sharpnel_content
Panduan Membuka Toko di Tokopedia Cepat dan Mudah

News 26 Des 2022


Panduan Membuka Toko di Tokopedia Cepat dan Mudah

Share

Tokopedia dengan penuh percaya diri menjanjikan proses pembukaan toko yang super mudah dalam kurun waktu hanya sekitar 5 menitan saja! Memang, semudah apa sih daftar toko di Tokopedia? Berikut ini pengalaman kami dalam membuka toko di Tokopedia. 

Sebelum kita mulai membuka toko, apakah Anda sudah memiliki akun di Tokopedia? Kalau belum, yuk bikin akun Tokopedia terlebih dahulu. 

 

Cara Membuat Akun Tokopedia 

Anda dapat melakukan pendaftaran akun Tokopedia melalui website atau aplikasi Tokopedia di hape.

Langkah 1:  Jika ingin mendaftar via hp, silakan unduh aplikasi Tokopedia di bawah ini. 

Unduh Aplikasi Tokopedia di Play Store

Unduh Aplikasi Tokopedia di App Store 

Untuk pendaftaran di website, silakan akses www.tokopedia.com berikut. 

Langkah 2: Jika sudah, bukalah website Tokopedia. 

Langkah 3: Cari menu “Daftar” yang terletak di pojok kanan layar. 

Langkah 4: Anda dapat melakukan pendaftaran dengan tiga cara, yaitu menghubungkan dengan akun Google, menggunakan e-mail, atau nomor telepon. Silakan memilih salah satu. 

Langkah 5: Setelah mengisi, klik button “Daftar”. 

Langkah 6: Pilih metode verifikasi yang diinginkan yaitu via no WhatsApp atau e-mail

Langkah 7: Masukkan nomor OTP yang telah dikirimkan. Eits, jangan membagikan informasi OTP karena bersifat rahasia, ya. 

Langkah 8: Mengisi informasi nama lengkap dan kata sandi dengan minimal 8 karakter. 

Langkah 9: Klik  “Selesai”

Anda sudah berhasil mendaftar akun Tokopedia. Kini, Anda bisa lanjut ke tahap selanjutnya. 

 

Membuka Toko di Tokopedia via Laptop 

Langkah 1: Silakan login ke akun Anda. Lalu, cari  menu “Toko” di pojok kanan atas. Klik “Buka Toko bebas”. 

Langkah 2: Isi informasi yang diminta. 

-No.HP: Nomor hape yang Anda gunakan untuk berbisnis dan tersambung dengan WhatsApp. 

-Nama Toko dan Nama Domain: Pilih nama toko yang unik ataupun mudah diingat. Pilih nama domain sesuai nama toko. 

Contoh nama toko: Pink Me Up

Contoh nama domain: www.tokopedia.com/pinkmeup

-Masukkan Alamat Toko: Isi informasi toko secara lengkap, mulai dari nama jalan, blok, RT/RW, kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi, dan kode pos. Terakhir klik “Simpan”. 

Langkah 3: Anda sudah berhasil membuka toko di Tokopedia. 

 

Membuka Toko di Tokopedia di Hape

Langkah 1: Silakan login ke akun Anda. Cari “Menu utama” dengan bentuk icon tiga baris berjajar ke bawah, lalu klik icon tersebut. 

Langkah 2: Anda akan diarahkan ke halaman “Menu utama”. 

Langkah 3: Klik “Mau mulai berbisnis? Buka Toko bebas”. 

Langkah 4: Klik “Buka Toko bebas”. 

Langkah 5: Isikan nama Toko dan Nama Domain. Siapkan nama toko dari awal karena nama ini tidak dapat diubah. Sementara itu, nama domain adalah penamaan tautan (link) toko Anda. 

Contoh nama toko: Pink Me Up

Contoh nama domain: www.tokopedia.com/pinkmeup

Langkah 6: Masukkan alamat toko. Isi informasi toko secara lengkap, mulai dari nama jalan, blok, RT/RW, kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi, dan kode pos. Terakhir klik “Simpan”. 

Langkah 7: Selamat! Anda sudah berhasil membuka toko di Tokopedia. 

 

Mencoba Pengaturan Toko di Tokopedia

Selanjutnya, Anda dapat menggunakan beberapa fitur Tokopedia agar toko online makin menarik dan terpercaya. Apa saja jenis pengaturan yang perlu kita lakukan? 

a. Menambahkan Deskripsi Toko

Tambahkan deskripsi toko yang menjelaskan identitas toko Anda. Dengan membaca deskripsi toko, pembeli akan mengetahui produk atau jasa apa saja yang akan Anda layani. 

Belajar dari Toko GoTo, Anda dapat memasukkan informasi kapan toko didirikan. Dengan begitu, pembeli mengetahui berapa lama toko Anda telah beroperasi. 

Selain itu, coba perhatikan pada paragraf terakhir deskripsi toko. Paragraf ini berisi informasi berbobot meliputi, jenis produk yang dijual, kondisi produk original atau tidak, lokasi pengiriman, dan jaminan proses belanja yang mudah. 

Tak ayal, pembeli sanggup mengindentifikasi toko Anda dalam sekejap!

 

b. Mengatur Jasa Pengiriman

Tokopedia bekerja sama dengan banyak jasa pengiriman. Silakan memilih jasa pengiriman yang ada di sekitar lokasi Anda. 

Oh, iya, tidak semua jasa pengiriman tersedia di tiap kota, lho. Cek terlebih dahulu, apakah jasa pengiriman di kota Anda melayani tipe pengiriman tertentu, misalnya JNE Reguler dan JNE Hemat. 

Kalau sudah, Anda dapat mencentang jasa pengiriman yang Anda inginkan. Meskipun ada di kota Anda, Anda dapat menonaktifkan jasa pengiriman tertentu karena jaraknya terlalu jauh. Silakan memilih jasa pengiriman yang membuat Anda makin giat dan nyaman membangun bisnis. 

 

c. Mendaftar Gratis Ongkir dan Gratis Ongkir XTRA! 

Fitur bebas ongkir memang menjadi daya pikat utama bagi pembeli untuk melakukan transaksi. So, pastikan Anda mendaftar layanan bebas ongkir. 

Layanan bebas ongkir di Tokopedia terdiri dari dua tipe yaitu bebas ongkir dan bebas ongkir XTRA. Untuk bebas ongkir, Anda hanya perlu menggunggah foto KTP dan foto Anda sambil memegang KTP. Cara pendaftarannya sangat mudah, kok. 

Sementara itu, bebas ongkir XTRA lebih gampang lagi. Anda hanya perlu menekan tombol registrasi. Nantinya, tim Tokopedia akan melakukan verifikasi apakah toko Anda memenuhi syarat untuk fitur bebas ongkir XTRA. 

Lalu, apa perbedaan antara gratis ongkir dan gratis ongkir XTRA? Perbedaannya terletak pada batas minimal pembelanjaan untuk mendapatkan bebas ongkir. Untuk bebas XTRA, pembeli akan mendapatkan gratis ongkir dengan minimal belanja Rp30 ribu. 

Selain itu, gratis ongkir XTRA juga disematkan dalam salah satu pilihan filter pencarian. Jadi, kemungkinan produk Anda untuk dilihat oleh pembeli sangatlah besar. 

 

d. Menambahkan Produk Pertamamu di Tokopedia! 

Sebelum Anda menambahkan produk untuk pertama kalinya, yuk ikuti tips kami berikut ini!

Anda jangan langsung menambahkan produk di Tokopedia. Namun, persiapkan semuanya dulu di file terpisah, misalnya spreadsheet, word, ataupun dokumen. Tentukan dari awal nama produk, deskripsi produk, detail produk, harga, berat, dan foto produk. 

Cara ini akan membuat proses pengunggahan produk lebih cepat. Jika tidak dipersiapkan sedari awal, Anda cukup copy and paste informasi produk tanpa harus mengulangi proses pengunggahan karena kesalahan sepele. 

 

Bagaimana Cara Menambahkan Produk di Tokopedia? 

Anda dapat mengunduh Tokopedia Seller agar dapat lebih gampang untuk mengelola toko di Tokopedia. Silakan mengunduh Tokopedia Seller

Jika sudah, ikuti step by step menambahkan produk di Tokopedia di bawah ini. 

-Buka aplikasi Tokopedia Seller. 

-Cari menu “Produk” yang terletak di bagian bawah layar. 

-Kalau sudah, cari tanda “+” di pojok kanan layar. 

-Anda sudah bisa mulai memasukkan produk baru. Tambahkan foto produk Anda sesuai dengan standar Tokopedia. Anda dapat mengambil foto saat itu juga atau mengambil dari foto di galeri. Caranya, klik button “Mulai”. 

-Jika foto sudah berhasil ditambahkan, isikan nama produk yang kamu jual.. Tips dari Tokopedia adalah namai dengan rumus jenis produk+merek produk+keterangan tambahan. 

-Lalu, tentukan harga produk. 

-Apakah harga grosir? Kalau iya, seret tombol ke kanan untuk mengaktifkan fitur grosir. 

-Tentukan jumlah stok dan minimal pemesanan. 

-Apakah pre-order? Pre-order adalah fitur untuk Anda yang membutuhkan lebih dari 2 hari untuk mengirim produk. Jika pre-order, seret tombol pre-order ke kanan. 

-Pilih kondisi produk “baru” atau  “bekas”. 

-Etalase: Menu ini dipilih apabila Anda ingin menambahkan kategori khusus pada toko Anda. Jika iya, klik “Tambah”. Isikan nama etalase, lalu checklist. Ada bisa menambahan lebih dari satu etalase sesuai dengan jenis produk. 

-Kalau sudah klik “Lanjut”. 

-Lalu, pilih “Deskripsi Produk” dan tambahkan deskripsi produk Anda. 

-Selanjutnya, isikan detail pengiriman. Isi berapa berat produk dan aktifkan jasa pengiriman apa saja yang dapat dipilih pembeli. 

-Anda sudah berhasil menambahkan produk pertama Anda! 

 

Kesimpulan

Berjualan di e-commerce itu memang susah-susah gampang, ya. Kalau Anda belum mengetahui triknya, pasti akan kesulitan untuk membuka toko sampai menggugah produk. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Anda cukup mengikuti panduan kami di atas dengan teliti dan saksama. Kami sudah membuktikan sendiri dan berhasil menjual 6 produk dalam beberapa hari saja, lho. So, jangan menyerah sebelum mencoba.

Kalau kata orang, rejeki tak akan kemana. Namun, perlu usaha juga, sih. Kalau sudah sukses membuka toko, selanjutnya Anda dapat mengikuti “Tips Menaikkan Peringkat Toko di Tokopedia”.

Sumber: Sellertokopedia.com

Image by jcomp on Freepik

Browse blog by tag

Back To Top