sharpnel_content
Perbedaan Landing Page dan Homepage

News 06 Okt 2021


Perbedaan Landing Page dan Homepage

Share

Ada perbedaan mendasar antara landing page dengan homepage, yaitu perbedaan maksud dan tujuan dibalik keduanya.

Homepage adalah bagian dari website yang mengatur keseluruhan tahapan di website

Landing page adalah sebuah halaman web yang memungkinkan pengunjung meraih maksud dan tujuan tertentu yang sangat spesifik

Perbedaan Landing Page dan Homepage

Homepage

  1. Menjadi pusat bagi keseluruhan situs Anda, di dalamnya terdapat logo perusahaan, dan pengunjung bisa dengan mudah menavigasi ke halaman-halaman lain di situs Anda.
  2. Memberikan gambaran menyeluruh mengenai bisnis yang Anda kelola. Artinya, ketika pengunjung sampai ke Homepage, mereka bisa segera tahu Anda bergerak di bisnis apa, apa yang Anda jual, layanan apa yang Anda berikan, dsb. Selain itu, Homepage juga harus bisa membuat pengunjung tertarik untuk menjelajahi halaman-halaman lain di website Anda demi mendapatkan informasi lebih lengkap.
  3. Homepage harus memuat tautan ke halaman lain di website. Ini masih berkaitan dengan poin nomor 2 dimana Homepage harus memuat konten yang menarik pengunjung untuk mengakses halaman-halaman lain. Artinya, Anda harus menaruh link ke halaman-halaman lain di Homepage.
  4. Homepage juga harus bisa menginformasikan ke pengunjung bagaimana cara untuk menghubungi Anda. Anda bisa menaruh kolom khusus di Homepage berisikan nomor telepon, nomor WhatsApp, atau tautan ke laman sosial media Anda.

Dengan demikian, pengunjung tidak harus mencapai sesuatu gol yang spesifik ketika mengakses Homepage. Alih-alih gol spesifik, pengunjung bisa saja mendapatkan banyak hal ketika mengakses Homepage, misalnya informasi, pengetahuan, alamat dan kontak, dsb.

Landing Page

  1. Landing page didesain sedemikian rupa untuk menerima trafik pengunjung dari klik iklan di Google ataupun dari email. Sehingga, landing page harus menjelaskan lebih detail mengenai informasi yang ditampilkan di iklan.
  2. Landing page harus punya elemen Call To Action yang kuat. Landing page punya tujuan sangat spesifik misalnya mendaftar newsletter, meminta quote gratis, mendaftar webinar, dsb. Maka dari itu, landing page harus memuat elemen CTA yang jelas dan spesifik.
  3. Landing page juga harus berfokus pada satu penawaran sehingga ia tidak boleh memuat banyak hal seperti Homepage. Maka dari itu, fokuslah pada satu hal yang ingin dicapai dan hindari menampilkan terlalu banyak hal agar tidak terjadi distraksi.
  4. Landing page juga umumnya tidak punya banyak navigasi seperti yang dipunya Homepage. Ini bertujuan untuk mencegah pengunjung keluar dari halaman sebelum mencapai CTA.
  5. Landing page juga tidak bertujuan untuk menjadikan pengunjung sebagai pengunjung setia. Landing page biasanya hanya bersifat sementara yang digunakan untuk kampanye pemasaran tertentu.

Sekarang, setelah Anda mengetahui apa perbedaan Homepage dan landing page, Anda tahu mana yang harus Anda buat.

Kalau Anda ingin membuat halaman web yang memuat informasi bisnis, kontak, alamat kantor, maka Anda harus membuat website dengan Homepage di dalamnya.

Tapi kalau Anda ingin membuat halaman web untuk menjual produk, menjual layanan, mendapatkan lead, mendapatkan nomor telepon atau email pengunjung, maka Anda sebaiknya membuat landing page. Landing page ini juga biasanya akan diiklankan melalui platform Google Ads, Facebook Ads, Twitter, Ads, dsb untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung.

Baik Homepage dan landing page harus didesain sedemikian rupa agar tercapai gol yang diinginkan. Anda mungkin membutuhkan konsultan IT profesional yang berpengalaman dalam hal pengembangan website maupun landing page. Kabar baiknya, AsiaQuest Indonesia sangat berpengalaman dalam hal ini.

AsiaQuest Indonesia juga berpengalaman dalam hal digital marketing. Kami akan memastikan website maupun landing page yang dikembangkan memenuhi syarat-syarat standar SEO dan bahkan mengoptimasinya agar mendapatkan lebih banyak trafik pengunjung.

Hubungi Asiaquest Indonesia untuk informasi lebih lanjut.

Referensi:

www.digitalstrike.com
Man photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top