sharpnel_content
Panduan Membuka Toko di Shopee

News 26 Des 2022


Panduan Membuka Toko di Shopee

Share

Meskipun sempat melakukan layoff ke karyawannya, Shopee sama sekali tak kehilangan pesonanya di mata para pelaku bisnis. Shopee tetap menjadi salah satu andalan para pelaku bisnis untuk memasarkan produknya. Memang, bagaimana cara berjualan di Shopee? Yuk, ikuti panduan membuka toko di Shopee berikut ini. 

 

Langkah-langkah Membuka Toko di Shopee

Apakah Anda sudah mempunyai akun di Shopee? Kalau belum, yuk mengunduh aplikasi Shopee terlebih dahulu. Silakan unduh aplikasi Shopee untuk Android untuk iOS. Jika sudah, silakan melakukan pendaftaran akun. 

 

Melakukan Pendaftaran Akun Shopee

  1. Pilih “Daftar” yang terletak di sisi kanan atas layar. 
  2. Masukkan nomor hape Anda, lalu klik “Lanjut”. 
  3. Lakukan verifikasi dengan menggeser untuk menyelesaikan puzzle
  4. Masukkan nomor OTP yang dikirimkan ke Whatsapp. 
  5. Silakan mengatur password akun Anda. 
  6. Anda telah berhasil melakukan pendaftaran akun Shopee. 

Pembuatan akun ini berbeda dengan pembuatan toko. Jadi, meskipun sudah melakukan pendaftaran akun, Anda belum memiliki toko. Anda perlu mengikuti prosedur untuk membuka toko di Shopee. 

 

Membuka Toko di Shopee

  1. Silakan akses dashboard akun Anda. 
  2. Cari menu “Mulai Jual” yang terletak di area tengah layar. 
  3. Pilih “Mulai Pendaftaran” 
  4. Anda akan diarahkan ke halaman informasi toko. Anda akan diminta untuk mengatur informasi toko. 

-Nama toko: Silakan tentukan nama toko Anda. Pilih nama toko yang unik ataupun mudah diingat. 

-Alamat & Jasa Pengiriman: Isi alamat toko Anda secara lengkap, seperti nama jalan, blok, RT/RW, kelurahan, kecamatan, kota, kabupaten, provinsi, dan kode pos. 

Untuk jasa pengiriman, Anda dapat mencentang perusahaan logistik/ekspedisi yang diinginkan, seperti Shopee Express, J&T Express, SiCepat, Pos Indonesia, Lion Parcel, dan lainnya. Oh iya, pastikan tipe layanan yang dicentang dilayani di kota Anda. 

-Email: Isikan alamat email bisnis Anda. 

-Nomor Telepon: Masukkan nomor telepon bisnis Anda. 

Jika sudah mengisi semua data, silakan klik “Lanjut”. 

-Anda akan diminta untuk mengunggah produk pertama Anda.

a. Tambahkan foto dan video produk.

b. Nama produk: Isikan nama produk. Baca tips memilih nama produk Shopee di sini

c. Deskripsi produk: Jelaskan informasi produk untuk menarik pembeli. 

d. Kategori: Pilih kategori produk sesuai dengan jenis barang. 

e. Produk berbahaya: Pilih kategori produk apakah berbahaya atau tidak. 

f. Merek: Isikan nama merek kalau ada. 

g. Masa garansi: pilih durasi masa garansi produk jika ada, minimal 1 bulan dan maksimal 3 tahun. Jika tidak ada, pilih “Tidak Garansi”. Lalu, “Simpan”. 

h. Jenis garansi: Pilih opsi garansi jika ada. Opsi pilihan garansi, yaitu Garansi Internasional, Garansi Produsen, Garansi Supplier, atau “Pilihan Isi Sendiri”. Klik “Simpan”. 

i. Variasi: Anda dapat memasukkan beberapa variasi produk, seperi warna dan ukuran. Anda dapat meng-custom variasi sesuai dengan jenis produk Anda. JIka sudah menentukan variasi dan ukuran, pilih “Atur Info Variasi”. Masukkan harga tiap-tiap variasi dan jumlah stok per variasi. 

j. Harga: Anda harus memasukkan harga jika yang dijual hanya satu produk. Apabila Anda menggunakan fitur variasi, harga akan muncul secara otomatis. 

k. Stok: Isikan jumlah stok produk. 

l. Ongkos kirim: Anda harus memasukkan berat produk dalam gram untuk mengetahui perkiraan biaya pengiriman. Anda dapat memilih jasa logistik yang melayani pengiriman produk ini, lalu klik “Simpan”. 

m. Kondisi: Pilih kondisi produk baru atau bekas. 

n. Prpre-ordere-order: Pilih opsi ini untuk mengaktifkan pre-order jika Anda membutuhkan waktu pengiriman lebih dari 2 hari. Jika dapat dikirim kurang dari 2 hari, tidak perlu memilih . 

-Kalau sudah semua, klik “Tampilkan”. 

Anda sudah berhasil menggunggah produk pertama Anda di Shopee. 

Kini Anda sudah berhasil membuka toko di Shopee. Shopee memiliki banyak fitur yang bisa meningkatkan penjualan Anda, lho! Apa saja? Yuk, baca terus sampai selesai. 

 

Fitur Penjualan Shopee

Untuk meningkat penjualan, Shopee menawarkan banyak fitur yang bisa kamu akses. Berikut ini fitur penjualan Shopee yang bisa kamu coba. 

-Dekorasi Toko: Shopee sudah menyiapkan beberapa template tampilan toko sesuai dengan kategori produk. Pilih template yang mewakili brand Anda. 

-Program Free Ongkir: Free ongkir adalah program wajib untuk bisa meningkatkan penjualan. Anda cukup mengunggah foto KTP untuk mendaftar program ini. 

-Promosi Toko: Anda dapat menambahkan berbagai jenis promo, seperti Voucher Ikuti Toko, Paket Diskon, Koin Penjual, Promo Shopee, Hadiah dengan Min.Belanja, dan Dekorasi Toko. 

-Program Penjual: Penjual Star, COD, Program Afiliasi Penjual, Shopee Garansi 100%, dan Program Ekspor Shopee. 

Sekarang, Anda sudah siap untuk membuka toko pertama Anda di Shopee. Silakan membaca panduan ini secara perlahan sembari praktik langsung di aplikasi Shopee Anda. 

 

Sumber: Shopee.co.id

Image by our-team on Freepik

Browse blog by tag

Back To Top