sharpnel_content
Mencari Foto Gratis? Manfaatkan Fitur Baru Google Images!

News 11 Sep 2020


Mencari Foto Gratis? Manfaatkan Fitur Baru Google Images!

Share

Apakah Anda berminat untuk mencari foto gratis tanpa harus berurusan dengan sengketa lisensi pada masa mendatang? Anda bisa menggunakan fitur baru dari Google Images! Dengan adanya badge thumbnail “Licensable” atau “Lisensi”, Anda dapat memakai foto sekaligus menambahkan informasi lisensinya. 

Dalam beberapa kesempatan, kita menjumpai foto di Google Images yang tidak disertai informasi lisensi yang jelas. Saat akan memakai suatu foto, kita dilanda rasa dilema terkait informasi lisensi. Untungnya, kondisi ini tidak akan Anda alami lagi karena adanya badge thumbnail “Licensable” di foto Google Images. 

Jika Anda mengklik thumbnail, Google akan mengarahkan Anda pada informasi lisensi dan cara untuk pemuatannya. Dengan cara ini, pengguna foto dapat memberikan informasi lisensi secara layak tanpa harus merugikan siapapun.  

Pemilik dan Pengguna Foto Sama-sama Tidak Merugi

Dengan adanya fitur ini, penyedia dan pengguna foto pun akan sama-sama diuntungkan. Bagi sang penyedia atau pemilik foto, Anda tak perlu khawatir foto akan dicuri. Selain itu, karya Anda juga akan mudah dikenali oleh khalayak umum. 

Pada sisi lain, pengguna foto juga akan mengalami kemudahan. Anda dapat mencari foto gratis dengan mudah tanpa harus khawatir dengan masalah lisensi. Nantinya, Anda hanya cukup membubuhkan informasi copyright, seperti pemilik foto, lisensi, link, dan lainnya. Silakan sesuaikan dengan aturan masing-masing foto. 

Selain itu, Anda juga dapat mengatur filter penelusuran gambar di Google Images sesuai dengan tipe gambar yang diinginkan. Google menyediakan tiga filter gambar yang bisa dipilih yaitu Semua, Lisensi Creative Commons, dan Lisensi Komersial dan lainnya. 

Anda yang mencari foto gratis, silakan memilih Lisensi Creative Commons. Meskipun demikian, Anda tetap harus membutuhkan informasi lisensi, ya. Jika akan memakainya untuk kebutuhan komersil, silakan pilih “Lisensi Komersial dan lainnya”. 

Bagaimana Cara untuk Memilih Filter Penelusuran Google Images? 

  1. Silakan kunjungi laman Google Images.
  2. Selanjutnya, klik menu “Setelan” dan pilih “Penelusuran lanjutan”
  3. Scroll hingga ke bagian bawah laman dan cari “hak penggunaan”. 
  4. Anda bisa memilih jenis lisensi dan klik button Penelusuran Lanjutan. 
  5. Hasil penelusuran Google Images akan sesuai dengan jenis lisensi yang Anda pilih. Anda akan menemukan badge thumbnail “Lisensi” di pojok kiri bawah di tiap-tiap foto. 

Google sendiri mengembangkan fitur ini dengan tujuan untuk meningkatkan rasa tanggung jawab pengguna. Saat kita berselancar di internet, kita tidak bebas 100% dalam menggunakan informasinya. Namun, ada beberapa persyaratan yang harus tetap dipatuhi seperti etika mengambil foto. 

Sumber: Theverge.com

Browse blog by tag

Back To Top