developer”. 

Tugas utama dari web developer adalah membuat website dapat berfungsi dan berjalan dengan lancar dan baik. Nantinya, mereka juga bertanggung jawab untuk maintenance website dan mengatasi segala permasalahan atau error yang muncul ketika beroperasi. 

Inilah perbedaan web developer dan web designer. Kini, Anda pasti tidak akan kesulitan untuk membedakannya lagi, bukan? 

 

Sumber: Elementor.com

Photo by Nathan da Silva on Unsplash 

 

Browse blog by tag

Back To Top