sharpnel_content
Kualitas Internet Indonesia Peringkat ke-71 di DQL Index 2020

News 25 Sep 2020


Kualitas Internet Indonesia Peringkat ke-71 di DQL Index 2020

Share

Surfshark baru saja merilis “The Digital Quality of Life (DQL) Index” dari 85 negara atau 81% dari populasi dunia. Fakta mencengangkan, tetapi tak terlampau mengejutkan, Indonesia menempati peringkat ke-71 dari 85 negara yang masuk dalam index ini. Dengan kata lain, Indonesia menempati posisi ke-14 dari bawah. 

Apakah yang menyebabkan Indonesia menduduki peringkat hampir bontot? Hal ini berkaitan erat dengan lima indikator yang telah ditentukan oleh Surfshark dalam menyusun index ini. Kelima indikator ini, yaitu internet affordability, internet quality, E-infrastructure, E-security, dan E-government

Kelima indikator di atas bersama-sama dengan dua belas indikator lain yang masih berhubungan digunakan sebagai metode untuk melakukan penelitian. Dari sinilah, kita dapat mengetahui negara manakah yang memiliki kualitas hidup digital terbaik di dunia.

Posisi satu hingga sepuluh ditempati oleh Denmark, Swedia, Kanada, Perancis, Norwegia, Belanda, Inggris, Israel, Jepang, dan Polandia. Dari DQL Index ini kita bisa mengetahui bahwa Jepang adalah satu-satunya negara Asia yang masuk dalam peringkat sepuluh besar. 

Peringkat Kualitas Hidup Digital Indonesia di DQL Index 2020

Sementara itu, Indonesia menempati posisi ke-71 untuk kelima indikator tersebut. Namun, untuk masing-masing indikator, Indonesia memiliki peringkat yang berbeda. Peringkat untuk masing-masing indikator yaitu internet affordability (30), internet quality (76), E-infrastructure (76), E-security (54), dan E-government (74)

Jika Anda melihat hasil QDL Index 2020 lebih detail untuk kategori internet quality, Indonesia menempati posisi terbawah sebagai “slowest and least stable internet” atau negara dengan internet terlambat dan kurang stabil. Indonesia juga menempati posisi yang sama untuk “ Least Developed E-Infrastructure” atau e-infrastruktur yang paling rendah pengembangannya. 

Fakta menarik lain juga berhasil ditemukan dalam penelitian DQl Index 2020. Salah satunya adalah terdapat 13 negara yang berhasil memiliki kualitas hidup digital yang melebihi ekspektasi. 

Beberapa negara seperti Bulgaria, Tiongkok, Malaysia, Romania, Uruguay, dan lainnya berhasil mengungguli negara lain karena memiliki koneksi internet yang terjangkau dan e-security yang solid. 

Kondisi ini tentu bisa dijadikan sebuah pecutan semangat bagi negara untuk memperbaiki kualitas hidup digital. Pasalnya, Indonesia tengah berusaha untuk mengadopsi transformasi digital untuk menggerakkan roda perekonomian negara. 

 

Sumber: Surfshark.com

 

Browse blog by tag

Back To Top