sharpnel_content
Langkah-Langkah Menyusun Strategi Marketing Digital

News 03 Sep 2021


Langkah-Langkah Menyusun Strategi Marketing Digital

Share

Strategi Marketing Digital menjadi kunci kesuksesan bisnis online. Hanya saja, tak mudah untuk menyusun strategi marketing digital yang efektif dan efisien. Berikut ini kami rangkumkan langkah-langkah menyusun strategi marketing digital yang kami sarikan dari www.vendasta.com

(1) Identifikasi Karakteristik Pelanggan

Pertama Anda harus bisa mendeskripsikan kriteria pelanggan ideal yang bisa didapatkan melalui survey. Anda bisa membuat definisi kriteria pelanggan Anda sendiri dengan menggunakan tools-tools yang tersedia seperti MakeMyPersona dan Persona Creator.

(2) Identifikasi Tujuan

Mustahil bisnis bisa berjalan mulus tanpa adanya tujuan dan goal. Tujuan yang baik adalah yang bisa diukur. Maka pastikan Anda menghindari tujuan yang sulit diukur, misalnya seperti berikut ini:

Meningkatkan konversi website di tahun depan dan membuat 2 tawaran promosi.

Anda bisa membuatnya lebih terukur seperti berikut ini:

Meningkatkan konversi website sebanyak 20% di kuartal pertama 2021.

(3) Ayo Ngeblog

Membuat konten yang berkualitas tinggi penting untuk setiap strategi marketing digital. Blogging merupakan salah satu cara untuk Anda berkreasi menciptakan konten yang berkualitas tinggi. 

Blogging bisa meningkatkan trafik ke website Anda, memperkuat keberadaan brand Anda di sosial media, memposisikan diri di antara perusahaan lain, dan mendapatkan ranking untuk kata kunci spesifik.

Jika Anda rajin memperbarui konten blog, maka ada kesempatan besar untuk website Anda ditemukan pengguna melalui mesin pencari.

(4) Evaluasi Channel Digital Marketing yang Ada

Ada berapa channel digital marketing yang sudah pernah Anda gunakan selama ini? Misalnya Anda pernah menggunakan website, blog, sosial media, native advertising, Google Ads, dsb.

Kumpulkan semua data hasil penggunaan channel-channel tersebut, analisis bagaimana kinerjanya, dan pilih channel dengan kinerja paling baik untuk Anda gunakan lagi ke depan. Ingat untuk selalu melakukan perbaikan kualitas untuk setiap channel yang Anda gunakan.

(5) Otomasi 

Otomasi marketing saat ini semakin baik dengan kehadiran teknologi dan software terbaru. Platform otomasi marketing yang ada saat ini bisa melakukan keajaiban-keajaiban yang mungkin tak pernah terpikirkan sebelumnya.

Beragam keperluan dalam marketing digital kini bisa diotomatisasi seperti content marketing, email marketing, leads, dsb. 

(6) Optimasi Mobile

Era sekarang adalah era mobile dimana perangkat mobile mendominasi keseluruhan dunia digital. Maka dari itu mengembangkan digital marketing yang mobile-friendly sudah menjadi keharusan. 

Pengguna mobile menginginkan kecepatan dan desain yang memungkinkan mereka melakukan segala hal secara mobile dengan baik tanpa ada kendala sekecil apapun. Pastikan Anda melakukan optimasi mobile dengan menerapkan responsive web design dan/atau mengembangkan aplikasi mobile yang mumpuni.

(7) Mudah Dijangkau Pelanggan

Apa artinya bisnis online jika tak mampu menjangkau pelanggan dengan baik. Justru esensi dari bisnis online adalah menjangkau lebih banyak pelanggan yang paling sulit dijangkau sekalipun akibat keterbatasan jarak dan waktu.

Bisnis online haruslah menjadi solusi atas masalah tersebut. Anda bisa memanfaatkan landing page agar pengunjung bisa melakukan apa yang Anda inginkan tanpa ada distraksi. Buang elemen-elemen yang sekiranya akan mengganggu proses.

(8) Gunakan Teknologi yang Tepat

Langkah marketing akan sia-sia bila Anda menggunakan teknologi yang tidak efektif atau tidak tepat. Anda membutuhkan tools dengan teknologi yang tepat saat ini misalnya teknologi otomasi. Tools-tools lain juga tersedia misalnya tools untuk membantu Anda mengidentifikasi goals atau tools untuk melacak asal pengunjung Anda.

(9) Buat Keunikan Anda Sendiri

Bisnis Anda haruslah unik supaya pelanggan mudah mengingatnya. Ini artinya bisnis Anda haruslah berbeda dengan kompetitor Anda. Anda dan kompetitor mungkin bergerak di bisnis yang sama, misalnya Ayam Geprek. Tapi Anda harus membuat versi unik ayam geprek Anda sendiri.

Cara ini akan membuat bisnis Anda menjadi lebih mudah dikenal dan mendapatkan pasar. Ia juga tidak akan mudah tenggelam di tengah ketatnya persaingan.

(10) Lacak Proses

Setelah Anda melakukan langkah-langkah menyusun strategi marketing digital, maka Anda tidak boleh melupakan langkah selanjutnya. Anda harus melacak proses yang sudah berjalan untuk mengetahui apakah strategi Anda berjalan efektif atau tidak.

Belajarlah dari kesalahan dan selalu temukan area untuk peningkatan diri.

Jadi, apakah Anda sudah membuat strategi marketing digital yang efektif? Di AsiaQuest Indonesia, kami membantu klien-klien perusahaan yang ingin terjun ke bisnis digital. Kami mengembangkan website, web system, aplikasi mobile, serta menyediakan layanan internet marketing dan SEO. Bila Anda menemui kesulitan dalam usaha menekuni bisnis digital, kami selalu siap sedia membantu dengan layanan-layanan berkualitas tinggi serta berstandar Jepang.

Sumber: www.vendasta.com
Business photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top