sharpnel_content
Pengertian Otoritas Domain dalam SEO

News 27 Okt 2022


Pengertian Otoritas Domain dalam SEO

Share

Otoritas Domain adalah sebuah metriks yang digunakan untuk memperhitungkan seberapa besar kemungkinan sebuah domain akan dimunculkan dalam SERP (Search Engine Result Page) bila dibandingkan dengan kompetitor.

Otoritas domain mengukur kemungkinan sebuah domain untuk mendapatkan ranking di SERP. Terkadang otoritas domain juga digunakan untuk mempelajari dan mengevaluasi keberhasilan sebuah strategi digital marketing.

Perlu dicatat bahwa Google tidak menggunakan otoritas domain sebagai faktor dalam perankingan konten. Jadi, otoritas domain tidak akan membuat ranking konten Anda naik. Tapi, otoritas domain ini bisa jadi indikator untuk menunjukkan bagaimana performa website Anda bila dibandingkan dengan kompetitor.

Bagaimana Mengukur Skor Otoritas Domain?

Tools SEO seperti SEMrush dan Moz mengembangkan fitur yang menampilkan metriks skor otoritas domain. SEMrush mengembangkan algoritma yang menggunakan data-data seperti backlink, referring domain, search traffic, dsb untuk menentukan skor otoritas domain.

SEMrush mengukur skor otoritas domain mulai 1 sampai 100. Semakin tinggi angka skor, maka semakin bagus kualitas otoritas domainnya. Sebaliknya, semakin rendah skor artinya Anda punya banyak PR untuk dikerjakan.

Selain SEMrush, Moz juga diketahui mengembangkan tools untuk mengukur skor otoritas domain. Moz menggunakan metriks yang mempertimbangkan kuantitas dan kualitas link yang diterima oleh webpage.

Kalau misal halaman Anda mendapatkan backlink dari halaman lain yang punya otoritas tinggi, misalnya Google, Wikipedia, domain gov, situs majalah dan koran terkenal, maka kemungkinan besar skor otoritas halaman Anda juga akan tinggi.

Bagaimana Cara Memeriksa Skor Otoritas Domain?

Ada beberapa cara untuk memeriksa skor otoritas domain dari situs Anda. Ada banyak tools yang tersedia secara gratis maupun berbayar untuk membantu Anda memeriksa skor otoritas domain.

Tools yang dikembangkan pihak ketiga seperti Moz dan SEMrush umumnya berbayar, tapi terkadang mereka memberikan insight secara gratis. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mencoba dan eksplorasi menggunakan toolstools tersebut dan mencari tahu informasi sejauh apa yang bisa Anda dapatkan.

Ada juga tools untuk memeriksa backlink secara gratis misalnya link explorer. Anda hanya perlu membuat akun untuk mendapatkan hasil pengecekan backlink.

Link explorer memberikan informasi seperti jumlah linking domain unik, jumlah halaman unik yang punya link ke halaman di domain Anda (inbound link), dan jumlah total keyword yang mendapatkan ranking dan berada di posisi 1 – 50 Google Rank, serta beberapa metriks lain.

SEMrush menggunakan teknologi neural network dan machine learning untuk memastikan skor yang mereka tampilkan adalah skor yang akurat dan selalu terbarukan. Dikutip dari SEMrush, berikut adalah cara mereka melakukan penghitungan skor otoritas domain.

a. SEMrush mengembangkan algoritma machine learning yang mampu mengolah data-data pencarian organic, data trafik website, dan data backlink untuk mengetahui ranking dari domain-domain yang paling populer dan paling terpercaya.

b. Algoritma selanjutnya akan menggunakan data backlink untuk mendeteksi bagaimana sebuah situs bisa meningkat dan menurun otoritasnya dengan backlink. Metrik dalam perhitungan ini mencakup:

  1. Jumlah domain referral yang mengarah ke situs.
  2. Otoritas domain dari masing-masing referral.
  3. Follow vs no follow link yang mengarah ke situs (inbound link).
  4. Follow vs no follow link yang mengarah ke luar situs (outbound link).
  5. Jumlah outbound link dari masing-masing domain referral.
  6. Jumlah total dari backlink yang mengarah ke situs.
  7. Jumlah IP referral yang mengarah ke situs.
  8. Jumlah Subnet referral yang mengarah ke situs.

Bagaimana Membangun Skor Otoritas Domain?

Salah satu faktor yang dipertimbangkan dalam perhitungan skor otoritas domain adalah backlink. Akan tetapi, Google tidak hanya mempertimbangkan jumlah backlink tapi juga kualitasnya.

Jadi, apabila situs Anda menerima banyak backlink tapi sebagian besar adalah backlink yang sifatnya negatif maka skor otoritas domain akan sulit meningkat. Backlink membuat Google lebih mudah memahami apa yang sedang dibicarakan oleh situs Anda maka dari itu backlink yang Anda terima haruslah yang relevan.

Untuk itu, ikutilah beberapa tips dari hubspot berikut ini mengenai cara-cara membangun otoritas domain yang baik:

  1. Kualitas di atas kuantitas. Tidak perlu mengejar banyaknya jumlah backlink yang mengarah ke situs Anda, usahakan untuk memprioritaskan kualitas backlink yang tentunya relevan dengan konten Anda.
  2. Analisis backlink. Jangan lupa untuk menganalisis backlink untuk mencari tahu manakah situs-situs dengan link yang mengarah ke domain Anda. Buat daftar situs yang paling menarik dan pastikan backlink tersebut punya do-follow link agar Google bisa mengikuti backlink tersebut.
  3. Konten yang berkualitas. Fokuslah untuk menulis artikel yang berkualitas. Jika orang menemukan bahwa artikel Anda berkualitas maka mereka takkan segan-segan membagikan artikel tersebut. Jadi, artikel yang berkualitas lebih mudah mendapatkan backlink secara alami dan gratis.
  4. Buat konten yang mudah viral. Kalau Anda ingin cepat mendapatkan exposure maka ada cara lain yaitu membuat konten dengan tema yang saat ini tengah viral. Untuk ini Anda dituntut untuk terus update terhadap konten-konten yang tengah viral.
  5. Upgrade konten lama. Identifikasi halaman-halaman di website Anda untuk menemukan konten-konten yang tidak terindeks, atau konten dengan otoritas halaman kecil, kemudian upgrade konten tersebut dengan menambah informasi, menambah konten foto, maupun video pendukung.
  6. Identifikasi kompetitor dan perbandingkan. Analisis hal-hal yang sebaiknya Anda lakukan dan tidak lakukan yang sekiranya bisa membantu Anda untuk meningkatkan visibilitas website. Selain itu cari tahu juga dimana kompetitor Anda mendapatkan backlink dan ukur diri Anda apakah Anda juga bisa mendapatkan backlink dari sumber yang sama?
  7. Bagikan konten Anda. Penting untuk membangun eksistensi perusahaan atau brand di sosial media. Untuk itu, jangan lupa untuk selalu membagikan konten website Anda ke sosial media. Tidak perlu menggunakan semua sosial media yang ada, tapi pilihlah beberapa sosial media yang cocok bisnis yang Anda kelola.

Kegunaan Otoritas Domain dalam SEO

Skor otoritas domain memberikan informasi berharga mengenai kondisi keseluruhan domain bila dibandingkan dengan kompetitor. Informasi pada otoritas domain bisa membantu Anda dalam meningkatkan strategi link building.

Dalam audit otoritas domain, biasanya juga disertakan informasi seperti:

  1. Analisis kompetitor.
  2. Prospek untuk link building.
  3. Domain yang bagus untuk Anda beli backlink-nya.
  4. Melacak impact kampanye SEO dari waktu ke waktu.
  5. Memeriksa SEO yang sifatnya negatif.

Dalam hal ini, informasi di atas membuat Anda mengetahui seberapa besar PR yang harus Anda kerjakan agar bisa tetap relevan dengan kompetisi yang ada. Atau, seberapa menguntungkan potensi bekerja sama dengan domain yang bisa memberikan Anda backlink yang berkualitas.

Selayaknya SEO, membangun otoritas domain bukanlah pekerjaan singkat. Hasilnya pun takkan terlihat secara instan. Untuk itu dibutuhkan kesabaran dan kepercayaan yang kuat bahwa pekerjaan yang Anda lakukan sekarang ini akan membuahkan hasil yang baik di masa depan meskipun Anda belum melihatnya sekarang ini.

Sumber:

  1. What Domain Authority Is (and Isn’t), and How to Increase It
  2. What is Semrush Domain Authority Score and How It Works

Image by pch.vector on Freepik

Browse blog by tag

Back To Top