sharpnel_content
Melihat Lebih Dekat Pekerjaan Project Manager

News 15 Okt 2020


Melihat Lebih Dekat Pekerjaan Project Manager

Share

Sebuah proyek pengembangan sistem web (web system development) pasti membutuhkan lead projects (pemimpin proyek). Pemimpin proyek di sini sering juga disebut sebagai Project Manager (PM).

Posisi PM termasuk posisi prestisius, lho. Tugas mereka sudah berkaitan dengan manajerial sehingga tugas-tugas yang ditangani pun vital. Nah, kali ini yuk kita dengar penjelasan mengenai Project Manager dari salah satu PM di AsiaQuest yaitu Anggi Agvendo.

Project Manager itu apa sih?

“Project Manager adalah seorang pemimpin dari suatu project untuk mengawali, memonitor, membantu dan menyerahkan hasil kinerja project ke klien.” Jawab Anggi san.

Ia menambahkan, kalau dalam sebuah kapal, project manager diibaratkan sebagai nahkoda yang memberikan arahan dan membantu awak kapal dalam menuju suatu tempat tujuan.

Sudah berapa lama berkarir sebagai Project Manager?

Anggi san mengaku sudah hampir 2 tahun ini berkarier sebagai project manager. Ia mengawali karier sebagai seorang QA (quality assurance) spesialis CRM (Customer Relation Management) di sebuah perusahaan game Internasional.

Dari seorang QA, Anggi san kemudian dipromosikan menjadi seorang Game Designer.

Perkenalan Anggi san dengan dunia project manager ternyata dari sebuah akademi yaitu akademi binar. Akademi ini ada untuk mengasah kemampuan dan mendapatkan pengalaman dalam real project.

“Di akademi Binar posisi saya adalah sebagai product manager, bukan project manager. Dari situ saya mendapatkan banyak pelajaran tentang menangani sebuah project dari awal sampai akhir, serta bagaimana menghadapi berbagai macam karakter dalam sebuah tim.” Jelas Anggi san.

Setelah menyelesaikan pelatihan di akademi, Anggi san pindah ke Jakarta karena ia mendapatkan golden ticket pada sesi wawancara oleh perusahaan partner Binar. Di Jakarta ia mendapat posisi sebagai Business & System Analyst di sebuah perusahaan pembiayaan konsumen bidang otomotif. 

“Tetapi karena passion saya adalah di bidang product/project management, maka saya mencari lowongan project manager dan bertemulah dengan lowongan project manager di AsiaQuest Indonesia.” Kenangnya.

Ternyata cukup panjang ya awal mula karier Anggi san sebagai project manager. Dari kisahnya di atas kita bisa belajar bahwa untuk menjadi project manager bisa dimulai dari posisi apapun, entah itu QA, Analyst, Programmer, dsb. Asalkan mau bellajar dengan tekun, pasti mampu.

Skill apa yang harus dimiliki seorang Project Manager?

Menurut Anggi san, seorang Project Manager harus memiliki beberapa skill, baik itu hardskill maupun softskill

“Untuk hardskill misalnya pengetahuan tentang SDLC (software development life cycle), dokumentasi, development methodology, time management, dan kemampuan menulis requirement dengan baik.” Jelas Anggi san. 

Selain menguasai hardskill, ada beberapa softskill yang bisa mendukung pekerjaan seorang project manager, yaitu

“Kemampuan komunikasi yang baik, bisa membaca situasi, detail-oriented, dan syukur-syukur bisa membawa atmosfer semangat ke tim.” ujarnya.

Apa Saja Tugas Project Manager dalam software/web development?

Anggi san mengungkapkan bahwa tugas seorang project manager dimulai sejak awal project sampai project selesai dan sampai di tangan klien. Untuk detail tugasnya, singkatnya seperti yang ia sebutkan di bawah ini 

“Dokumentasi requirement project, membuat budget & timeline, alokasi talent, memimpin briefing dengan tim development untuk kejelasan visi project, membantu tim development memenuhi kebutuhan selama pengembangan, memonitor proses jalannya pengembangan,…dan berkomunikasi dengan tim bisnis agar ada keselarasan antara requirement dengan hasil kinerja pada poin-poin tertentu sesuai keinginan klien.” papar Anggi san.

Apakah jadi Project Manager itu menyenangkan? 

Menurut Anggi san ada sisi menyenangkan dan tidak menyenangkan dari menjadi project manager

“Menyenangkan karena bisa berkomunikasi dengan semua divisi, (yang mana) itu akan melatih kemampuan berpikir dan verbal, melatih kepemimpinan dan ketegasan dalam mengambil keputusan.” Terangnya.

Selain itu, sebagai project manager ia merasa harus selalu ada ketika dibutuhkan anggota tim, sehingga ketika cuti atau libur, mau tidak mau tetap harus berinteraksi dengan tim ketika dibutuhkan.

Kesulitan apa saja yang dihadapi selama menjadi Project Manager?

Latar belakang Anggi san yang bukan dari tim teknikal IT lumayan membuatnya kesulitan di awal karier. Tapi ia sadar bahwa menjadi project manager harus terus belajar, terutama mengenai teknologi beserta metode yang digunakan oleh sebuah sistem agar dapat memahami scope yang akan dikembangkan.

Segala kesulitan di awal menjadi mudah manakala dirinya sudah terbiasa dan sudah memahami seluk beluk metode dan teknologi yang akan digunakan. Selain itu, Ia juga mengungkap kesulitan yang berhubungan dengan requirement klien.

“Terkadang requirement dari klien terlalu tinggi dan berubah di tengah pengembangan. Itu menjadi tantangan bagi tim. Karena hal itu, bisa saja apa yang sudah dikerjakan oleh tim akan dibongkar ulang dan tim harus bekerja lagi dari awal untuk menyesuaikan dengan requirement yang baru. Tetapi jika tim dapat menangani hal itu, maka kemampuan tim juga akan meningkat.”Jelasnya.

Tips untuk para Project Manager di luar sana yang ingin berkarier di dunia profesional?

Menurutnya, berkarir di dunia profesional bagi seorang project manager memang bukan perkara yang mudah. Ia memberikan tips yaitu agar selalu mempersiapkan mental dan pikiran karena dalam proses inilah kita akan dilatih dan ditempa agar siap menjadi seorang profesional.

“Untuk sertifikasi project manager juga perlu kita ambil sebagai bukti kalau kita sudah berada di level profesional. Jadi sertifikasi memang penting karena perusahaan atau orang lain tidak akan percaya dengan mudah kalau kita seorang profesional tanpa bukti yang konkrit.” Jelas Anggi san.

Browse blog by tag

Back To Top