AsiaQuest Indonesia
AsiaQuest Indonesia AsiaQuest Indonesia

Berita / Blog

Rutin membaca 30 menit dalam sehari dapat memperpanjang usia seseorang hingga dua tahun lamanya dan kami ingin menjadi bagian dari proses ini.
Tak hanya hidup lebih lama, membaca artikel eksklusif bertema IT dari kami bisa membuat Anda segera menuai sukses dalam bisnis!

News22 Juli 2021

Bagaimana Memilih Media Sosial untuk Bisnis?

Kendatipun efektif untuk mempromosikan bisnis, banyak orang yang merasa kewalahan saat harus mengikuti perkembangan media sosial. Mengapa? Dengan jumlah yang makin banyak dan fitur yang terus diperbarui, bagaimana cara memilih media sosial untuk bisnis? Pasalnya, memilih media sosial terbaik untuk bisnis bukanlah sebuah keputusan instan. Anda pun membutuhkan pertimbangan yang matang untuk memilih media sosial untuk promosi bisnis Anda.  

Meskipun belum ada rumus pastinya, hindari untuk menggunakan semua media sosial yang ada untuk mempromosikan bisnis. Alasannya adalah tidak semua media sosial cocok dengan bisnis Anda. Alih-alih menggunakan semua media sosial populer, pilihlah media sosial yang paling sesuai dengan bisnis Anda

Lalu, bagaimana cara untuk memilih media sosial yang sesuai dengan bisnis Anda? 

 

(1) Pilih yang Sesuai dengan Tipe Bisnis!

Ketika suatu produk atau jasa berhasil di promosikan di LinkedIn, bukan berarti produk tersebut juga akan meraih hasil yang sama saat dipromosikan di Instagram, lho. Mengapa bisa demikian? Semuanya kembali lagi pada tipe bisnisnya. 

Disarikan dari Forbes, tipe business to customer (B2C) seperti e-commerce lebih cocok dipromosikan melalui Instagram dan Facebook. Melalui dua platform ini, Anda dapat meningkatkan visibilitas dan interaksi brand dengan konsumen. 

Sementara itu, tipe business to business (B2B) lebih pas apabila dipromosikan di LinkedIn yang lebih profesional. Anda pun bisa terhubung langsung dengan klien profesional dan membangun koneksi. Oleh sebab itu, sangatlah penting untuk memilih media sosial yang sesuai dengan tipe bisnis Anda. 

 

(2) Perhatikan Target dan Demografi Audience 

Nah, setelah mengetahui tipe bisnis, Anda juga harus mengecek audience dari produk atau jasa. Silakan mengecek target audience melalui beberapa tools yang ada, seperti Google Analytics, SEO checker, Google, dan lainnya. 

Anda pun harus mencari tahu di mana target audience Anda dapat ditemukan. Jika target audience adalah anak muda, Anda dapat mengandalkan Instagram. Apabila target audience adalah para pekerja dan profesional, LinkedIn adalah jawabannya. Namun, sesuaikan juga dengan tipe bisnis yang sudah kami sebutkan pada poin pertama. 

 

(3) Bagaimana dengan Kompetitor? 

Jika Anda masih bimbang untuk memilih, yuk cek media sosial kompetitor. Dengan melihat media sosial saingan, bisa saja Anda mendapatkan pencerahan. Dari sekian banyak platform yang mereka pakai, manakah yang memiliki engagement paling tinggi? Nah, pilihlah media sosial tersebut. 

Beberapa poin yang perlu Anda perhatikan dari platform media sosial kompetitor yaitu, jenis postingan kompetitor, engagement, dan waktu posting. Nah, cara ini dapat membantu Anda dalam penyusunan strategi bisnis melalui media sosial. 

Tidak sebatas itu saja, Anda juga perlu mengecek komentar dari para konsumen. Informasi ini dapat Anda gunakan untuk mengembangkan produk sehingga kualitasnya jauh lebih baik dari kompetitor. 

 

(4) Gunakan Tools Gratis 

Untuk bisnis kecil yang baru belajar untuk berkembang, Anda harus meningkatkan efektivitas bisnis semaksimal mungkin. Carilah sebuah metode promosi online yang tidak menguras waktu dan tenaga SDM bisnis. Kini sudah banyak digital marketing tools yang dapat Anda gunakan secara gratis sehingga target ini lebih mudah digapai.  

Anda dapat memanfaatkan tools ini untuk mengotomatisasi postingan. Otomatisasi ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan engagement postingan. Silakan jadwalkan postingan jauh-jauh hari sebelumnya sehingga postingan akun akan lebih konsisten. 

Jika mengunggahnya secara manual, Anda mungkin akan terlupa satu atau dua postingan. Sebagai catatan, banyak platform media sosial yang lebih menyukai akun yang konsisten dalam mengunggah postingan. 

Jadi, dapat disimpulkan bahwa tips memilih media sosial untuk bisnis harus disesuaikan dengan tipe bisnis dan audience. Anda tidak harus menggunakan semua platform, tetapi pilihlah beberapa media sosial yang sesuai dengan bisnis Anda. Dengan cara ini, promosi Anda pasti jauh lebih efektif dan tepat sasaran. 

 

Sumber: Forbes.com

Logo photo created by freepik – www.freepik.com

Semua Artikel
Blog 02 Juni 2020
Cara Menghubungkan Slack dengan Kintone

Seiring dengan tuntutan zaman, dua jenis aplikasi yang bisa diintegrasikan satu sama lain tentu saja…

Blog 02 Juni 2020
Fungsi Terbaik Kintone untuk Meningkatkan Produktivitas

Jika perusahaan Anda berinvestasi pada sistem yang rumit, kurang praktis, dan menyedot biaya besar, ini…

Blog 30 Mei 2020
Aplikasi Video Call Terbaik untuk Rapat Online

Video call menjadi aplikasi andalan untuk tetap menjalin komunikasi tatap muka selama pandemi COVID-19. Anda…

Blog 26 Mei 2020
Apa Definisi Transformasi Digital?

Transformasi digital diyakini bakal menjadi “senjata” utama pada Revolusi Industri 4.0 kelak. Anda pun pasti…

News 20 Mei 2020
AQI Berlakukan WFH sampai 19 Juni 2020

Sebagai langkah antisipasi penyebaran COVID-19, AsiaQuest Indonesia (AQI) berlakukan WFH (Work from Home) sejak 18…

News 20 Mei 2020
AsiaQuest Indonesia Menjadi Partner Strategis bagi Development Center PT. Dipo…

■ Memperkuat sistem pengembangan  IT untuk penerapan teknologi canggih seperti AI dalam pasar kredit mobil…

News 20 Mei 2020
[Idol x IoT] Perilisan Aplikasi Handshake JKT48 “Handshake Foto2 Reli”…

Menggunakan fungsi tipe penerima smartphone dari platform “beaconnect plus”  AsiaQuest Co., Ltd. yang selanjutnya disebut…

News 20 Mei 2020
(Idol x IoT) Kolaborasi IoT di Event Handshake Idol Group…

AsiaQuest Co.,Ltd. dan selanjutnya disebut AsiaQuest (lokasi kantor pusat: Iidabashi, Chiyoda-ku, Tokyo, yang dipimpin oleh…

News 20 Mei 2020
AsiaQuest Japan Disertifikasi Sebagai AWS Advanced Consulting Partner

AsiaQuest CO.,Ltd. (selanjutnya akan disebut dengan AsiaQuest) disertifikasi sebagai AWS Advanced Consulting Partner oleh Amazon…

Tags
Load More

Back To Top