Otoritas Domain adalah sebuah metriks yang digunakan untuk memperhitungkan seberapa besar kemungkinan sebuah domain akan dimunculkan dalam SERP (Search Engine Result Page) bila dibandingkan dengan kompetitor.
Otoritas domain mengukur kemungkinan sebuah domain untuk mendapatkan ranking di SERP. Terkadang otoritas domain juga digunakan untuk mempelajari dan mengevaluasi keberhasilan sebuah strategi digital marketing.
Perlu dicatat bahwa Google tidak menggunakan otoritas domain sebagai faktor dalam perankingan konten. Jadi, otoritas domain tidak akan membuat ranking konten Anda naik. Tapi, otoritas domain ini bisa jadi indikator untuk menunjukkan bagaimana performa website Anda bila dibandingkan dengan kompetitor.
Tools SEO seperti SEMrush dan Moz mengembangkan fitur yang menampilkan metriks skor otoritas domain. SEMrush mengembangkan algoritma yang menggunakan data-data seperti backlink, referring domain, search traffic, dsb untuk menentukan skor otoritas domain.
SEMrush mengukur skor otoritas domain mulai 1 sampai 100. Semakin tinggi angka skor, maka semakin bagus kualitas otoritas domainnya. Sebaliknya, semakin rendah skor artinya Anda punya banyak PR untuk dikerjakan.
Selain SEMrush, Moz juga diketahui mengembangkan tools untuk mengukur skor otoritas domain. Moz menggunakan metriks yang mempertimbangkan kuantitas dan kualitas link yang diterima oleh webpage.
Kalau misal halaman Anda mendapatkan backlink dari halaman lain yang punya otoritas tinggi, misalnya Google, Wikipedia, domain gov, situs majalah dan koran terkenal, maka kemungkinan besar skor otoritas halaman Anda juga akan tinggi.
Ada beberapa cara untuk memeriksa skor otoritas domain dari situs Anda. Ada banyak tools yang tersedia secara gratis maupun berbayar untuk membantu Anda memeriksa skor otoritas domain.
Tools yang dikembangkan pihak ketiga seperti Moz dan SEMrush umumnya berbayar, tapi terkadang mereka memberikan insight secara gratis. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mencoba dan eksplorasi menggunakan tools–tools tersebut dan mencari tahu informasi sejauh apa yang bisa Anda dapatkan.
Ada juga tools untuk memeriksa backlink secara gratis misalnya link explorer. Anda hanya perlu membuat akun untuk mendapatkan hasil pengecekan backlink.
Link explorer memberikan informasi seperti jumlah linking domain unik, jumlah halaman unik yang punya link ke halaman di domain Anda (inbound link), dan jumlah total keyword yang mendapatkan ranking dan berada di posisi 1 – 50 Google Rank, serta beberapa metriks lain.
SEMrush menggunakan teknologi neural network dan machine learning untuk memastikan skor yang mereka tampilkan adalah skor yang akurat dan selalu terbarukan. Dikutip dari SEMrush, berikut adalah cara mereka melakukan penghitungan skor otoritas domain.
a. SEMrush mengembangkan algoritma machine learning yang mampu mengolah data-data pencarian organic, data trafik website, dan data backlink untuk mengetahui ranking dari domain-domain yang paling populer dan paling terpercaya.
b. Algoritma selanjutnya akan menggunakan data backlink untuk mendeteksi bagaimana sebuah situs bisa meningkat dan menurun otoritasnya dengan backlink. Metrik dalam perhitungan ini mencakup:
Salah satu faktor yang dipertimbangkan dalam perhitungan skor otoritas domain adalah backlink. Akan tetapi, Google tidak hanya mempertimbangkan jumlah backlink tapi juga kualitasnya.
Jadi, apabila situs Anda menerima banyak backlink tapi sebagian besar adalah backlink yang sifatnya negatif maka skor otoritas domain akan sulit meningkat. Backlink membuat Google lebih mudah memahami apa yang sedang dibicarakan oleh situs Anda maka dari itu backlink yang Anda terima haruslah yang relevan.
Untuk itu, ikutilah beberapa tips dari hubspot berikut ini mengenai cara-cara membangun otoritas domain yang baik:
Skor otoritas domain memberikan informasi berharga mengenai kondisi keseluruhan domain bila dibandingkan dengan kompetitor. Informasi pada otoritas domain bisa membantu Anda dalam meningkatkan strategi link building.
Dalam audit otoritas domain, biasanya juga disertakan informasi seperti:
Dalam hal ini, informasi di atas membuat Anda mengetahui seberapa besar PR yang harus Anda kerjakan agar bisa tetap relevan dengan kompetisi yang ada. Atau, seberapa menguntungkan potensi bekerja sama dengan domain yang bisa memberikan Anda backlink yang berkualitas.
Selayaknya SEO, membangun otoritas domain bukanlah pekerjaan singkat. Hasilnya pun takkan terlihat secara instan. Untuk itu dibutuhkan kesabaran dan kepercayaan yang kuat bahwa pekerjaan yang Anda lakukan sekarang ini akan membuahkan hasil yang baik di masa depan meskipun Anda belum melihatnya sekarang ini.
Sumber:
Image by pch.vector on Freepik
Back To Top