sharpnel_content
Otomatisasi vs Otomasi, Apa Bedanya

News 18 Jan 2023


Otomatisasi vs Otomasi, Apa Bedanya

Share

Teknologi otomatisasi ataupun otomasi adalah teknologi yang sama-sama memainkan peranan penting dalam transformasi digital. Otomatisasi adalah salah satu dari beberapa teknologi digital yang kerap digunakan dalam transformasi digital. Sepintas, keduanya tampak sama dan seringkali orang mungkin memperlakukan kedua hal ini sebagai hal yang sama. Bila ditilik kembali, memang ternyata keduanya memang bisa dipertukarkan.

Dalam bahasa Inggris, baik otomatisasi dan otomasi diterjemahkan sebagai automation. Automation digunakan untuk menjelaskan proses yang dilakukan secara otomatis oleh mesin atau perangkat lunak tanpa adanya intervensi manusia. IBM mendefinisikan automation sebagai penerapan teknologi dimana keterlibatan manusia diminimalisir. Misalnya saja BPA (Business Process Automation), IT automation, home automation, dsb.

Ternyata dalam bahasa Indonesia dikenal otomatisasi dan otomasi, yang mana dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) keduanya punya penjelasan sendiri-sendiri.

Otomatisasi dalam KBBI diartikan sebagai berikut:

o.to.ma.ti.sa.si

  1. n penggantian tenaga manusia dengan tenaga mesin yang secara otomatis melakukan dan mengatur pekerjaan sehingga tidak memerlukan lagi pengawasan manusia (dalam industri dan sebagainya)
  2. n perihal otomatis; pengotomatisan
  3. n Olr kapasitas untuk melakukan keterampilan dengan sedikit atau tanpa kendali sadar

Kemudian otomasi adalah bentuk tidak baku dari otomasi dan dalam KBBI diartikan sebagai berikut:

au.to.ma.si

bentuk tidak baku: otomasi

  • v mengotomatiskan

Dari informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa otomatisasi punya definisi yang lebih panjang daripada otomasi. Otomasi hanya proses mengotomatiskan sesuatu, tapi otomatisasi terkesan punya ruang lingkup pengertian yang lebih banyak dan mendetail.

Otomatisasi dan otomasi pada dasarnya adalah tindakan atau aktivitas menggunakan teknologi untuk mengatur, mengontrol, dan mengefisiensikan proses secara otomatis, terutama untuk mengerjakan tugas-tugas yang sifatnya berulang (repetitif).

Letak perbedaannya ada pada level intervensi manusia. Otomasi sering digunakan untuk merujuk pada proses yang 100% dilakukan oleh mesin tanpa ada intervensi manusia. Sementara otomatisasi adalah proses yang umumnya masih melibatkan interaksi antara manusia dengan mesin.

Hanya membayangkan dari definisinya saja mungkin masih membuat bingung. Maka dari itu mari lihat contoh-contohnya agar bisa memahami dengan lebih mudah.

Otomatisasi contohnya sistem antrian bank. Dalam sistem antrian bank, Anda akan mengambil nomor antrian dari mesin. Mesin tersebut mengeluarkan kertas berisikan nomor antrian secara urut dan sifatnya otomatis. Ketika tiba nomor antrian Anda dipanggil, nomor tersebut akan secara otomatis muncul di layar-layar yang ada di bank.

Contoh otomatisasi dalam transformasi digital pada bisnis misalnya penggunaan sistem CRM (Customer Relation Management) yang digunakan untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan.

Sedangkan kata otomasi seringkali digunakan dalam industri (otomasi industri), untuk menggambarkan proses produksi dalam industri manufaktur yang semuanya dilakukan oleh robot. Mulai dari bahan mentah hingga pengepakan produk yang sudah jadi, semua dilakukan oleh mesin tanpa ada intervensi manusia. Manusia hanya berperan minor dalam urusan pengecekan atau Quality Control.

Jadi, menurut Anda apakah otomatisasi dan otomasi itu berbeda?

 

Referensi:

  1. Otomatisasi
  2. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/automasi
  3. What is automation? | IBM

Image by rawpixel.com on Freepik

Browse blog by tag

Back To Top