sharpnel_content
Mitos Linux, Awas Jangan Sampai Ketipu

News 22 Nov 2021


Mitos Linux, Awas Jangan Sampai Ketipu

Share

Linux sampai saat ini masih eksis dan digunakan oleh kalangan tertentu saja. Meskipun pengguna Linux tak sebanyak pengguna Windows OS ataupun MacOS, Linux tetap mendapat tempat di hati sebagian orang karena beberapa kelebihannya.

Akan tetapi, ada mitos-mitos Linux yang beredar padahal tidak jelas kebenarannya. Berikut adalah beberapa mitos Linux yang sering terdengar.

(1) Linux Aman karena Pengguna Sedikit

Banyak yang mengatakan bahwa Linux relatif aman dari serangan virus dan hacker karena sedikit penggunanya. Maksudnya, oleh karena sedikit penggunanya, para hacker tidak berminat melakukan serangan ke pengguna Linux dan lebih senang berfokus pada Windows OS yang lebih banyak penggunanya.

Anggapan ini tidak sepenuhnya salah, tapi sebetulnya banyak aspek lain yang membuat Linux jauh lebih aman daripada OS lain. Konon katanya, pengguna Linux kebanyakan adalah orang yang berhati-hati. Lain dengan pengguna OS Windows maupun Mac yang sering tergiur mengklik banner yang mencurigakan.

Kemudian, aspek lain yang membuat Linux aman adalah karena para pengguna Linux umumnya tidak menjalankan sistem mereka sebagai root dan ini menurunkan kerentanan Linux terhadap virus.

Kemudian, Linux bersifat open source sehingga ada banyak mata yang mengawasi bug dan kerentanan yang mungkin terjadi. Siapapun dan dimanapun Anda berada, Anda boleh saja memperbaiki bug yang muncul.

(2) Instal Aplikasi di Linux Sulit?

Sekarang menginstal aplikasi di Linux tidak sesulit dahulu. Pasalnya, sekarang Linux juga punya GUI (Graphic User interface) yang memudahkan pengguna untuk menjalankan atau menginstal beragam aplikasi tanpa melalui terminal. Anda yang tidak hapal perintah-perintah di terminal Linux akan sangat terbantu dengan adanya GUI Linux.

GUI Linux juga tidak jelek. Kalau Anda mengagumi GUI Windows dengan ikon-ikon yang memiliki animasi, maka Anda pun bisa mendapatkannya di Linux.

(3) Tidak Bisa Ngegame di Linux

Ini adalah mitos kesekian yang juga kurang tepat. Kenyataannya Anda bisa menginstall Steam OS untuk mendukung Anda main game. Dengan begini, Anda bisa main DOTA di Linux tanpa halangan, lho.

(4) Linux Cuma untuk Server

Ini juga kurang tepat. Tapi memang benar sih kalau Linux itu sangat powerful untuk kebutuhan server dan keamanan jaringan. Makanya, perusahaan-perusahaan besar seperti Facebook, Google, Microsoft menggunakan Linux untuk urusan server dan keamanan.

Tapi, di Linux sekarang sudah tersedia macam-macam GUI untuk pengguna desktop. Dengan begini, Anda yang menggunakan Linux untuk kebutuhan bisnis pun jadi bisa dengan mudah mengoperasikannya.

(5) Linux Tidak Ada Dukungan

Ini juga keliru. Kenyataannya, komunitas Linux sangat besar dan siap membantu Anda kapan saja. Forum-forum juga selalu aktif dalam mengadakan diskusi. Jadi, hampir dapat dipastikan kalau Anda menemui kesulitan atau bermasalah dengan Linux, maka ada komunitas yang siap mendukung Anda.

Jadi, jangan sampai Anda ketipu dengan mitos-mitos mengenai Linux. Selama ini Linux cukup populer dan mampu membuktikan diri bahwa mereka memang pantas digunakan. Tengoklah perusahaan-perusahaan yang menggunakan Linux karena ini adalah indikasi bahwa Linux layak digunakan.

Referensi:

  1. blog.desdelinux.net
  2. ngonoo.com

Business photo created by drobotdean – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top