sharpnel_content
Membangun In-House SEO Team

News 02 Nov 2022


Membangun In-House SEO Team

Share

In-House SEO Team adalah ketika Anda mempunyai tim di dalam internal organisasi/perusahaan yang tugasnya khusus untuk menangani SEO (Search Engine Optimization). Dengan membangun sendiri In-House SEO Team, Anda tidak punya ketergantungan pada agensi SEO di luar sana. In-House SEO team akan menjadi bagian dari internal perusahaan/organisasi yang Anda berikan gaji tiap bulannya.

Keuntungan In-House SEO Team

Mempunyai In-House SEO Team ada keuntungannya, misalnya saja seperti:

(1) Keamanan (Security)

Dari segi keamanan (security), mempunyai In-House SEO Team setidaknya membuat Anda selangkah lebih aman karena tidak perlu berbagi data-data penting ke pihak ketiga. Lain jika Anda bekerja dengan agensi, Anda perlu untuk ekstra hati-hati dalam memilih agensi. Pilih agensi yang berani menjamin pihaknya tidak akan melakukan hal-hal yang berisiko terhadap keamanan perusahaan Anda.

(2) Komunikasi Lebih Baik (Communication)

Jika Anda punya In-House SEO Team tentu saja semua anggota tim akan berada di ekosistem perusahaan Anda. Ini akan membuat komunikasi menjadi lebih cepat dan lebih baik. Kalau ada masalah yang harus segera diselesaikan, tim bisa menyelesaikannya dengan lebih cepat karena In-House SEO Team akan selalu sigap melaksanakan request/permintaan.

Selain itu, In-House SEO Team bisa langsung berkomunikasi dengan stakeholder dalam perusahaan Anda sehingga bisa dengan cepat melakukan peningkatan-peningkatan yang diperlukan.

(3) Mengurangi Biaya

Menggunakan jasa agensi SEO kadang bisa memakan biaya yang lebih besar daripada menggaji tim di In-House SEO Team. Ini karena agensi biasanya mengenakan biaya-biaya tambahan yang diperhitungkan ke biaya yang akan dikenakan ke klien.

Biaya untuk In-House SEO Team

Ada dua jenis biaya yang akan Anda keluarkan untuk membangun In-House SEO Team, yaitu:

(1) Biaya untuk Tools dan Software

Biaya untuk Tools dan Software ini bervariasi, tergantung mana yang akan Anda gunakan. Anda akan butuh tools untuk masalah teknikal SEO dan Anda akan butuh tools untuk membantu produksi konten. Tools seperti SEMrush, Ahrefs, Ubersuggest menawarkan macam-macam paket berlangganan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget perusahaan.

Yang jelas, tools dan software ini akan membantu Anda dan staf untuk memonitor SEO website, melakukan audit website secara keseluruhan, memeriksa kesehatan website, melakukan riset kata kunci (keyword), perbaikan konten, dan masih banyak lagi manfaat lain. Jadi, kami sangat menyarankan untuk menggunakan tools dan software SEO.

(2) Biaya untuk Menggaji Karyawan

Biaya selanjutnya adalah biaya untuk menggaji karyawan yang akan mengisi beberapa posisi di In-House SEO Team. Sedikitnya Anda akan menggaji tiga orang di In-House SEO Team yaitu karyawan yang punya skill di teknikal SEO, karyawan yang punya skill di produksi konten, dan karyawan yang punya skill PR untuk menangani link building.

Untuk perusahaan yang skalanya masih kecil mungkin urusan menangani SEO ini bisa dilakukan satu orang yang berperan sebagai one-man SEO Team. Tapi kalau perusahaan Anda besar maka Anda butuh lebih banyak orang yang masing-masing punya tugas sendiri.

Skill dalam In-House SEO Team

Setidaknya ada tiga skill penting yang dibutuhkan dalam In-House SEO Team yang Anda bangun.

(1) Skill Teknikal

Anda setidaknya harus punya seseorang yang punya kemampuan SEO teknikal. Seseorang ini harus punya skill HTML, CSS, dan JavaScript atau minimal ia berpengalaman dalam web development sehingga tahu bagian mana yang harus ditingkatkan demi keperluan SEO.

Seseorang ini juga yang akan berhubungan dengan tim IT di perusahaan Anda. Jadi, orang dengan skill teknikal SEO akan mengidentifikasi dan menganalisis masalah teknikal SEO kemudian akan meminta tim IT untuk menerapkan strategi peningkatan atau perbaikan. Masalah-masalah dalam lingkup teknikal misalnya masalah indexing, crawling, mobile issue, dan masalah lain yang bisa diperiksa melalui tools seperti Google Analytics, Google Search Console, dsb.

(2) Skill Konten

Kemudian, Anda harus punya seseorang yang ahli dalam urusan konten, baik itu konten artikel, video, maupun gambar. Produksi konten ini akan dilakukan secara rutin dan berkala sehingga ada baiknya Anda punya seseorang dengan skill konten yang tentunya sesuai dengan kaidah-kaidah SEO.

Selain itu, seseorang dengan skill konten yang mumpuni yang bisa membuat konten orisinal dan mampu memikat user.

(3) Skill PR (Public Relations)/Komunikasi

Selanjutnya yang tak kalah penting, Anda harus punya seseorang yang punya skill PR atau komunikasi. Tugas orang ini utamanya adalah untuk link building yaitu membangun backlink agar website Anda semakin kredibel.

Itu dia sedikitnya informasi mengenai In-House SEO Team. Apakah Anda butuh In-House SEO Team ataukah sebaiknya menyewa jasa agensi SEO, tentunya semua tergantung kebutuhan bisnis yang sedang Anda kelola. Kalau ternyata kebutuhan Anda adalah menyewa jasa dari pihak lain, maka pastikan Anda tahu cara memilih jasa SEO yang terbaik dan terpercaya.

Sumber: How To Structure In-House SEO Team
Image by pressfoto on Freepik

Browse blog by tag

Back To Top