sharpnel_content
Pentingnya Adopsi IoT di Daerah-Daerah di Indonesia

News 08 Jul 2021


Pentingnya Adopsi IoT di Daerah-Daerah di Indonesia

IoT
Share

Internet of Things (IoT) semakin menjamur di Indonesia. Kini masyarakat bisa menemui perangkat IoT tak hanya sebatas di kota-kota besar karena perangkat IoT sudah masuk ke daerah-daerah di Indonesia.

Salah satu produsen peralatan elektronik rumah tangga, Modena, sudah mulai memasarkan peralatan rumah tangga berteknologi IoT ke daerah-daerah. Dengan teknologi IoT, pelanggan bisa mengendalikan peralatan rumah tangga dari smartphone. Mulai dari pemanas air, island hood, vacuum cleaner, hingga penjernih udara (air purifier) kini dilengkapi teknologi IoT dan bisa dikendalikan dari jarak jauh menggunakan smartphone.

Keuntungan Menggunakan Peralatan Rumah Tangga dengan Teknologi IoT

Salah satu fitur utama IoT adalah ia bisa dikendalikan dari jarak jauh menggunakan smartphone. Tentu ini menjadi menguntungkan manakala pemilik rumah lupa mematikan AC, maupun peralatan elektronik rumah lainnya. Pemilik rumah bisa langsung mematikan peralatan elektroniknya dari jarak jauh.

Pada prinsipnya, rumah dengan peralatan IoT setidaknya harus memiliki jaringan wifi. Perangkat-perangkat elektronik ber IoT ini akan terkoneksikan dengan jaringan wifi, sehingga dimanapun pemilik rumah berada, asalkan terkoneksi dengan jaringan internet, dia akan bisa mengendalikan perangkat IoT dari jarak jauh.

Pengendalian ini tak sekedar mematikan perangkat, ia bisa menyalakan perangkat, mengatur suhu (untuk AC, pemanas air, dsb). Bayangkan bila ketika pulang ke rumah, sedari perjalanan Anda sudah bisa menyalakan pemanas air untuk mandi. Ketika Anda sampai rumah, air panas sudah siap digunakan. Inilah contoh mudahnya penggunaan IoT.

Ada juga mode pengoperasian otomatis untuk perangkat-perangkat elektronik tersebut. Misalnya saja, Anda terbiasa mandi pukul 7 pagi dan 7 malam, maka smartphone bisa menginstruksikan perangkat IoT untuk menyalakan pemanas air agar menyala di waktu-waktu tersebut.

Kalau Anda capek harus membuka smartphone terus menerus kala mengendalikan perangkat IoT, Anda bisa mengombinasikannya dengan Google Home maupun Amazon Echo. Melalui dua perangkat ini, Anda bisa memerintahkan perangkat untuk bekerja hanya dengan pesan suara. Persis ketika meminta orang untuk melakukan sesuatu untuk Anda.

Sekarang ini perangkat IoT bisa dengan mudah kita temui di kota-kota besar, akan tetapi daerah-daerah sekarang semakin meminati perangkat IoT. Dengan bertambahnya koneksi internet di daerah-daerah, tentu pengoperasian perangkat IoT akan semakin mudah sehingga semakin banyak pula perangkat IoT yang bisa ditemui di daerah-daerah.


AsiaQuest Indonesia Dukung Pengembangan IoT di Indonesia

AsiaQuest Indonesia adalah perusahaan konsultan IT terpercaya di Indonesia. Selama bertahun-tahun, AsiaQuest Indonesia telah melayani ratusan klien dalam bidang pengembangan website, web system, aplikasi mobile, internet marketing, dan transformasi digital.

Terbaru, AsiaQuest Indonesia merambah bisnis IoT dan siap menjadi partner strategis bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia. Dengan teknologi yang berstandar Jepang, AsiaQuest Indonesia berkomitmen untuk memberikan layanan dan output yang berkualitas tinggi. Hubungi AsiaQuest Indonesia untuk informasi lebih lanjut. 

Sumber:

tekno.sindonews.com
Heart photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top