sharpnel_content
Mengoptimalkan Fungsi Kolom Search di Website Bisnis

News 18 Agu 2021


Mengoptimalkan Fungsi Kolom Search di Website Bisnis

Share

Kolom search mungkin selama ini diabaikan baik dari segi visual maupun segi pengembangan fungsinya. Kolom search bagi website bisnis sangat besar peranannya, website dengan banyak konten atau produk display seperti ecommerce jelas membutuhkannya karena memudahkan pengunjung untuk menemukan produk yang dicari dengan cepat.

Jika kolom search dikembangkan dengan baik dan mampu memberikan fungsi dan manfaat yang memuaskan bagi pengunjung, tentu dengan sendirinya akan menaikkan trafik dan engagement website itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengoptimalkan fungsi kolom search di website bisnis.

(1) Visual Terlihat Jelas

Kolom search utamanya terletak di pojok kanan atas. Keberadaan kolom search selama ini antara ada dan tiada karena visualnya yang kurang mencolok. Padahal, kalau Anda mencoba berlaku sebagai user yang baru mengunjungi sebuah website dan ingin mencari tahu sesuatu hal spesifik, Anda akan langsung menuju kolom search.

Visual kolom search yang ditampilkan seadanya akan mengurangi nilai dari website itu sendiri. Ini menjadi tidak bagus manakala website Anda adalah website bisnis, ecommerce, atau media online. Di website-website yang kami sebutkan tersebut, umumnya ada banyak konten didalamnya sehingga kolom search dibutuhkan agar user bisa langsung menemukan yang mereka cari.

Jika Anda merasa kolom search di website Anda masih kurang secara visual, hubungi konsultan IT dan pesan jasa designer untuk memperbaiki tampilannya!

(2) Autocomplete

Pernahkah Anda berbelanja di ecommerce seperti Tokopedia atau Shopee, atau ecommerce lainnya? Jika pernah, Anda mungkin pernah mencoba kolom search di website ecommerce tersebut? Jika Anda memerhatikan dengan seksama, kolom search yang mereka miliki memiliki fungsi autocomplete.

Apa itu autocomplete? Ketika Anda mengetikkan kata kunci di kolom search, sistem akan memberikan sugesti kata-kata yang mirip sehingga Anda tidak perlu mengetikkan kata kunci secara penuh. Fungsi ini disebut sebagai autocomplete.

Sistem akan melengkapi secara otomatis untuk huruf atau kata yang Anda ketikkan di kolom search. Melengkapi kolom search dengan fungsi autocomplete akan membuat kolom search Anda jauh lebih fungsional. Autocomplete mempermudah pengguna karena mereka tidak perlu mengetikkan kata kunci secara penuh.

(3) Filter Produk

Situs dengan banyak konten di dalamnya, seperti blog dan ecommerce, membutuhkan filter di halaman hasil pencarian. Jadi, ketika user mengetikkan kata ‘mainan anak’, di halaman hasil pencarian harus disertakan fitur filter. Filter akan semakin mempermudah pengguna untuk menuju ke produk yang ia cari.

Mari kita lihat contoh filter di halaman hasil pencarian Tokopedia berikut ini:

(4) Gambar+Nama Produk+Deskripsi

Ini berkaitan dengan fitur autocomplete di kolom search. Jika Anda pernah menggunakan kolom search di Tokopedia, Anda mungkin pernah melihatnya. Tokopedia menampilkan gambar + nama produk + deskripsi di kolom pencariannya.

Cara ini bisa meningkatkan kemungkinan pengguna untuk melakukan pembelian. 

Sekarang, coba tengok kembali website Anda, apakah sudah mengoptimalkan fungsi dan tampilan kolom search? Jika kolom search Anda masih berlaku selayaknya pajangan saja maka sudah saatnya Anda buang pikiran itu. Panggil tim IT Anda untuk segera melakukan perbaikan tampilan dan fungsi kolom search. Jika Anda merasa kesulitan untuk melakukan peningkatan sendirian, Anda bisa menghubungi IT konsultan terpercaya seperti AsiaQuest Indonesia untuk mencari solusi atas permasalahan kolom search ini.

Referensi: midtrans.com
Business photo created by tirachardz – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top