sharpnel_content
Mengenal Profesi Machine Learning Engineer

News 01 Okt 2020


Mengenal Profesi Machine Learning Engineer

Share

Profesi machine learning engineer saat ini sedang banyak dibutuhkan. Perkembangan dunia IT yang pesat melahirkan profesi-profesi baru dengan skill yang lebih spesifik, seperti machine learning engineer ini.

Menurut qerja.com, Machine learning engineer bertugas untuk membuat program dan algoritma yang memungkinkan mesin untuk mengambil tindakan tanpa arahan manusia. Mesin yang dibuat memiliki kemampuan untuk mempelajari data dan pengalaman secara otomatis tanpa harus melakukan pemrograman terus menerus.

Basic skill untuk menjadi seorang machine learning engineer

Untuk menjadi seorang machine learning engineer dibutuhkan beberapa skill/kemampuan dasar. Salah satu ilmu yang wajib dimiliki oleh machine learning engineer adalah ilmu komputer dan pemrograman. 

Adapun beberapa bahasa pemrograman yang penting untuk dipelajari seorang machine learning engineer misalnya Phyton, Java, dan R. Selain familiar dengan bahasa pemrograman tersebut, seorang machine learning engineer juga harus paham mengenai struktur data, algoritma dan penerapannya, komputabilitas dan kompleksitas, serta arsitektur komputer.

Wah, banyak sekali ya skill yang dibutuhkan untuk jadi seorang machine learning engineer? Eits, tapi ternyata itu belum cukup karena seorang machine learning engineer harus punya basic ilmu mengenai statistik, distribusi, dan metode analisis, karakteristik formal probabilitas, serta pemodelan dan evaluasi data.

Semua skill di atas dibutuhkan karena profesi machine learning engineer itu gak main-main, lho. Seorang machine learning engineer dituntut untuk bisa menggunakan keterampilannya di bidang matematika untuk melakukan perhitungan, bekerja dengan algoritma dalam pemrograman, dan sedikit banyak akan berhubungan dengan Big Data untuk menganalisis data yang besar dan kompleks sebagai dasar pengambilan keputusan yang sesuai.

Profesi Machine Learning Engineer: Hot dan Bergaji Fantastis!

Profesi machine learning engineer saat ini memang belum banyak ada di Indonesia. Tapi diprediksi akan menjadi profesi yang hot di masa depan. Oleh karena tugas dan tanggung jawabnya tidak main-main, maka profesi ini gajinya juga tidak main-main lho. Menurut situs qerja.com, seorang machine learning engineer gaji minimalnya adalah 25 juta rupiah! Kalau kemampuan sangat mumpuni, perusahaan bahkan mungkin berani menggaji dua kali lipatnya!

Karir sebagai Machine Learning Engineer

Profesi Machine Learning Engineer terhitung sulit sehingga biasanya diperuntukkan bagi mereka yang sudah berpengalaman. Untuk mencapai profesi Machine Learning Engineer anda bisa memulai karir sebagai Data Analyst untuk mengasah kemampuan berpikir analitis dan tentunya anda juga harus berpengalaman sebagai Software Engineer.

Kalau anda sudah punya dua modal di atas sebagai Software Engineer dan Data Analyst/Scientist, maka Anda harus mempelajari machine learning. Terus mengasah skill dengan mengikuti kursus-kursus maupun kompetisi.

Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya dunia IT, maka profesi-profesi baru akan muncul. Bila ingin terus berkarir di dunia IT, maka ada baiknya untuk terus mengembangkan diri dengan skill-skill baru yang akan berguna di masa depan sembari terus mengasah skill yang dipunyai sekarang ini.

Tertarik untuk mengetahui dunia IT dan dunia digital? Kami siap jadi partner ngobrol Anda mengenai dunia bisnis dan dunia IT. Hubungi kami di [email protected] untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan kami!

Referensi:

qerja.com

Browse blog by tag

Back To Top