sharpnel_content
5 Negara dengan Akses Internet Tercepat

News 12 Agu 2020


5 Negara dengan Akses Internet Tercepat

Share

Saat kita masih berjibaku dengan masalah susah sinyal dan internet tak stabil, beberapa penduduk dari negara lain dapat mengunduh film HD dalam hitungan detik! Penduduk negara dengan akses internet tercepat ini pun tak lagi berurusan dengan masalah receh yang sering dihadapi masyarakat Indonesia. Kira-kira, negara mana sajakah yang memiliki akses internet level dewa ini? Kami sudah merangkum lima negara dengan akses internet tercepat yang pasti akan membuat Anda ingin segera pindah ke negara ini! 

Menurut hasil penelitian dari para peneliti WebsiteToolsTester yang dilaporkan oleh Daily Mail, kelima negara ini, yaitu Taiwan, Singapura, Jersey, Swedia, dan Denmark. Jika nanti Anda sempat mengunjungi negara ini, jangan lupa untuk menjajal kecepatan internetnya, ya! Sebagai perbandingan, kecepatan internet Indonesia adalah 6,65 Mbps dengan menempati ranking 92 di dunia. Jadi, seperti apa perbedaan akses internet di Indonesia dengan kecepatan internet di lima negara ini?

5. Denmark

Denmark berhasil mengukuhkan dirinya di posisi lima dalam negara dengan akses internet tercepat. Negara ini memiliki akses internet dengan kecepatan 49,19 Mbps. Kalau ingin dibandingkan Indonesia, negara ini memiliki akses internet tujuh kali lebih cepat dari kecepatan internet kita. Dengan akses internet yang cepat, Denmark dapat mengakomodasi kebutuhan internet warganya. Pasalnya, jumlah rumah tangga yang memiliki akses ke internet di Denmark mencapai 95%.

4. Swedia

Negara-negara Eropa masih mendominasi sebagai negara dengan akses internet tercepat. Salah satunya adalah negara Swedia yang menempati posisi keempat. Negara ini memiliki akses internet dengan kecepatan sebesar 55,1 Mbps atau delapan kali lebih cepat dari Indonesia. Wah, kalian yang suka online streaming, bisa nonton drama bebas buffer dan baper di Swedia, nih!

3. Jersey

Menurut data dari WebsiteToolTester, Jersey memiliki kecepatan internet sebesar 67,46 Mbps atau sepuluh kali lebih cepat dari Indonesia. Pulau ini masih menjadi bagian dari Kepulauan Inggris. Sementara itu, negara Inggris harus puas di posisi 34 dengan kecepatan 22,37 Mbps. 

2. Singapura

Sebagai salah satu negara maju dan modern di Asia Tenggara, Singapura menjadi negara kedua dengan akses internet tercepat di dunia. Kira-kira, berapakah kecepatan internet di Singapura? Negara ini memiliki kecepatan internet sebesar 70, 86 Mbps. 

Jika dihitung-hitung, selisih kecepatan Singapura dan Taiwan sebesar 15 Mbps. Selisih kecepatan antara kedua negara ini sama saja dengan 2,5 kali lebih cepat dari kecepatan internet negara kita! Miris banget, ya? 

1. Taiwan

Negara Taiwan berhasil menduduki posisi pertama sebagai negara dengan akses internet tercepat. Negara ini memiliki kecepatan mencapai 85,02 Mbps, lho! Dengan begitu,  Anda bisa mengunduh film HD hanya dalam waktu 8 detik saja! Kalau dibandingkan Indonesia, kecepatan negara Taiwan sekitar dua belas kali lebih cepat.

Pemerintah Taiwan memang menginvestasikan banyak biaya untuk menyempurnakan infrastruktur digital negaranya. Hal ini berkaitan dengan usaha pemerintah untuk mendukung perkembangan perusahaan rintisan IT. Sebab, perusahaan-perusahaan IT inilah yang nantinya akan menjadi pemimpin dalam perekonomian Taiwan. 

Mengapa Rata-rata Kecepatan Akses Internet Penelitian lebih Rendah dari Kondisi Sebenarnya? 

Penelitian ini menunjukkan kecepatan rata-rata internet negara di dunia berdasarkan hasil tes yang di-submit oleh user di tiap-tiap negara. Oleh karena itu, jangan heran kalau kecepatan internet di tiap negara lebih rendah dari hasil penelitian yang dikeluarkan lembaga lain. 

Sebab, biasanya user menggunakan speed test platform ketika situsnya mengalami masalah, termasuk masalah jaringan WIFI yang lelet. Oleh karena itu, rata-rata kecepatan internet suatu negara akan lebih rendah dari biasanya. 

Karena alasan ini, ada beberapa pihak yang meragukan hasil penelitian ini karena tidak mewakili keseluruhan negara. Meskipun demikian, hasil penelitian ini dirasa lebih realistis karena berasal dari kumpulan sampel jaringan bermasalah di suatu negara yang kadang kala terlewat dari suatu penelitian. 

Lalu, bagaimana dengan kecepatan internet di negara tetangga kita? Negara Malaysia memiliki kecepatan 23,86 Mbps (ranking 30), Sri Lanka 7,67 Mbps (ranking 82), dan Vietnam 7,02 Mbps (ranking 89). Dengan adanya rencana transformasi digital, mau tak mau Indonesia harus membenahi infrastruktur digital. Pemerintah harus banyak belajar dari Taiwan yang all-out dalam mendukung kemajuan industri IT negaranya. 

 

Referensi: 

  1. Ceoworld.biz
  2. Dailymail.co.uk

Browse blog by tag

Back To Top