sharpnel_content
Mengenal API dalam Mobile App Development

News 20 Des 2021


Mengenal API dalam Mobile App Development

Share

API adalah kependekan dari Application Programming Interface, yang dalam bahasa Indonesia terjemahannya adalah Antarmuka Pemrograman Aplikasi. API bisa didefinisikan sebagai sekumpulan perangkat antarmuka yang bisa menghubungkan satu aplikasi dengan aplikasi lainnya.

Berkat API, beragam aplikasi yang dikembangkan oleh developer yang berbeda-beda, bisa saling berkomunikasi satu dengan lainnya. API bersifat aman dan dapat dioperasikan dengan mudah. API sangat membantu developer untuk bisa membuat website/web app/mobile app yang bermanfaat bagi banyak orang.

Bagaimana API Bekerja?

API bertindak sebagai perantara yang menjembatani kebutuhan antara user dengan server web. Di sini, manakala user berinteraksi dengan server, API lah yang menjadi perantaranya. API akan membukakan pintu ke perangkat lunak atau data berbasis web dengan cara yang aman.

Contoh Penggunaan API

Contoh paling dekat dari penggunaan API adalah Facebook. Ketika Anda berinteraksi dengan Facebook, sejatinya Anda sedang berinteraksi dengan Facebook API.

Anda bermain game kemudian mem-posting pencapaian game atau skor Anda di halaman Facebook, itu adalah kerja Facebook API. Facebook API membuat aplikasi game bisa berinteraksi dengan Facebook. Di luaran sana masih ada banyak contoh penggunaan API yang tak kalah menarik dan cerdas.

Contoh penggunaan API lain adalah API Google Maps yang digunakan pada aplikasi ojek online, API midtrans yang digunakan untuk metode pembayaran pada banyak aplikasi mobile, dll.

Mengapa API Penting?

API dewasa ini banyak digunakan oleh pengembang karena terbukti mampu menciptakan efisiensi dari segi biaya dan waktu pengembangan. API memungkinkan pengembang untuk mengintegrasikan aplikasi buat mereka dengan aplikasi lain tanpa membutuhkan banyak effort dan waktu.

Beragam aplikasi mobile telah berhasil dibuat dan fungsinya sekarang sudah sangat luas. Tengoklah aplikasi ojek online, galang donasi online, aplikasi edit foto, aplikasi belanja online, dan masih banyak lagi aplikasi lain yang membuat hidup kita semakin mudah.

Semua aplikasi mobile tersebut tidak lepas dari peran API. Dalam satu aplikasi mungkin ada lebih dari satu API yang terintegrasi didalamnya. Misalnya aplikasi ojek online, di dalamnya ada API Google Maps untuk berinteraksi dengan maps milik Google, dan API untuk berinteraksi dengan e-wallet, bank, atau midtrans agar user bisa melakukan pembayaran tanpa harus keluar dari aplikasi ojek daring tersebut.

 

Referensi:

  1. www.ekrut.com
  2. crocodic.com

Technology photo created by freepik – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top