sharpnel_content
MITA si Asisten Pintar Milik Bank Mandiri

News 13 Agu 2020


MITA si Asisten Pintar Milik Bank Mandiri

Share

Bank BCA punya VIRA, Bank BNI punya CINTA, maka Bank Mandiri punya MITA. MITA merupakan singkatan dari Mandiri Intelligent Assistant. Sama seperti VIRA dan CINTA, MITA juga merupakan sebuah chatbot pintar berbasis Artificial Intelligence (AI).

MITA merupakan langkah transformasi digital Bank Mandiri demi memberikan layanan yang lebih baik, lebih efektif dan efisien, serta customer-oriented. Sebagai customer service virtual, MITA bisa melayani kebutuhan banking nasabah selama 7×24 jam.

MITA, Virtual Assistant Pintar yang bisa pelajari kebiasaan pengguna

Teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang muncul beberapa tahun belakangan memang sudah dimanfaatkan dalam berbagai hal. Salah satunya ya si MITA ini, yang juga mengadopsi teknologi kecerdasan buatan.

Hasilnya, MITA bisa menganalisa perilaku komunikasi pengguna dan menghadirkan layanan yang sesuai dengan profil masing-masing pengguna. Kemampuan ini tentu bermanfaat bagi perbankan untuk memberikan yang terbaik bagi nasabahnya. 

Chat dengan MITA

MITA dikembangkan untuk memberikan layanan informasi produk, promosi, lokasi ATM dan cabang, kepada nasabah Bank Mandiri. MITA saat ini tersedia di aplikasi chatting LINE Messenger, Telegram, dan Facebook Messenger. Nasabah bisa mengunduh aplikasi chatting tersebut di PlayStore (pengguna Android) dan AppStore (pengguna iOS).

Setelah mengunduh dan menginstall aplikasi chatting di atas, nasabah Mandiri perlu mengikuti/follow akun resmi Bank Mandiri @bankmandiri/@bankmandiri_officialbot. Pastikan akun yang difollow adalah akun resmi, yang ditandai dengan logo verified account.

Nasabah yang ingin ngobrol urusan banking dengan MITA pertama-tama harus mendaftarkan diri via widget Mandiri chat. Pendaftaran atau registrasi dilakukan dengan memasukkan nama, alamat email, dan nomor telepon.

Semakin Pintar dan Mudah diakses, MITA hadir di WhatsApp Chat

Kini, MITA semakin pintar dan mudah diakses karena ia hadir di WhatsApp Chat. Untuk chat dengan MITA, pengguna bisa menggunakan aplikasi WhatsApp di smartphone dengan menambahkan nomor WhatsApp Bank Mandiri 628118414000 atau via WhatsApp Web dengan mengakses wa.me/628118414000. Pastikan yang nomor yang kamu chat memiliki logo verified centang hijau seperti gambar di bawah ini.

Rp 2 Milyar untuk kembangkan MITA

MITA milik Bank Mandiri merupakan buatan startup binaan anak usaha yaitu Mandiri Capital Indonesia. Dalam pembuatannya, perusahaan harus merogoh kocek hingga 2 miliar rupiah, lho! Fantastis juga ya!

MITA, sebagai customer service virtual Bank Mandiri, digambarkan sebagai wanita muda yang cerdas, ramah, dan sigap. Sejak diluncurkan di tahun 2018, MITA telah melayani jutaan masyarakat. Kini, MITA bisa melayani permintaan informasi produk Bank Mandiri, layanan Bank Mandiri, program promosi, lokasi cabang dan ATM.

Kedepannya, MITA akan diajari untuk bisa melayani transaksi perbankan seperti pembukaan rekening untuk calon nasabah, informasi tagihan kartu kredit, limit kartu kredit, hingga memblokir kartu kredit.

mita mandiri virtual assistant

Konsultasikan Kebutuhan Transformasi Digitalmu dengan Kami

Lalu, apakah bisnis anda sekarang masih mengadopsi gaya bisnis tradisional? Bila ingin berkembang lebih luas lagi, tak bisa tidak, anda harus mulai memikirkan caranya. Digitalisasi mutlak diperlukan.

Sekarang berjualan di toko offline mungkin tak lagi banyak pembeli karena sekarang pembeli beralih ke toko online. Maka dari itu, anda pun harus memikirkan cara agar anda bisa berjualan online.

Sekarang customer service itu penting karena pembeli online pasti ingin tanya-tanya produk sebelum memutuskan membeli. Maka dari itu anda butuh customer service yang sigap menjawab pertanyaan-pertanyaan calon pembeli. 

Telat menjawab bisa berujung kehilangan pelanggan karena pelanggan pastilah beralih ke toko lain yang lebih cepat menjawab. MITA adalah contoh sigapnya Bank Mandiri dalam melihat kebutuhan nasabah akan informasi perbankan yang cepat dan mudah diakses.

Apakah anda sedang mencari ide untuk men-digital-kan bisnis anda? Pengalaman kami selama bertahun-tahun di bidang IT adalah modal utama kami untuk menawarkan layanan pengembangan produk digital. Hubungi kami di [email protected] untuk tahu lebih banyak tentang dunia digital!

Browse blog by tag

Back To Top