sharpnel_content
Melihat Ke Dalam Fantasi Zuckerberg: Metaverse, VR, dan AR

News 06 Des 2021


Melihat Ke Dalam Fantasi Zuckerberg: Metaverse, VR, dan AR

Share

Sisi ambisius Mark Zuckerberg memang tak main-main. Setelah berjaya dengan Facebook, kini Zuckerberg ingin mewujudkan dunia impiannya, dunia Metaverse.

Agaknya Zuck (nama panggilan untuk Mark Zuckerberg) memang bercita-cita untuk melepaskan Facebook dari citra perusahaan media sosial. Oleh karena terlanjur dicitrakan sebagai perusahaan media sosial, Zuck rela rogoh kocek dalam-dalam untuk mengganti nama perusahaan Facebook, Inc menjadi Meta Platform, Inc demi mewujudkan dunia Metaverse.

Seperti apakah dunia Metaverse yang dibayangkan oleh Zuck?

Menurut Zuck, Metaverse adalah dunia ideal yang ia bayangkan sebagai masa depan. Metaverse yang selama ini hanya menjadi khayalan bagi Zuck, sedikit demi sedikit akan terwujud.

Metaverse adalah dunia virtual yang bisa diatur-atur sesuai keinginan manusia. Dunia virtual ini bisa membuat Anda tampil lebih cantik, lebih ganteng, lebih kuat, lebih bertenaga, lebih cepat, dan segala kelebihan lainnya. Metaverse mengandalkan teknologi VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality).

Dalam dunia Metaverse, Zuck membayangkan nantinya orang-orang akan berinteraksi secara digital menggunakan avatar. Untuk ini, manusia membutuhkan alat untuk masuk ke dunia virtual. Untuk saat ini, teknologi yang terdekat dengan dunia virtual adalah VR dan AR.

Zuck bersemangat sekali dalam mengemukakan gagasannya ini. Menurutnya Metaverse adalah masa depan internet. Zuck juga akan mengandalkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk membuat Metaverse-nya pintar.

Metaverse dengan AR dan VR yang dikemukakan Zuck akan mengubah bagaimana cara manusia berinteraksi. Bisa jadi, ke depan orang akan lebih suka duduk di rumah mengenakan gogles VR untuk mengobrol dengan teman, bekerja dengan kolega, bermain game dengan teman di belahan dunia lain, dan masih banyak lagi lainnya.

Simak penjelasan Mark Zuckerberg mengenai Metaverse dalam video YouTube berikut ini:

Untuk mewujudkan dunia Metaverse yang didambakannya, Zuck dan Metaverse-nya akan meluncurkan produk-produk fisik. Seperti apa produk-produk Metaverse? Mari kita tunggu ke depannya.

Referensi: inet.detik.com
Technology photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top