sharpnel_content
Pengertian Polling Twitter dan Cara Membuatnya

News 13 Des 2022


Pengertian Polling Twitter dan Cara Membuatnya

Share

Bukan Elon Musk namanya kalau dia gagal memenuhi ekspektasi kita. Sejak Twitter berada di bawah kendalinya, Elon Musk langsung saja membuat gebrakan. Jika sebelumnya, Twitter membatasi kebebasan berpendapat, Elon Musk memberedel kebijakan tersebut. Dia bahkan meluncurkan fitur Twitter Poll (polling Twitter). Apa itu pengertian polling Twitter dan bagaimana cara kerjanya? Ikuti panduan membuat polling Twitter secara mudah berikut ini. 

 

Apa Itu Polling Twitter? 

Pengertian polling Twitter adalah fitur polling untuk mengetahui dan mengukur pendapat user terhadap suatu topik tertentu. Fitur ini pun dapat dimanfaatkan untuk mengetahui feedback kepuasan produk (bisnis), kandidat pencalonan (politik), sampai polling polularitas lainnya. 

Dibanding dengan fitur polling lainnya, polling Twitter tentu hadir dengan lebih banyak keunggulan. Nantinya, user dapat mengisi polling tanpa harus mengisi form ataupun dialihkan ke situs lain. Bonusnya, user dapat mengetahui hasil polling secara realtime setelah selesai melakukan vote

Dengan begitu, user akan lebih mudah dan praktis untuk menyampaikan pendapatnya. Kalau dari segi bisnis, Anda pun sangat leluasa untuk mengumpulkan data dalam partai besar. 

Misi dari polling Twitter adalah untuk memberikan kebebasan bagi pengguna dalam menyampaikan pendapatnya. Sementara itu, institusi atau bisnis dapat mengumpulkan data secara massal dengan cepat dan praktis. Elon Musk meyakini kalau fitur polling Twitter ini bisa menjadi representatif dari opini publik. 

 

Cara Membuat Polling Twitter secara Mudah 

Langkah 1: Cari Twitter compose box atau pilih tanda “+”. 

Langkah 2: Pilih icon “Add Poll” yang letaknya di baris kanan setelah “GIF”. 

Langkah 3: Pada kolom “ajukan pertanyaan”, isikan pertanyaan untuk polling.

Langkah 4: Pada “Pilihan 1”, “Pilihan 2”, dan seterusnya masukkan pilihan polling. Setiap opsi hanya dapat diisi maksimal 25 karakter. Jika ingin menambahkan pilihan lain, cukup klik “+” dan Twitter hanya menawarkan sampai empat opsi saja. 

Langkah 5: Atur durasi polling pada kolom “Panjang jajak pendapat”. Durasi polling dibatasi Twitter dengen detail maksimal selama 7 hari dan minimal 5 menit. 

Langkah 6: Klik “Tweet” untuk membagikan polling Anda. 

 

Manfaat Polling Twitter untuk Bisnis 

Fitur polling Twitter tak hanya sekadar untuk mengecek respon publik pada suatu topik tertentu saja, lho. Akan tetapi, Anda dapat memaksimalkannya untuk meningkatkan performa bisnis. 

Dari polling Twitter, Anda dapat mengetahui apa yang dipikirkan konsumen, keinginan mereka, dan tingkah laku mereka. Informasi yang sudah dikumpulkan ini bisa diolah untuk membangun merek perusahaan atau produk Anda. Anda pun dapat membuat produk sesuai dengan keinginan pasar. 

Maka dari itu, setiap pebisnis diharapkan dapat memanfaatkan fitur ini dengan sebaik-baiknya. Selain untuk membangun merek, Anda dapat meracik sebuah produk yang benar-benar dibutuhkan konsumen dan bisa menjadi telinga yang siap mendengarkan permintaan mereka. 

 

Kesimpulan

Perilisan fitur polling Twitter ini bukan tanpa kritikan. Media Amerika, Slate Magazine bahkan memiliki nyali tinggi dengan menyebut fitur ini sebagai “Elon Musk’s dumb Twitter polls”.

Permasalahan utama dari fitur ini adalah akurasi dari hasil voting. Apakah hasil voting ini benar-benar bisa disebut sebagai perwakilan dari opini mayoritas? 

Meskipun akurasi hasil voting polling Twitter ini banyak dipertanyaApa itu pengertian polling Twitter dan bagaimana cara kerjanya? kan oleh media di Amerika, kita tetap bisa memanfaatkannya untuk kepentingan bisnis, lho. Intinya, kita harus pandai-pandai mengambil hal positif dan mengeliminasi hal negatif. 

 

Sumber: 

  1. Washingtonpost.com
  2. Slate.com
  3. Help.twitter.com

Photo by charlesdeluvio on Unsplash

Browse blog by tag

Back To Top