sharpnel_content
Peranan AI dalam Web development

News 28 Des 2020


Peranan AI dalam Web development

AI
Share

AI (Artificial Intelligence) memegang peranan penting dalam beberapa tahun belakangan. Di tahun 2020 dimana pandemi COVID19 melanda, AI tidak kehilangan momentum dan justru semakin meningkat penggunaannya. AI bukan hanya ada di film-film fiksi ilmiah karena sekarang ia hadir di kehidupan kita secara nyata.

Dalam web development, AI juga punya peranan penting, salah satunya ialah dalam meningkatkan pengalaman pengguna (user experience). Pengalaman pengguna yang buruk akan berakibat buruk pada website sehingga para web developer menaruh perhatian mendalam pada hal ini. 

User experience atau pengalaman pengguna merupakan bagian vital dalam web development. Sebuah situs haruslah ramah pengguna (user friendly) sehingga user bisa menemukan apa yang ia cari dalam sebuah website dalam hitungan detik.

AI mampu meningkatkan user experience melalui fitur-fitur terbaru di dunia web development, seperti chatbot, desain web, strategi marketing, dsb. 

AI dalam Desain Web

AI bisa membantu pekerjaan web developer untuk menciptakan website dengan user experience yang baik. Perusahaan web development saat ini mengandalkan AI untuk membantu mereka menemukan desain web yang secara penuh dikustomisasi agar sesuai dengan kebutuhan user mereka.

AI dalam Chatbot

Kemudian ada chatbot yang secara khusus telah membantu tugas customer service dalam melayani pengguna. Chatbot bisa diprogram sedemikian rupa agar bisa mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh pelanggan. Kecepatan chatbot dalam mengatasi permasalahan pelanggan juga menjadi pertimbangan utama.

AI dalam Personalized Content

Personalized content atau konten yang disesuaikan secara personal. Contoh paling dekat adalah YouTube. YouTube mengumpulkan data pengguna, seperti Riwayat menonton untuk mencari tahu materi apa yang disukai penggunanya. 

Data-data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan AI untuk memberikan rekomendasi musik, video, atau konten relevan lainnya yang sesuai dengan preferensi pengguna.

AI dalam Asisten Virtual (Virtual Assistant)

Asisten virtual menyederhanakan kerja-kerja dalam web development yang berkaitan dengan layout, desain template, dan konten yang dipersonalisasi. Perbankan di Indonesia telah memanfaatkan AI dalam membuat asisten virtual, seperti MITA (Mandiri Virtual Asistant), CINTA (BNI Chat Virtual Asistant), VIRA BCA, dsb.

Sekarang ini, pekerjaan web developer memang masih banyak, tapi sedikit demi sedikit AI akan mengambil alih beberapa pekerjaan yang biasa dikerjakan manusia. Meskipun begitu, web developer masih dibutuhkan terutama untuk memeriksa apakah semua sistem berjalan lancar sesuai yang diharapkan.

Referensi: analyticsinsight.net

Browse blog by tag

Back To Top