sharpnel_content
Neurabot, Platform Berbasis AI untuk Deteksi Dini COVID-19

News 05 Agu 2020


Neurabot, Platform Berbasis AI untuk Deteksi Dini COVID-19

Share

Transformasi digital di sektor kesehatan memang tengah gencar-gencarnya dilakukan selama pandemi COVID-19. Selain pemerintah, perusahaan IT pun ikut terjun ke medan penanggulangan COVID-19 dengan mengandalkan kekuatan teknologi. Terbaru, perusahaan startup yang dibangun oleh Indarto Neura yaitu Neurabot menawarkan platform berbasi AI untuk deteksi dini COVID-19.  

Lebih lanjut, Neurabot menggunakan teknologi AI untuk mendeteksi infeksi COVID-19 berdasarkan hasil foto polos dada (X-ray) dan CT Scan paru-paru pasien. Nantinya, data ini akan diolah dengan basis artificial neural network, data mining, machine learning, deep learning, dan vision learning. Hasil deteksi platform ini akan sangat spesifik dan detail sehingga tingkat akurasinya terjamin. 

Deteksi Dini COVID-19 dengan AI Lab dan My Lab

Tak hanya itu saja, Neurabot juga menyiapkan AI Lab dan My Lab sebagai solusi deteksi COVID-19. My Lab adalah platform laboratorium digital yang dapat digunakan untuk melakukan penelitian dan olah data. Konon, My Lab adalah platform lab digital pertama di Indonesia, lho! Nantinya, pengguna dapat menyimpan data pasien, melakukan kolaborasi dengan peneliti lain sampai mengolah data citra pasien COVID-19. 

Sementara itu, AI Lab berfungsi untuk melakukan pemrosesan data menggunakan teknik deep learning dengan hasil prediksi penyakit pasien. Sesuai dengan salah satu karakteristik AI, platform ini dapat bekerja layaknya “otak” seorang dokter yang dapat memprediksi penyakit seorang pasien. 

Meskipun demikian, platform ini baru dapat digunakan untuk pasien COVID-19 saja dan belum bisa untuk ODG dan PDP. Pasalnya, algoritma AI yang dipakai Neurabot merupakan diagnosis paru dari pasien positif COVID-19. Namun tetap saja, keberadaan platform ini bisa membantu proses deteksi dini COVID-19 dengan hasil yang cepat dan akurat. 

Pada tahun 2018, perusahaan ini berhasil memenangi event Asia Hardware Battle di Tiongkok untuk kategori Best AI/Machine Learning. Dengan pencapaian yang luar biasa ini, Neurabot pun masuk dalam gugus tugas Task Force AI & Teknologi Informasi pemerintah Indonesia. Harapannya, platform ini bisa menjadi sebuah alat untuk menangani pasien COVID-19 dengan lebih cepat. 

 

Sumber: 

  1. Indonesia.go.id
  2. Topbusiness.id

 

Browse blog by tag

Back To Top